Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Arduino Uno Project Lampu LED Perulangan for, while dan do-while

Untuk pembahasan kali ini, kita akan belajar tentang perulangan dengan menggunakan struktur for, while dan do-while pada project lampu LED berkedip Arduino Uno. Sebelumnya kita sudah membahas perkenalan komponen-komponen Arduino Uno dengan membuat project pertama untuk pemula dan juga membahas tentang variable di Arduino. Lebih lengkapnya kalian bisa baca di postingan berikut : Variable dalam program Arduino Uno dan Arduino Uno project lampu LED 

Perulangan for, while dan do-while

Struktur for

Struktur for biasanya digunakan untuk melakukan perulangan yang telah diketahui banyaknya. Untuk melakukan perulangan dengan menggunakan struktur for, dibutuhkan variable sebagai indeksnya atau sebagai variable counter, yang berfungsi menghitung jumlah perulangan. Perulangan akan terus dilaksanakan selama syarat/kondisi perulangan terpenuhi atau bernilai true (benar) dan perulangan berakhir ketika syarat/kondisi perulangan bernilai false (salah).

Berikut adalah bentuk umum dari struktur perulangan for :

perulangan for

Struktur while

Struktur perulangan while adalah perulangan yang melakukan pemeriksaan syarat/kondisi di awal blok perulangan. Jika syarat/kondisi perulangan terpenuhi atau bernilai true, statemen-statemen yang terdapat dalam blok perulangan akan dikerjakan. Dengan demikian ada kemungkinan perulangan tidak dapat dilaksanakan karena syarat/kondisi perulangan tidak terpenuhi atau bernilai falsa.

Beriku adalah bentuk umum dari struktur perulangan while :

perulangan while

Struktur do-while

Berbeda dengan struktur while yang melakukan pemeriksaan kondisi di awal blok perulangan, pada struktur do-while justru ditempatkan di bagian akhir. Hal ini tentu menyebabkan struktur perulangan do-while minimal akan melakukan satu kali proses eksekusi statemen yang akan diulang walaupun kondisi yang didefinisikan tidak terpenuhi atau bernilai false.

perulangan do-while


1 comment for "Arduino Uno Project Lampu LED Perulangan for, while dan do-while"

  1. Bagaimana cara menggunakan break statement dalam struktur perulangan while? Regards Telkom University

    ReplyDelete