Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Arduino Uno Project Lampu LED | Komponen-Komponen

Kali ini kita akan menjelaskan lebih mendetail tentang per komponen dari project Arduino Lampu LED. Pada postingan Arduino Uno Project Pertama untukPemula kita sudah menjelaskan komponen-komponen apa saja yang digunakan. Maka untuk kali ini kita akan membahas per komponen dari project Lampu LED, seperti Papan Arduino, BreadBoard, Lampu LED, kabel USB dan Kabel Jumper.

Arduino Uno Project Lampu LED | Komponen-Komponen

Jalur BreadBoard

BreadBoard atau disebut juga project board atau protoboard adalah dasar konstruksi sebuah sirkuit elektronik dari suatu rangkaian elektronik yang belum disolder atau papan yang berisi lobang dan sambungan yang disusun sedemikian rupa yang digunakan untuk membuat rangkaian elektronik tanpa perlu menyolder.

Keuntungan menggunakan breadboard adalah konstruksi dapat diubah dengan mudah, baik skema atau pengantian komponennya. Merakit rangkaian elektronika. menjadi mudah karena tidak perlu melakukan penyolderan sehingga komponen komponen masih tetap bisa dipergunakan untuk project lain dikemudian hari.

Hal terpenting yang harus diketahui sebelum menggunakan project board ini yaitu memahami dengan baik bagaimana jalur yang saling terhubung antara satu lobang dengan lainnya, seperti pada gambar breadboard 400 lobang berikut ini:

Jalur BreadBoard


Papan rangkaian terdiri dari 4 bagian dengan memiliki variasi titik lobang :

  1. Jalur IC. Terletak pada bagian tengah yang terdiri dari 2 jalur, yakni Jalur IC 1 dan Jalur IC 2. Biasanya tempat ini digunakan untuk memasang IC (Integrated Circuit) sehingga sebagian kaki IC dapat dimasukkan pada setiap jalur tersebut. Hubungan antar titik lobang jalur IC adalah secara vertikal, yakni berderet dari atas ke bawah atau sebaliknya.
  2. Jalur Listrik. Jalur ini terletak dada kedua sisi bagian luar luar yang terdiri dari 2 jalur, yakni Jalur Listrik 1 dan Jalur Listrik 2. Hubungan antar titik lobang jalur listrik adalah secara horizontal, yakni berderet dari kiri ke kanan atau sebaliknya. Biasanya jalur ini digunakan untuk menyambung VCC ( + ) dan GND ( - ) dari catu daya (power supply).

Papan Arduino

Untuk papan Arduino sudah secara lengkap dijelaskan dipostingan Arduino Uno Project untuk Pemula | Lampu LED

Lampu LED

Lampu LED (Light Emitting Diode) atau disebut juga blinking LED mempunyai 2 kaki
sebagai input arus listrik. Bagian dalam lampu led juga memiliki 2 bagian atau biasa
disebut lead frame dengan ukuran yang berbeda.

Lampu LED

Kabel Jumper dan Kabel USB

Kabel jumper memiliki 3 macam, yaitu Male to Female, Female to Female dan Male to Male. Untuk project pertama untuk pemula kita menggunakan kabel Male to Male.

Macam macam kabel jumper

Kabel USB berfungsi sebagai penghubung antara papan Arduino Uno dengan laptop atau pc kita.



1 comment for "Arduino Uno Project Lampu LED | Komponen-Komponen"

  1. Postingan di blog waskhas mengenai Arduino Uno Project Lampu LED | Komponen-Komponen bermanfaat buat saya. terimakasih buat admin, sehat selalu dan diberikan rezeki oleh Tuhan, amin

    ReplyDelete