19/09/2017

Jodoh ku ada di IPB

Gak ada yang bisa tahu kemana kita akan melangkah kedepan, manusia hanya dapat ikhtiar dan berdo'a untuk dapat meraih nya di kemudian hari. Sama seperti yang saya rasa saat ini, dimana pada awal nya planning untuk lanjut kuliah S2 adalah kota gudeg Yogyakarta di UGM.


Memang saya bukan lah pengelana, petualang atau apalah itu, santri adalah identitas saya. Sejak SMP sampai saat kuliah strata 1 saya sudah tinggal jauh dari orang tua. Sejak lulus SD di Jakarta, tempat kelahiran saya, sudah mulai nyantri di pondok pesantren Azzahro' Kendal Jawa Tengah kemudian di lanjut ke arah timur jawa tepatnya adalah Kediri, untuk melanjutkan SMA di sana. Kediri adalah perantauan terlama dalam perjanan hidup saya, karena setelah lulus SMA pun masih menetap di sana.

http://www.waskhas.com/2017/09/jodoh-ku-ada-di-ipb.html
Saat di Simpang Lima Gumul Kediri

Semarang adalah kota terakhir saya untuk melanjutkan studi S1, yang sebelumnya pun sempat merasakan 3 semester kuliah di kota yang terkenal dengan tahu taqwa nya, Kediri. Pada awalnya pun Semarang bukan lah tempat yang saya pikirkan sebelumnya, entah bagaimana takdir Tuhan lah yang pada jalannya sampai menempat di ibu kota Jawa tengah Semarang.

Saya berfikir Semarang adalah kota terakhir, sebelum benar-benar menetap di tanah kelahiran saya, Jakarta atau tempat orang tua dibesarkan yaitu Tegal. Ternyata tidak, karena tiba-tiba saya ingin lagi melanjutkan studi lanjut di Jogja.  

Tujuan dan rencana sudah jelas untuk lanjut di UGM, berbagai persiapanpun sudah ada seperti dimana tempat tinggal nanti, ambil jurusan apa, persyaratan-persyaratan masuk nya apa saja dan banyak hal yang menurut saya memang itu harus di siapkan secara matang.

Untuk tempat tinggal, saya sudah dapat rekomendasi dari salah satu guru saya untuk tinggal di tempatnya alumni pesantren yang ada di Jogja. Walaupun pribadi saya sendiri belum mengetahui secara jelas dimana lokasi pas nya, tapi saya sudah mantep untuk tinggal disana.Bukan tanpa alasan karena di sana selain untuk tempat istirahat, paling tidak dapat membantu-bantu alumni untuk mengajar atau apa saja, asalkan bermanfaat.

http://www.waskhas.com/2017/09/jodoh-ku-ada-di-ipb.html
Saat di Lawang Sewu Semarang

|| Baca juga : obrolan singkat dari sahabat

Tidak hanya temat tinggal saja, dokumen-dokumen untuk persyaratan masuk satu persatu saya penuhi, seperti harus kembali kesemarang untuk dapat rekomendasi dari dosen, mengikuti tes toefl dan TPA serta macam-macam lain nya sudah siap untuk di kumpulkan. Bahkan sebelum lulus S1 pun saya sempatkan untuk belajar TPA (Tes Potensi Akademik) agar dapat nilai yang di inginkan, begitu juga dengn tes toefl.

Semua proses untuk masuk salah satu Universitas terbaik di Indonesia UGM sudah berhasil saya lakukan, ikhtiar sudah, berdo'a selalu, tinggal menunggu hasilnya saja. Tapi Sang Pencipta berkata lain, saya dinyatakan tidak lolos seleksi masuk UGM.

Apa yang sudah di rencanakan, di siapkan dan di targetkan, nyatanya semua hanyalah pembelajaran untuk saya pribadi, mungkin memang bukan jodohnya.

"Bukan lah Arai sang pemimpi jika dia putus asa"  kira-kira seperti itu lah perkataan Ikal saat Arai sudah tidak lagi mendapatkan pekerjaan tapi Arai selalu berusaha untuk mendapatkannya (dalam film Sang Pemimpi). Memang itu belum lah pantas bila harus disamakan saya dengan karakter Arai Sang Pemimpi. Tapi paling tidak cukup menggambarkan bahwa saya tidak akan berhenti berusaha.

Setelah sah dinyatakan tidak lolos seleksi UGM, kemudian saya mencari alternatif Perguruan Tinggi Negeri yang jurusan nya saya minati. Sampai akhirnya, IPB lah yang menjadi pelabuhan untuk melanjutkan cerita perjalanan hidup saya. Jauh kebelakang sebelum lulus S1, Bogor bukan lah pilihan atau bahkan terbayang pun saya tidak, tapi Allah mempunyai cerita lain untuk saya.

Mungkin Jodoh saya adalah Institut Pertanian Bogor, atau mungkin oleh NYA sudah di siapkan jodoh disini (Bogor), atau mungkin ini adalah akhir dari perjalanan dan menetap di sini, atau mungkin Bogor lah yang memang pantas untuk seorang saya, dan atau, atau lain nya dengan banyak kemungkinan-kemungkinan yang ada, yang pasti Allah Sang Penciptalah yang tahu untuk yang terbaik untuk Ciptaannya.

Udah ah ceritannya,.........!!!!!

 
Baca selengkapnya

17/09/2017

Obrolan Singkat Dari Sahabat

Nggak tau kenapa menjelang sholat magrib tadi saat berjalan menuju masjid tuk sholat ber jama'ah  tiba-tiba terlintas sosok teman sekaligus saudara yang udah lama meninggalkan dunia ini selama-lama nya, Ahmad Zubaer.

Nggak tau, mungkin apa yang dulu di takuti dia waktu ngobrol dulu, sekarang terasa aja. Waktu itu tepat 2 tahun saya tinggal di Semarang, kami di undang oleh salah satu kerabat yang sudah menetap di Semarang tuk menghadiri syukuran rumah barunya. 

Kebetulan waktu itu motor alm.Zubaer tidak ada, jadi yupiter saya lah yang akhirnya kami gunakan tuk menuju lokasi.  Jadwal undangannya itu setelah magrib, tetapi berhubung kami berdua tidak tau lokasi pas nya, kami  berangkat ba'da ashar.

Suasana sore itu sebenarnya cukup tidak mendukung, karena menjelang ashar sudah hujan deras, tak cukup itu jarak antara kami mukim juga berbeda dan jauh. Karena kami beda kampus, beda pondok pula, iyaaa memang kami ini anak pesantren, santri.

Karena sudah diundang rasanya tidak lah pantas untuk tidak hadir, apalagi yang mengundang kerabat sendiri. Setelah sholat ashar kami bergegas tuk memulai perjalanan, kebetulan pula hujan sudah reda, walaupun masih gerimis.

Almarhum Zubaer adalah seorang yang sangat baik, dia tidak akan sungkan dalam menolong kepada siapa saja yang membutuhkan, tanpa terkecuali. Bahkan saat saya memutuskan tuk kuliah di Semarang, dia yang banyak mencari informasi kuliah dimana, tinggal dimana dan lainnya. Memang pada waktu itu dia sudah duluan tingggal di Semarang. Kuliah di UIN Walisongo Semarang jurusan Ilmu Faroid.

Dalam perjalanan menuju lokasi tempat syukuran, kami bercerita tentang banyak hal, memang almarhum terkenal seorang teman yang suka bercerita, tak hanya sekedar cerita, banyak hal-hal positif yang bisa di ambil pelajaran dalam tiap perbincangan dengan nya, maka tak ayal setiap orang yang curhat dengan nya akan selalu nyaman dan aman karena tidak akan bocor sampai ke telinga yang lain, juga tak heran bila banyak juga wanita yang mengidolakannya.

http://www.waskhas.com/2017/09/obrolan-singkat-dari-sahabat.html
Foto terakhir : GERAKAN SANTRI MENULIS

Kami bercerita tentang rencana setelah lulus nanti, " had, abis lulus mau lanjut kuliah? ", almarhum mengawali perbincangan.   
" Nggak tau neh beng, masih bingung ", memang saat itu saya bener-bener bingung mau lanjut apa nggak.
" Lanjut S2 aja, saya juga rencana mau lanjut kok " di jawab dengan tegas.
" emang yang di bingungin apa? ", belum sempat menjawab, almarhum melanjutkan " yang penting mantep aja dulu, kan kita punya Tuhan, bingung tinggal sholat minta petunjuk, pasti ada lah jalan nya,".  
Sejenak terhenti, kemudian lanjut berkata " had, saya itu bingung sih nggak, cuma kadang itu takut ".
" Takut kenapa beng ? "
" Kayanya udah lama banget kita ninggalin keluarga, tuk mencari ilmu. Udah berapa banyak biaya yang di keluarin, waktu yang diluangin tuk keperluan kita, tinggi harapan mereka tuk kita. Takut ngecewain orang yang selama ini udah berjuang demi kita, takut nggak sesuai dengan harapan mereka, harapan tinggi orang yang kita cintai, harapan tinggi orang yang udah ngerelain semua untuk kita ". 
Serentak kami tak berbicara sekian menit, sampai akhirnya kami ganti topik pembicaraan.

Pembicaraan sederhana dan singkat itu sampai sekarang masih saja saya ingat, ketakutan tuk bisa membahagiakan orang-orang terkasih yang sudah menunggu kita pulang dengan membawa kesuksesan. "Tapi saya percaya kok beng Tuhan menciptakan kita dengan takdir masing-masing, terpenting adalah terus berusaha semampu kita dan terus berdo'a ". Nggak perlu takut lagi, terus berjalan karena tiap manusia sudah ada jatahnya masing-masing.
 
Syeh Hasan Al-Basri di tanya, "Apa rahasia zuhudmu di dunia ini ? "
beliau menjawab :

  1. " Aku tahu rizqiku tidak akan di ambil orang lain, karena itu hatiku selalu tenang"
  2. " Aku tahu amalku tidak akan di kerjakan orang lain, karena itulah aku sibuk beramal sholeh"
  3. " Aku tahu Allah Ta'ala selalu memerhatikanku, karena itu aku selalu malu jika Allah melihatku sedang dalam maksiat"
  4. " Dan aku tahu kematian itu sudah menungguku, karena itulah aku selalu menambah bekal untuk hari pertemuanku dengan Allah".   

Mungkin bila dirimu masih ada, kita udah S2 bareng, walaupun pastinya beda kampus. Tapi percaya beng, keluaga mu udah sangat bahagia dan bangga atas apa yang sudah banyak dicapai oleh kegigihan dan perjuanganmu selama ini. 

Saya pun percaya, saat ini pastinya dirimu sedang tidur tenang menikmati angin surga di pos pertama sebelum nantinya kita di bangkitkan dan dikumpulkan lagi di padang masyhar. Semoga amal-amal mu di dunia menjadi amal jariyah yang terus mengalir yang membuat mu tenang disana dan mendapat tempat terbaik di sisi NYA.

Mungkin ini sepenggal cerita dari obrolan sederhana saya dengan almarhum Ahmad Zubaer, terakhir ketemu saat acara GERAKAN SANTRI MENULIS di Masjid Agung Jawa Tengah Semarang. Tepat10 hari setelah acara itu, saya mendapat kabar dirimu sudah di panggil Allah tuk tidur selama-lama nya.

Baca selengkapnya

08/09/2017

Program Studi Pertanian Ter-Akreditasi A

Berikut ini adalah program studi pertanian yang sudah ter-Akreditasi A yang tercatat pada laman BAN-PT. Program studi pertanian banyak sekali ragam nya seperti; Teknologi Hasil Pertanian, Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian, Teknik Pertanian dan masih banyak lagi.

Di Indonesia terdapat 110 program studi pertanian S1 dari berbagai Perguruan Tinggi swasta maupun negeri, dimana dari angka tersebut untuk program studi yang ter-Akreditasi C sebanyak 37, ter-Akreditasi B sebanyak 58 dan hanya 15 yang program studi nya sudah ter-Akreditasi A.

http://www.waskhas.com/2017/09/program-studi-pertanian-ter-akreditasi-a.html


Berikut ini adalah program studi pertanian S1 yang sudah ter-Akreditasi A

Universitas Jember
Alamat : Jalan Kalimantan No. 37, Kampus Tegalboto, Sumbersari, Jember, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68121, Indonesia.
Telp :  +62 331 330224
website : https://www.unej.ac.id/
 Program Studi:
  • Teknologi Hasil Pertanian

Universitas Gadjah Mada
Alamat : Bulaksumur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281, Indonesia.
Telp : +62 274 588688
website : https://www.ugm.ac.id/ 
 Program Studi :
  • Penyuluhan Dan Komunikasi Pertanian
  • Teknik Pertanian
  • Teknologi Pangan Dan Hasil Pertanian
  • Teknologi Industri Pertanian, Sosial Ekonomi Pertanian (agribisnis)


Universitas Sebelas Maret
Alamat :  Jl. Ir. Sutami No.36A, Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57126, Indonesia.
Telp : +62 271 646994
website :  https://uns.ac.id/
Program Studi:
  • Penyuluhan Dan Komunikasi Pertanian

Universitas Lampung
Alamat : Jalan Professor Dokter Ir. Sumantri Brojonegoro No.1, Gedong Meneng, Rajabasa, Gedong Meneng, Rajabasa, Kota Bandar Lampung, Lampung 35141, Indonesia.
Telp :  +62 721 786766
webste :  https://www.unila.ac.id/
Program Studi :
  • Teknik Pertanian
  • Teknologi Hasil Pertanian

|| Baca juga :  Jurusan teknik informatika terbaik di Indonesia

Universitas Padjadjaran
Alamat : Jl. Raya Bandung Sumedang KM.21, Hegarmanah, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat 45363, Indonesia.
Telp : +62 22 84288828 
website : http://www.unpad.ac.id/
Program Studi :
  • Teknik Pertanian

Universitas Brawijaya
Alamat : Jalan Veteran, Ketawanggede, kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65145, Indonesia.
website : https://ub.ac.id/id/
Program Studi :
  • Teknik Pertanian
  • Teknologi Industri Pertanian

Institut Pertanian Bogor
Alamat : Kampus IPB Dramaga Bogor, Jalan Raya Dramaga, Babakan, Dramaga, Bogor, Jawa Barat 16680, Indonesia.
Telp : +62 251 8622642
Website : https://ipb.ac.id/
Program Studi : 
  • Teknologi Industri Pertanian
  • Teknik Pertanian

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
Alamat : Jl. Raya Rungkut Madya, Gn. Anyar, Kota SBY, Jawa Timur 60294, Indonesia.
Telp : +62 31 8706369
website : http://www.upnjatim.ac.id/
Program Studi: 
  • Sosial Ekonomi Pertanian / Agribisnis* 

Sumber data : https://banpt.or.id/direktori/prodi/pencarian_prodi
data di ambil : 2017-09-10
* Status sudah kadaluarsa pertanggal 2016-02-04
Baca selengkapnya

04/09/2017

Pertama Naik KRL-Commuterline

Langkah setelah di nyatakan diterima sebagai calon mahasiswa baru pascasarjana Institut Pertanian Bogor adalah verifikasi data, dimana pada langkah ini lah kita nantikan akan di cek dokumen-dokumen asli yang sebelumnya di upload melalui pedaftaran online http://pmbpasca.ipb.ac.id/.  

|| Baca juga : mendaftar di Institut Pertanian Bogor

Maka dari itu untuk pertama kalinya saya akan melakukan perjalanan ke Bogor guna melakukan verifikasi data. Karena posisi saya saat ini berada di Jakarta, jadi tidak terlalu jauh untuk melakukan perjalanan ini dengan menggunakan KRL-Commuterline Jabodetabek.

Karena itu lah saya akan menceritakan perjalanan Jakarta-Bogor dengan KRL, ya mungkin ini bukan hal yang spesial buat yang sudah tiap hari berlalu-lalang pulang-pergi dengan Commuterline ini. Tetapi tidak sedikit juga lho yang lama di Jakarta dan sekitarnya pun yang baru kali pertama menggunakan fasilitas ini, terbukti saat saya tanya salah satu penumpang jawabannya "maaf mas, saya juga baru pertama ini (naik KRL)".



Sebenarnya sangat mudah menggunakan kereta untuk Jabodetabek ini, karena selain petunjuk-petunjuk yang terdapat di sekitar stasiun yang tersedia juga ada petugas yang bersedia memberikan petunjuk arah.

Stasiun terdekat dengan posisi saya saat ini adalah stasiun buaran, jadi untuk menuju stasiun akhir Bogor saya naik dari st.buaran dan harus transit di stasiun manggarai untuk selanjutnya perjalanan ke Bogor.

Perhatikan gambar Peta Rute KRL Jabodetabek di atas, dimana pada peta tergambar enam rute perjalanan pp (pulang-pergi) dengan warna berbeda. Merah menunjukan arah Bogor/Depok-Manggarai-Jakarta Kota, orange menunjukan arah Bogor/Depok-Tanah Abang-Pasar Senen-Jatinegara, biru menunjukan arah Bekasi-Jatinegara-Manggarai-Jakarta Kota, hijau menunjukan arah Maja/Parung Panjang/Serpong-Tanah Abang, coklat menunjukan arah Tangerang-Duri, pink menunjukan arah Tanjung Priok-Jakarta Kota.

|| Baca juga : Alasan memilih pesantren dari pada kos

Jadi sebelum memulai  perjalanan anda (bagi yang belum pernah) perhatikan rute yang ada dan perhatikan juga tempat transit mana yang kita pilih. Seperti contoh, tujuan akhir saya adalah stasiun Bogor, dimana rute untuk stasiun Bogor terdapat pada warna merah dan orange sedangkan saya akan mengawali dari stasiun buaran (berwarna biru), jadi untuk dapat melanjutkan ke stasiun Bogor saya harus transit di st.Jatinegara  atau st.Manggarai untuk lanjut sampai Bogor dengan rute warna orange.

Untuk tiket sendiri relatif murah, dari Jakarta Timur st.Buara sampei ke st.Bogor hanya di kenakan biaya 6.000 saja, tapi ada biaya jaminan 10.000. Jangan khawatir biaya jaminan bisa kita ambil lagi sesampainya kita di stasuin tujuan.

Kereta KRL ini akan selalu ada di setiap 15 menit atau bahkan kurang, jadi bila nantinya kita tertinggal oleh kereta tidak usah takut nunggu lama untuk kereta selanjutnya. Tiap kereta memliki jumlah gerbong bervariasi dengan gerbong pertama dan akhir di khusus kan untuk perempuan, dan sisa nya campuran. Tiap gerbon juga ada bangku prioritas yang di peruntukan untuk ibu hamil, lansia dan penyandang disabilitas. 

Cukup lah cerita singkatnya, semoga aja bermanfaat terutama untuk yang belum pernah naik KRL-Commuterline.
Baca selengkapnya

23/08/2017

Sinopsis Rencana Penelitian E-learning



http://www.waskhas.com/2017/08/sinopsis-rencana-penelitian-e-learning.html

Beberapa hari setelah di nyatakan lolos seleksi masuk calon mahasiswa s2 IPB jurusan Ilmu Komputer, saya ingin membagikan Sinopsis Rencana Penelitian yang saya upload sebagai salah satu  persyaratan masuk Institut Pertanian Bogor Pascasarjana th ajaran 2017/2018. Mungkin ini bisa menjadi arsis pribadi saya dan juga semoga bisa membantu para pembaca yang memang sedang mencari referensi tentang ini.

Awal membuat ini pun saya mendapatkan banyak referensi dari blog-blog yang juga memosting terkait Sinopsis Tesis, seperti dari padillahpenyuluhanpembangunan.blogspot.co.id , eduwinekofranjaya.wordpress.com
 
Lebih jelasnya berikut sinopsis rencana penelitian saya :




SINOPSIS PENELITIAN TESIS
Analisis dan Pembangunan E-learning SMA Nxxxxxxx

Nama calon mahasiswa : Mashadi

Nomor pendaftaran : 17xxxxx



Latar Belakang

Ilmu teknologi dan informasi semakin berkembang pesat, banyak inovasi-inovasi baru dalam perkembangannya, Salah satu yang juga diharapkan bisa mengikuti perkembangan Teknologi Informasi adalah di bidang  pendidikan. Karena pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya unntuk memiliki kekuatan  spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.

E-learning merupakan salah satu teknologi informasi yang dapat dikembangkan untuk menunjang pendidikan agar  lebih baik lagi. E-learning itu sendiri merupakan satu istilah yang dapat kita temukan dalam dunia komputer dan internet. Istilah ini terdiri dari dua bagian, yaitu ‘E’ yang berarti Electronic dan ‘Learning’ yang berarti pembelajaran. Jadi dapat ditarik kesimpulan E-learning adalah suatu sistem pembelajaran yang menggunakan perangkat elektronik sebagai medianya. Internet dijadikan sebagai media penghubung antar pelaku pedidik, diharapkan dengan media E-learning ini dapat mengoptimalkan sistem pembelajaran jarak jauh
Rumusan Masalah

Dari latarbelakang yang ada maka rumusan masalah nya adalah bagaimana menganalisa penggunaan e-learning bagi pelaku pendidikan secara efisien dan efektif dan kembali membangun e-learning yang lebih mudah digunakan oleh semua user serta dapat secara optimal dalam penggunaan e-learning dalam pembelajaran jarak jauh.


Tujuan dan Manfaat Penelitian

Menganalisis serta membangun kembali E-learning yang lebih efektif dan efisien bagi pelaku didik agar pembelajaran jarak jauh dapat berjalan dengan baik. Sebagai wadah untuk memudahkan proses belajar-mengajar di SMA Nxxxx xxx dan ikut andil atas  kemajuan teknologi di Indonesia dalam dunia pendidikan.


Metode Penelitian dan Pengembangan Sistem

Metode yang digunakan dalam penelitian lanjutan ini dengan wawancara kepada pihak terkait yang dilanjutkan dengan pengamatan Data yang diperoleh melalui pengamatan terhadap gejala yang di teliti dalam proses belajar-mengajar. Sedangkan untuk pengembangan sistem dengan menggunakan metode SDLC (System Development Life Cycle) yaitu Waterfall. Pengembangan sistem ini memiliki beberapa tahapan diantaranya dengan analisis perangkat lunak, desain, pembuatan kode program, pengujian dan pendukung. 
 
Daftar Pustaka

A.S, Rosa,& Shalahuddin,M (2013) Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan    Berorientasi Objek, Penerbit Informatika, Cetakan Pertama, Bandung.

Jana, E.H dan Laksana Tri, Gianjar (2012) Aplikasi e-Learning Berbasis Web untuk Meningkatkan Motivasi Pembelajaran, Teknik Informasi, STMIK, Cirebon.

Ladjamuddin, Al-Bahra (2006) Analisis dan Desain Sistem Informasi ,Cetakan Pertama, Penerbit Graha Media,  Yogyakarta.

Wirartha, I.M (2006)  Panduan Penulisan Usulan Penelitian , Skripsi, dan Tesis, CV Andi Offse, Yogyakarta.






Baca selengkapnya

20/08/2017

Game Pertama : The Circle Jump

The Circle Jump merupakan game pertama saya yang di buat dengan bantuan Construct 2, platform ini merupakan tools pembuat game berbasis HTML5 yang di khususkan untuk platform 2D yang dikembangkan oleh Scirra. Construct 2 tidak menggunakan bahasa pemrograman khusus, dikarenakan semua perintah yang digunakan pada game diatur dalam EvenSheet yang terdiri dari Event dan Action. 

Di awal pembuatan game ini saya coba belajar melalui https://www.scirra.com/ dan juga belajar dari tutorial-tutorial yang ada dalam youtube. Game ini pun cukup familiar di kalangan pada gamers lawas, karena "The Circle Jump" hampir sama dengan game Mario dari sisi gameplay nya.

Backround game ini yang cukup sederhana dimana warna hitam dan putih mendominasi di seluruh permainan tiap level, walaupun begitu game ini cukup menarik dimainkan karena dengan ukuran file yang sangat kecil 4 mb sudah bisa dimainkan dan sangat menyenangkan.

Deskripsi game:

Pemain di minta untuk mengumpulkan point berupa bintang yang akan selalu ada di setiap level permainan.

Pemain juga akan mendapatkan dua point bila dapat membunuh musuh, tiap level terdapat tiga musuh dan hanya satu musuh yang tidak dapat dibunuh.

Cara membunuh musuh yaitu dengan cara di injak.

Pemain hanya menjalankan game ini dengan tombol kanan, kiri dan melompat.

Game ini memiliki level sampai 15, dimana setiap level akan memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda.

Tiap level terdapat 3 kunci  yang harus dikumpulkan untuk dapat membuka pintu dan dapat meneruskan level selanjutnya.

Screenshot :

http://www.waskhas.com/2017/08/The-Circle-Jump.html


http://www.waskhas.com/2017/08/The-Circle-Jump.html


http://www.waskhas.com/2017/08/The-Circle-Jump.html


http://www.waskhas.com/2017/08/The-Circle-Jump.html





Baca selengkapnya