22/01/2020

1917 Film Perang Terkeren Sepanjang Masa ?

1917
1917
Ini adalah postingan pertama saya di tahun 2020. Karena banyak hal lain yang harus diurus, jadi rasanya lama banget gak posting lagi di my Blog waskhas.comSaya cuma mau berbagi cerita tentang film yang baru saja saya tonton di Cinepolis Depok . Film yang rasanya harus ditonton di awal tahun 2020 ini, yaitu 1917

1917 adalah film yang menceritakan tentang dua orang prajurit muda dari Inggris yang ditugaskan untuk menyampaikan pesan untuk mencegah lebih banyak tentara yang gugur di Perang Dunia I. Film ini memiliki premis yang sederhana tapi dikemas dengan sangat luar biasa. Maka tidak heran delapan nominasi Oscar disematkan pada film garapan Sam Mendes ini.

Di film ini kita diajak untuk benar-benar ikut dalam suasana perang, dari menit awal sampai akhir 1917 menyuguhkan film dengan one shot yang benar-benar keren. Kita seperti benar-benar diajak ikut mengantarkan pesan bersama dua prajurit muda Inggris, Schorfield dan Blake. Dalam perjalanannya kita juga akan dapat melihat situasi yang benar-benar real suasana Perang Dunia I. Melihat bangkai hewan dengan kondisi yang tidak utuh, mayat yang berserakan dan juga keadaan perang yang benar-benar dahsyat.

Kita seperti diajak oleh dua pemeran utama untuk bersama-sama mejalankan misi, maka saat kita nonton (terlebih untuk saya) akan juga merasakan keadaan yang real sama seperti dalam film. Rasa takut, jijik dan kaget begitu terasa nyata. Gak tau ya buat penonton lain, kalo saya sendiri begitu rasanya. Seperti saat Blake jatuh karena kaget dan tangannya masuk ke salah satu tubuh mayat yang sudah membusuk, saya seperti ikut jijik beneran atau adegan ledakan yang menimpa Schorfier sehingga tubuhnya terkubur, saya pun benar-benar ikut kaget seakan saya ada bersama mereka. Masih banyak lagi deh adegan yang keren dan dahsyat dalam film ini, rasanya gak ada alasan untuk tidak nonton 1917 di bioskop dengan kualitas super.

Gak nyesel pokoknya nonton film 1917, jauh-jauh dari Bogor ke Depok cuma buat nonton film yang sebelumnya emang udah gencar kabar akan menjadi film perang terbaik sepanjang masa. Eeeh sebenernya gak niat buat nonton aja sih, ada urusan lain tapi sekalian tancap gass buat nonton. Walaupun harus sendirian heheeh. Kaya nya gitu aja deh postingannya, yang belum nonton gass poollll sebelum turun layar.


waskhas.com
Tiket Cinepolis Depok

Baca selengkapnya

14/12/2019

Merdeka Belajar Ala Pesantren

Mendikbud Nadiem Makarim membuat gebrakan baru dengan menghapus Ujian Nasional untuk tahun 2021, sehingga format Ujian Nasional 2020 akan menjadi yang terakhir di laksanakan. Gebrakan ini menimbulkan perdebatan, sebagian kalangan ada yang setuju dengan Mas Nadiem sebaliknya di lain pihak ada yang menolak gebrakan baru ini. Terkait pro dan kontra  penghapusan Ujian Nasional bukan kapasitas saya buat berkomentar, bagi saya apapun nanti yang akan terlaksana semoga bisa berjalan dengan baik dan bisa memajukan pendidikan Indonesia.

Seperti pada tulisan-tulisan saya sebelumnya, saya cuma mau bercerita. Cerita kali ini tidak jauh-jauh dari Mas Menteri Pendidikan Nadiem Makarim. Masih ingat dong, viral nya teks pidato Mendikbud untuk memperingati Hari Guru Nasional 2019 (25 November) khususnya di Twitter. Banyak kalangan yang memuji atas apa yang dilakukan mantan bos Gojek ini, bahkan artis kenamaan Indonesia  Dian Sastrowardoyo merespon teks pidato Mas Nadiem.


www.waskhas.com

www.waskhas.com

Dalam teks pidato yang terlampir dua halaman, Mas Nadiem dengan jelas menggambarkan visi dan pemahaman beliau tentang kondisi guru saat ini di Indonesia. Selain itu Mas Menteri juga mengajak perubahan kecil untuk guru agar terlaksana di dalam kelas dengan cara :

  1. Ajaklah kelas berdiskusi, bukan hanya mendengar.
  2. Berikan kesempatan kepada murid untuk mengajar di kelas.
  3. Cetuskan proyek bakti sosial yang melibatkan seluruh kelas.
  4. Temukan suatu bakat dalam diri murid yang kurang percaya diri.
  5. Tawarkan bantuan kepada guru yang sedang mengalami kesulitan.

Mas Nadiem berharap dengan perubahan kecil yang dilakukan oleh  guru di dalam kelas ini bisa membawa kapal besar bernama Indonesia untuk bergerak. Melihat dari lima point yang di cantumkan Mas Nadiem Makarim, sebenarnya sudah lama saya rasakan dipesantren. 

Buat teman-teman yang pernah membaca postingan saya sebelumnya pasti sudah tahu kalo saya adalah seorang santri. Dari situ makanya saya mau bercerita tentang sistem pengajaran di pesantren, yang bila dicermati secara utuh sebenarnya sudah melaksanakan point-point yang ditulis Mas Menteri. Yang akan saya ceritakan ini adalah sistem pengajaran yang ada di pondok pesantren salaf yang berlokasi di Kediri. 

Jam masuk madrasah dimulai pukul 07:30 WIB, biasanya santri sudah berangkat dari kamar masing-masing sekitar jam tujuh. Terlebih bagi mereka yang bertugas untuk menyiapkan ruangan belajar, seperti menyapu dan lainnya. Saat kelas III Tsanawiyyah kebetulan saya selalu berangkat lebih awal karena memiliki tugas khusus untuk menyiapkan unju'an (bahasa jawa kromo alus : minuman) untuk guru saya. Oiya untuk jenjang pendidikan di pesantren ku ada 7 tingkatan kelas, dimulai dari kelas 1-3 Ibtidaiyyah dan 1-4 Tsanawiyyah

Setelah masuk kelas, santri akan mengomandangkan lalaran (semacam hafalan nadzom kitab) bersama-sama dikelasnya masing-masing. Ustadz/Guru yang mengajar biasanya akan masuk kelas 30 menit setelah lalaran, yang artinya jam 8 pagi guru sudah siap untuk memulai pelajaran. Walaupun ada juga Guru yang datangnya lebih awal untuk mengawasi jalannya lalaran itu sendiri.

Pada umumnya Ustadz/Guru akan memulai pelajarannya dengan membacakan kitab/pelajaran sesuai jadwa hari itu. Akan tetapi bab atau materi yang dibacakan adalah materi yang akan dibahas untuk minggu depan atau pertemuan selanjutnya. Sedangkan santri akan menyimak bacaan Guru diserta memaknai kitab yang dibaca. "Memaknai" adalah istilah dunia pesantren; khususnya Jawa Timuran (tidak memiliki nama paten, karena setiap daerah berbeda) yang bisa diartikan menerjemahkan kitab dengan metode tertentu ala santri.

Setelah Ustadz/Guru selesai membacakan kitabnya, biasanya Sang Guru akan memanggil Santri/Murid untuk maju kedepan kelas untuk membacakan kitab dengan materi yang akan dibahas. Maksudnya adalah membacakan kembali bacaan kitab yang minggu lalu atau pertemuan sebelumnya dibaca. Disinilah point untuk membangun kepercayaan diri dari Santri/Murid itu sendiri.

Perlu diketahui membaca kitab ala santri tidak sekedar membaca saja seperti kita membaca buku pelajaran sekoalah umum dengan Bahasa Indonesia. Kita ketahui sebelumnya kitab yang dikaji  disini menggunakan Bahasa Arab yang pada awalnya tidak berharokat sama sekali sebelum guru nya lah yang membacakan (sama seperti awal masuk kelas-Guru membaca kitab). Artinya santri yang maju kedepan untuk membaca kitab tersebut harus membaca dengan benar sesuai harokat dan makna yang sama dengan bacaan Ustadz/Guru minggu lalu atau pertemuan sebelumnya.

Ingat, salah harokat berarti salah makna. Apabila sudah salah makna, nantinya ketika di terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia akan mengandung arti yang salah. Salah satu maka akan berdampak salah penafsiran. Itulah pentingnya makna "memaknai" ala santri. 

Selain itu Santri yang sedang bertugas membaca akan selalu di tanya oleh Gurunya kedudukan setiap kata dalam bacaan kitabnya. Untuk mempermudah, maksud dari kedudukan kata seperti SPOK (Subjek Predikat Objek Keterangan) atau jika dibandingkan dengan pelajaran Bahasa Inggris berarti yang akan ditanyakan adalah Grammar nya. Kerena kitab disini adalah Bahasa Arab berarti yang tanyakan adalah Grammar Bahasa Arab.

Biasanya Ustadz/Guru akan memanggil Santrinya lebih dari satu orang untuk membaca, sehingga sebelum pelajaran dimulai Santri akan mempersiapkan bacaannya dan segala sesuatunya agar saat ditanya tidak diam saja. Santri/Murid dituntut untuk kreatif dalam memahami satu demi satu kata tiap kalimat yang dibaca. 

www.waskhas.com

Setelah tiga atau empat orang selesai membaca, selanjutnya Ustadz/Guru akan memanggil giliran kelompok yang bertugas menerangkan materi hari ini atau materi yang dibacakan minggu lalu. 

Baik saya jelaskan sedikit, dalam setiap kelas akan dibagi beberapa kelompok kecil. Dimana setiap kelompok terdapat ketua dan wakilnya. Kelompok terdiri dari 5 sampai 6 orang tergantung jumlah Santri yang ada. Dari kelompok ini lah yang setiap harinya akan maju ke depan untuk menerangkan materi yang hari itu di jelaskan. Inilah point dari memberi kesempatan murid untuk mengajar dikelas

Setiap kelompok bebas menunjuk siapa saja (tidak harus ketua atau wakil) yang akan membahas materi didepan kelas. Disitulah fungsi dari bacaan Ustadz/Guru di awal pertemuan, sehingga setiap Santri/Murid sudah mempunyai bahan dari diskusi untuk minggu depan atau pertemuan selanjutnya. 

Malam hari sebelum kelas dimulai, waktu setelah Sholat Isya setiap kelompok akan berkumpul untuk mendiskusikan materi yang akan dibahas untuk ke esokan harinya. Jadi selain pembahas atau yang maju untuk menerangkan, kelompok lain juga sudah memiliki dasar dari materi pembahasan. Sehingga saat masuk kelas, rata-rata setiap Santri sudah memegang pengetahuan masing-masih. Inilah point dari ajarkan lah kelas untuk berdiskusi, bukan hanya mendengar

Setelah kelompok pembahas selesai dengan meterinya, kelompok lain atau Santri lain akan mulai berdiskusi. Bahkan tak jarang, mereka akan membantah bahasan dari pemateri dengan membawa referensi lain. Diskusi akan lebih menarik ketika beberapa kelompok lain juga ikut tidak setuju atau malah membela dengan referinsi lain pula. 

Dari diskusi itu Ustadz/Guru juga ikut berdiskusi atau kadang memancing dengan pertanyaan pertanyaan yang membuat diskusi Santri semakin hidup. Sampai ketika sudah menemukan kesimpulan lah pada akhirnya diskusi berhenti atau jika antar kelompok sudah sama-sama bingung hingga akhirnya Ustadz/Guru lah yang memberikan penjelasan.

Kelas berakhir maksimal adalah jam 12.00 WIB atau ketika suara lonceng berbunyi tanda Adzan Dzuhur tiba. Waktu pulang juga ditentukan dari pembahasan dikelas, kadang jam sebelas atau bahkan setelah sebelah siang pun sudah bisa pulang, setiap kelas berbeda waktu pulangnya. Satu hari itu, hanya satu pelajaran yang dibahas. 

Begitulah sedikit cerita sistem pembelajran ala Pesantren ku yang kurang lebihnya sudah dapat memenuhi point-point dari Mas Menteri. Sistem ini sudah digunakan hampir puluhan tahun lalu dan terbukti efektif. Jadi sebelum rame dibahas, kami Santri sudah lama menggunakan sistem ini. Sebenarnya banyak point-point penting lain yang mau saya ceritakan seperti point tawarkan bantuan kepada guru yang mengalami kesulitan dan bakti sosial. Tapi ini tulisan sudah terlalu banyak heheheh

Pada intinya semoga dengan Meteri baru Mas Nadiem Makarim sebagai Mendikbud bisa menjadikan pendidikan Indonesia menjadi lebih baik lagi. Terimakasih. 
Baca selengkapnya

12/12/2019

Saya dan Lima Tipikal Juventini

www.waskhas.com

Saya adalah Juventini lama, gak tau persisnya tahun berapa untuk pertama kalinya saya ngefans tim asal Turin ini. Yang pasti sejak SD saya sudah mengenal tim yang kala itu masih diperkuat Zinedine Zidane, mungkin tahun 1998 atau bahkan lebih. Gak tau juga kenapa saya bisa suka dengan tim ini, ada banyak kemungkinan sih salah satunya yang saya masih ingat saat itu adalah saat perayaan Juara.

Seperti diketahui musim 1997/1998 Juventus berhasil menjuarai Liga Italia ke 25 kali nya, dimana saat itu Nyonya Tua berhasil memperoleh point 74 unggul lima point dari posisi kedua Intermilan. Waktu itu saya tidak begitu mengikuti rentetan pertandingan sejak awal, namanya juga nama anak SD, secara jaman itu keluarga saya belum memiliki TV. Yang masih saya ingat betul adalah saat dimana seluruh suporter Juventus tumpah ruwah turun dari tribun menuju lapangan untuk merayakan keberhasilan mengunci Juara. 

Moment itu terekam melalui saluran Televisi yang pada tahun itu RCTI memegang hak siarnya. Masih juga teringat jelas, saat sedang asik-asiknya menonton perayaan juara tiba-tiba orang tua saya mendatangi untuk menyuruh pulang. Yaaaa karena memang waktu sudah malam dan juga masih nebeng nonton dirumah tetangga. Mungkin sejak itu apa gimana, yang jelas sampai sekarang saya masih mengidolakan tim dengan juara terbanyak di Serie-A Italia. 

Tahun terus berganti, I Bianconeri masih ada dihati. Hahaha,.... kalimat alay ya ???

Saya memang bukan fans yang fanatik banget, atau bukan juga fans cap kardus atau apalah itu. Saya mah suporter standar yang tidak terlalu kanan dan tidak terlalu ke kiri, yang sedang-sedang saja. Saat Juventus kalah yaaa pasti saya nyesek banget atau sakit hati apalagi kalah di Liga Champions, itu sakit sih. 2015 saya harus uninstal Instagram dan menonaktfikan Wa sementara karena gak bisa nerima ejekan dari fans lawan. Dan juga bakal seneng banget saat Gigi Buffon mengangkat Trofi Serie-A untuk kesekian kalinya.

Pada intinya bukan fans yang ketika Juve kalah, bakal koar-koar di media sosial untuk menyalahkan sana sini, yang ilmu nya mereka merasa lebih hebat dari pelatihnya Juve saat itu. Sebenarnya tipikal fans tiap tim juga pasti beda-beda, sejauh ini menurut saya berikut adalah tipe fans Juventus yang saya cermati :

1. Juventini Standar.

Fans yang biasa-biasa aja dalam menanggapi Timnya saat kalah maupun menang. Mereka bakal ikut senang saat sang pujaan menang dan bakal sedih saat kalah. Mereka biasanya tidak berlebihan dalam menanggapi kemenangan atau kekalahan, biasanya sih kalo memosting dimedia sosialnya mereka saat menang akan memosting gambar sang idola dengan emot senang, atau emot gambar piala atau mahkota. Tidak ada kata-kata yang diselipkan secara berlebih, atau bahkan pas kalah mereka akan memberikan kata-kata penyemangat standar, belum waktunya, terimakasih, nunggu tahun depan dan lainnya tanpa mencela kanan kiri.

2. Juventini Fanatik.

Fans yang akan memberikan info-info penting-tidak penting di media sosialnya sendiri tentang tim kebanggaan. Saat menang biasanya postingan di media sosialnya lebih dari satu, bahkan berlayer-layer untuk merayakan sang idola menang. Ketika kalah sang fans juga tetap memposting dengan kata-kata mendukung dengan menyerang tim lawan. Bahkan sering kali menyalahkan sana sini, menyalahkan tim idolanya sendiri lebih-lebih tim lawan. Fans ini saya biasanya sih loyal, punya banyak pernak pernik tim kebanggaan ntah KW atau Ori. Saya suka dengan Juventini ini karena mereka lah yang terdepan membela saat Juve kalah.

3. Juventini Musiman.

Seperti kata musiman, fans ini akan datang saat musimnya dan pergi saat waktunya. Bila dianalogikan buat fans bola, fans ini akan aktif di sosial medianya saat tim kebanggaan slalu menang dan juara. Untung Juventus beberapa tahun ini slalu yang no 1 di Italia, jadi fans ini masih aktif hingga saat ini. Beda kali kalo doi ada di tahun 2006, saat Del Piero cs harus berjuang di Serie-B. 

4. Juventini Bayi

Keuntungan Juve saat CR7 memutuskan bergabung, selain penambahan pemain bintang dan juga secara finansial meroket. Fans Juve juga pastinya bertambah, fans Cristiano yang dulunya Madridista sekarang Juventini walaupun gak semua. Mungkin dari dulu rival kita adalah para Interisti, Milanisti dan lainnya, sekarang bertambah satu lagi yaitu Messi. Pada dasarnya buka "kita" sih tapi mereka aja, atau mungkin Juventini lawas juga musuh Messi, gak tau ah, kalo saya sih gak lah.

5. Juventini Alay

Ini adalah  fans yang tidak banget, menurut saya. Biasanya fans ini lebih ahli dari ahli strategi, lebih jadi pemain dari pada pemain itu sendiri. Fans ini bakal nyerah personal  pemain saat doi  melakukan kesalahan, dan gak akan muji pemain itu juga pas Juve menang. Atau bahkan mengkritik keras pelatih dengan menganalisa permainan ala dia sendiri. Pokoknya menurut dia, dia yang paling. 

Mungkin ini adalah lima Juventini yang saya cermati, namanya opini pribadi bisa anda setuju atau tidak. Bahkan menurut anda masih ada lagi jenis suporter lain ? Silakan berkomentar dikolom komentar. 
Baca selengkapnya

09/12/2019

Cerita Cintaku : Raditya Dika, Bagaimana Cerita Cintamu ?

www.waskhas.com

Cerita Cintaku (Dilema Pacar Orang) adalah judul video terbaru (09/12/19) dari Channel Youtube Raditya Dika. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa komika ini merupakan salah satu dari lima orang yang mendirikan Komunitas Stand Up Comedy Indo. Selain doi ada Ernest Prakasa, Pandji Pragiwaksono, Ryan Adriandhy dan Isman H. Suryaman.

Pas banget tulisan ini dibuat, saya selesai menonton video Cerita Cintaku (Dilema Pacar Orang). Oiya akhir-akhir ini memang bang Radit sedang sibuk-sibuknya menjalani tour comedy show nya yang bertema Cerita Cintaku : Raditya Dika. Berbeda dengan kebanyakan Komika lainnya, Cerita Cintaku Show terbagi menjadi dua bagian: yaitu stand up comedy dan sesi interaksi bersama penonton. Video yang berjudul Cerita Cintaku (Dilema Pacar Orang)  hanya bermuat sebagian kecil sesi interaksi bersama penonton disalah satu kota yang dikunjungi.

Saya gak akan cerita gimana detailnya video nya, silakan aja tonton sendiri. Dijamin bakal ngakak abis pas nonton. Yang mau saya ceritain adalah cerita cintaku sendiri. Gak penting sih,... tapi saya cuma berangan-angan bagaimana kalo saya bisa berada di show nya bang Radit, terus disuruh nulis Cerita Cinta. Karena pada bagian interaksi dengan penonton, bang Radit bakal ngasih  kertas kesetiap penonton untuk menceritakan Cerita Cinta dari masing-masing penonton.

Oke anggap aja saya sudah memegang kertas yang dikasih panitia show, dan yang saya bakal tulis adalah "setelah putus, ternyata mantan gwa nikah sama orang yang dulu sering komentar dipostingan Facebook nya", dibawah tulisan saya kasih nama "Masyhady". Di video bang Radit sih gitu, kalo dikertas nya tertulis nama penonton, itu artinya dia mau dan rela untuk menceritakan pengalaman cintanya di atas panggung. 

Nggak lucu sih, saya cuma mau cerita aja. Jadi selama perjalanan hidup saya baru satu kali yang namanya pacaran. Saat itu saya sudah berada dibangku kuliah, semester tiga lah. Tapi jangan beranggapan seperti semester tiga pada umunya ya. Karena setelah lulus SMA saya gak langsung kuliah, saya berhenti beberapa tahun. Jadi umur saya diatas rata-rata untuk anak kuliahan semester tiga, bahkan dikelas pun saya terbilang yang paling tua. Walaupun sudah lumayan berumur, tapi sepertinya saat itu teman-teman kelas banyak yang tidak menyadari karena memang wajah dan perawakan saya tidak terlihat diatas mereka.

Bisa dibayangkan dari SD, SMP sampai SMA tidak memiliki cerita cinta sama sekali, selain memang saya bukan orang yang populer di sekolah, pergaulan yang sedikit dan yang pasti saya pemalu untuk urusan cewek. Mentok-mentok paling kalo suka sama cewek cuma bisa disimpen sampe tiba-tiba ilang dengan sendirinya, entah ilangnya karena udah digebet sama orang lain atau emang dengan sendirinya ilang karena emang gak bener-bener suka.

Karena sekian lama nya gak punya rasa cinta, mungkin udah lama numpuk kali ya. Jadi pas kuliah coba untuk mencari-cari pasangan, saat itu media sosial yang tren masih Facebook. Jadi saya mulai tuh aktif kirim-kirim pesan ke cewek yang dikenal maupun yang belum kenal sama sekali. Sampai pada akhirnya nemu satu cewek cantik, yang bales pesan saya. Sebenarnya sih ada beberapa yang bales, tapi sekedar bales aja gak sampai serius gitu. 

Kami semakin sering kirim pesan lewat Facebook, sampe akhirnya saling tuker no WA. Pada awalnya saya gak terlalu berharap banyak sama nih cewek. Selain terbilang cantik, doi juga sangat wellcome sama siapa saja. Terlhat dari postingan fb nya, tiap kali posting foto banyak cowok yang memberi komentar untuk sekedar memuji atau basa basi, doi dengan senang hati membalasnya satu persatu komentar mereka. Jadi saya berfikir mungkin bukan saya aja yang saling kirim pesan dengan nya.

Sampai pada akhirnya kita bertemu untuk pertama kali, saya masih ingat betul hari itu hari jum'at sore pas pulang kuliah. Saya iseng ngajak ketemuan gitu, ternyata gayung bersambut. Dia meng-iyakan ajakan saya. Bertemulah kita di tempat yang dia tentukan. Benar sesuai prediksi dia orang nya emang asik untuk diajak ngobrol, entah emang dia nya yang asik atau jangan-jangan emang kita cocok aja hehehe.

Dari pertemuan itu lah kita semakin sering ketemuan, jalan bareng, makan bareng, nonton dan lainnya lah yaaa layaknya pacaran gitu. Gak tau awalnya siapa yang nembak, hubungan kita ngalir gitu aja. Sampai gak kerasa udah beberapa bulan kita pacaran. 

Oiya lupa ngasih tau, kalo umur kami tidak  jauh. Si cewek cuma selisih 2 tahun dibawah saya, yang artinya untuk umurnya dia sudah cukup untuk berumah tangga. Ukurannya dilihat dari beberapa teman dan tetangga di desanya yang sudah bersuami. Apalagi si cewek termasuk bunga desa lho, malah sudah beberapa orang melamar nya tapi sering ditolak, paling gak gitu sih cerita dari dia.

Setelah beberapa bulan kita pacaran, sepertinya dia berharap banyak sama saya. Sedangkan saya yang posisinya saat itu masih kuliah masih belum siap untuk menuju kearah yang lebih serius. Mungkin bisa dimaklumi sih, selain umurnya yang sudah cukup. Doi juga tidak enak untuk menolak tiap ada yang melamarnya dengan alasan belum siap, padahal dari cerita dia ke saya kalo dia nunggu saya yang melamar. Sampai pada akhirnya karena ketidakpastian saya, kita mengakhiri hubungan ini. Lebih tepatnya sih saya yang menghilang begitu saja. Jahat sih, tapi emang mau gimana lagi. 

Beberapa bulan kemudian setelah tidak lagi saling kontak, saya mendapat kabar kalo dia sudah menikah. Karena saya penasaran dengan siapa dia menikah? saya mencoba memcari info dari fb nya, lho kok gak ada? ternyata saya sudah diblokir heeheh.... Tak habis cara, saya mencoba cari fb dari akun teman saya yang memang sudah berteman dengan dia. Dan ternyata dia menikah dengan seorang cowok yang saya kenal, bukan kenal karena kita berteman. Lebih tepatnya dia adalah cowok yang aktif mengkomentari postingan fb si cewek.

Dulu waktu masih pacaran saya pernah saling balas komentar dengan cowok itu untuk tidak mengganggu hubungan kami. Ternyata cowok yang menikahi nya adalah orang yang sudah lama kenal bahkan naksir si cewek lebih lama dari saya. Itu saya dapat cerita dari mantan waktu kami masih pacaran, maka tak heran tiap ada postingan baru fb mantan pasti sicowok slalu berkomentar. Bahkan kami pernah saling ejek di kolom komentar fb mantan, sampai akhirnya postingan itu dihapus.  

Si Cowok ini adalah contoh pemuda yang tidak putus asa dalam penggapai cintanya. Dari cerita si mantan saat pacaran dulu, si Cowok sudah mapan, sudah lulus S1 dan yang pasti pemikirannya lebih dewasa dari saya saat itu. Sebelum kami pacaran, si cowok slalu mencari perhatian untuk mendapatkan cinta nya. Tapi entah kenapa mantan ku itu waktu itu belum menerima cintanya sampai akhirnya kemudian kenal saya.

Sedangkan saya waktu itu adalah contoh pemuda yang baru mengenal cinta, tapi cinta cinta buta. Cinta yang tidak berlogika, hanya mendahulukan nafsu cemburu saat sang pacar beraktifitas tanpa alasan. Cinta yang hanya memikirkan dirinya sendiri tanpa memikirkan pasangannya. Sepertinya tidak pantas jika disebut dengan cinta, walaupun definisi cinta sendiri saya tidak tau.

Mungkin saya adalah penyadar bagi dirinya (cewek) bahwa ada cowok yang benar-benar mencintai nya. Bisa dibilang saya juga seorang pecundang cinta yang gak tau apa-apa tentang cinta. Tapi mau bagaimana pun ini adalah Cerita Cintaku, cerita yang bisa dijadikan cerita untuk menjadi lebih baik. 

Terakhir saya lihat di Facebooknya mantan, doi sudah dikaruniai seorang putri hasil dari pernikahannya. Kalo mungkin si Cowok baca tulisan ini, saya cuma mau minta maaf atas apa yang saya lakukan dulu. Buat si cewek juga sih mau minta maaf, dan selamat udah mendapatkan suami yang hebat.

Ini adalah Cerita Cintaku....!!! 
Baca selengkapnya

07/12/2019

Pengalaman Mengaktifkan Kartu IM3 yang Terblokir

www.waskhas.com


Hallo teman-teman kali ini saya mau bercerita nih, yaitu tentang kartu di ponsel saya yang tiba-tiba mati. Oiya sebelum nya saya mau kasih tau dulu kalo saya adalah pelanggan lama Indosat, yaa... kalo di itung-itung mungkin udah 8 tahun-nan lah saya menggunakan kartu IM3. Jadi bisa kebayang kan betapa setianya saya sama ini kartu, walaupun hp berganti-ganti tapi IM3 selalu di hati, heheeh....!!!

Senin 2 Desember 2019, saya berinisiatif untuk mengurus kartu IM3 saya yang tiba-tiba mati selama 4 hari di salah satu Gerai Indosat Ooredoo Jakarta Timur. Pada awalnya saya mengira kartu saya mati karena memang terjadi gangguan atau semacamnya, kemudian sampai 3 hari berlalu tidak ada perubahan. 

Saya baru sadar mungkin kartu saya mengalami pemblokiran, karena memang udah lama saya tidak mengisi pulsa secara memang akhir-akhir ini saya menggunakan kartu lain untuk internetan. Kebetulan hp saya dua sim, jadi sim 1 untuk M3 dan sim 2 untuk kartu yang lain. Eeh sempat berfikir juga sih, waktu kartu M3 saya mati kemudian saya mencoba menukar sim 1 untuk yang lain dan sim 2 untuk M3, yaaa saya berfikir mungkin hp saya sedang bermasalah (maklum hp lawas) heheh,... tapi hasilnya nihil.



www.waskhas.com

Sekitar jam setengah lima sore saya sudah berada di Gerai Ooredoo, saat sampai disana ada seseorang yang sedang konsultasi masalah kartu juga. Jadi saya harus menunggu terlebih dahulu, Alhamdulillah tidak ada yang ngantre selain saya jadi nunggu nya pun tidak begitu lama. Sepertinya cewek yang sedang konsultasi itu memiliki masalah yang sama dengan saya, yaaaa walaupun tidak berniat untuk menguping, tapi suaranya memang terdengar jelas kalo dia ingin mengaktifkan lagi kartunya lagi.

Setelah mengunggu akhirnya giliran saya, seperti pada umumnya petugas menanyakan masalah yang saya alami. Kemudian saya menceritakan runtukan cerita yang saya alami, bla, bla, blaaa.....!!! 

Petugas menanyakan no M3 saya, saya berikan no M3 saya "0857-xxxx-xxxx".

Setelah dicek, memang benar kalo kartu saya mengalami pemblokiran. Kemudian petugas bertanya pada saya "biasanya internetan pake apa ?" 

Saya jawab apa adanya "kalo biasanya sih pake M3 mbak, tapi 4 bulan terakhir ini saya menggunakan kartu lain karena alasan tertentu". Petugas nya kembali mengotak atik laptop didepannya, dan saya bertanya "kartunya bisa di aktifin lagi tidak yaa mbak? "  kebetulan petugasnya adalah wanita.

Jawaban dari petugasnya adalah bisa diaktifkan lagi, tetapi katanya ada peraturan baru kalo mau mengaktifkan lagi dengan syarat menggunakan kartu pascabayar dengan biaya 200 ribu sekian dan kartu sudah terisi pulsa internet (berapa Giga saya lupa) dengan jangka waktu 3 bulan.  

Wah disitu saya mulai bingung,... gimana ini masa iya bayar 200 ribu-an dan pascabayar pula. Saya bertanya lagi " mbak, apa nanti dari pascabayar bisa dirubah ke prabayar lagi setelah 3 bulan? " jawaban petugas " bisa, tetapi nanti ngurusnya bukan disini ".
" Nanti mas nya bisa ngurus lagi di Gerai yang lebih besar yang berada di Kuningan misalnya".

Dari situ kemudian saya putuskan untuk tidak mengaktifkan dulu, yaaa karena memang lagi tidak ada duit (boke') dan akan ribet ngurus lagi setelah 3 bulan. Saya berfikiran untuk mencari gerai lain, siapa tau akan beda solusinya. Akhirnya saya pamit dan bilang "nanti saya kembali lagi mbak". 

Kemudian tepatnya pas berada di KRL menuju Bogor ketika sedang browsing mencari gerai indosat di Bogor, saya melihat layar hp ternyata sim ke 2 saya yang berisi kartu Indosat sudah ada sinyalnya lagi. Wah saya kaget "kok bisa?", kemudian saya coba cek pulsa  *123#.


www.waskhas.com

Ternyata bisa cek pulsa juga, padahal sebelumnya sama sekali tidak bisa. Kemudian tanpa basa basi saya langsung isi pulsa. Alhamdulillah masih bisa diisi juga, untuk lebih meyakinkan lagi kartu M3 saya sudah normal, saya mencoba menelpon adek saya dan juga menyuruh dia untuk menelpon saya.

Alhamdulilah Bisa.


www.waskhas.com
  
Dengan ini artinya kartu IM3 saya sudah kembali normal, Alhamdulillah saya tidak perlu bayar 200 ribu sekian untuk mengembalikan kartu saya yang terblokir. 

Yaaa ini sekedar cerita dari pengalaman pribadi saja, kebetulan saat nulis postingan ini adalah malam minggu, seorang jomblo dari pada tidak ngapa-ngapain mending nulis. Semoga bisa bermanfaat bagi pembaca, mungkin ada yang sama pengalamannya bisa dong dishare di komentar. 

TERIMAKASIH  
Baca selengkapnya

08/11/2019

Cara Buat Website Online Shop dengan Wordpress (part 5)

Hallo teman teman kali ini saya akan menposting secara berkala tentang bagaimana cara mudah membuat Website Online Shop dengan menggunakan Wordpress. Sebelum nya ketahuilah bahwa Wordpress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai blog (blog engine). Wordpress dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL.

Meskipun Wordpres dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL tetapi Wordpress juga termasuk CMS (Content Management System), artinya kita dapat dengan mudah menggunakan nya tanpa harus mahir dalam bahasa pemrograman.


Untuk dapat membuat Website Online Shop ini perlu adanya pembagian dalam beberapa postingan, karena akan terlalu banyak bila dalam satu postingan terdapat tahapan demi tahap untuk dijelaskan. Pada part 5 akan menjelaskan bagaimana cara membuat halaman homepage dengan elementor.

www.waskhas.com

Setelah kita sudah mengetahui pengertian dari elementor dan juga cara menginstalnya (bisa di lihat di sini : Cara menginstal plugin elementor), kali ini kita akan mengetahui bagaimana cara menggunakannya.

Postingan ini adalah Bagaimana cara membuat tampilan homepage dengan menggunakan elementor.

1. Langkah awal setelah kita sudah masuk menjadi admin di wordpress htpp://localhost/sekaawan-id/wp-admin kita pilih halaman dan kita akan membuat halaman baru. Saya beri judul Homepage dengan tanpa teks body, dan untuk setting lainnya perhatikan gambar dibawah ini.

www.waskhas.com

www.waskhas.com

2. Kemudian setelah selesai membuat halaman homepage nya, kita akan memulai dengan menggunakan plugin elementor nya. 

www.waskhas.com

Pada dasarnya menggunakan elementor sangat mudah karena kita sudah dimudahkan dengan tampilan yang frendly dua kolom. Satu kolom untuk menampilan tool tool yang dapat digunakan seperti  Heading, text editor, image, inner selection dan lainnya.

Saya akan memberi kan contoh membuat homepage dengan menaruh gambar dengan tulisan "Selamat datang". Kita bisa dengan leluasa maletakan gambar, memberikan warna dan lain sebagainya, selain itu tulisan yang ditampilakan sesuka kita sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kita. 

Untuk mempermudah teman-teman bisa cek dan ikuti tahapan pergambar satu satu.


www.waskhas.com

www.waskhas.com

Kita akan buat satu kolom untuk digunakan sebagai tempat menampung gambar dan judul.


www.waskhas.com


www.waskhas.com

Sebelumnya kita harus sudah siapkan terlebih dahulu gambar yang sesuai dengan website yang kita buat. Kemudian upload gambar tersebut dan juga buat judul header, saya beri contoh dengan memberi judul Selamat Datang di Online Shop Muslimah Terkece.

www.waskhas.com


www.waskhas.com

Berikut adalah contoh sederhana hasil dari homepage wordpress saya, teman-teman bisa sekreatif mungkin untuk mendapatkan atau membuat homepage yang lebih menarik.

Dibawah ini juga saya tampilkan video youtube bagaimana cara membuat homepage dengan elementor di wordpress, semoga dapat bermanfaat buat teman-teman.

Cara membuat tampilan Homepage dengan elementor



Baca selengkapnya