11/05/2016

Pengertian DFD dan Contoh Diagram nya.

Diagram aliran data/data flow diagram merupakan model dari sistem untuk menggambarkan pembagian sistem ke modul yang lebih kecil. Salah satu keuntungan menggunakan diagram aliran data adalah memudahkan pemakai/ user yang kurang menguasai bidang komputer untuk mengerti sistem yang akan dikerjakan.
Diagram konteks adalah diagram yang terdiri dari suatu proses dan menggambarkan ruang lingkup suatu sistem. Diagram konteks merupakan diagramlevel tertinggi  dari DFD yang menggambarkan seluruh input ke sistem output dari sistem. Ia akan memberi gambaran tentang keseluruhan sistem. Sistem dibatasi oleh boundary ( dapat digambarkan dengan garis putus ). Dalam diagram konteks hanya ada satu proses. Tidak boleh ada store dalam diagram konteks.
Contoh :
waskhas.blogspot.com

Diagram nol adalah diagram yang menggambarkan proses dari dataflow diagram. Diagram nol memberikan pandangan secara menyeluruh mengenai sistem yang ditangani, menunjukan tentang fungsi-fungsi utama atau proses yang ada, aliran data, dan eksternal entity. Pada level ini sudah dimungkinkan adanya/ digambarkannya data store yang digunakan. Untuk proses yang tidak rinci lagi pada level selanjutnya, simbol `*` atau `p` (function primitive) dapat ditambahkan pada akhir nomor proses. Keseimbangan input dan output (balancing) antara diagram 0 dengan diagram konteks harus terpelihara.
Contoh :
waskhas.blogspot.com

Diagram rinci adalah diagram yang menguraikan proses apa yang ada dalam diagram zero atau diagram level di atasnya.

 || Baca Juga : Contoh DFD pada aplikasi pariwisata
Contoh :
waskhas.blogspot.com

Bagikan

Jangan lewatkan

Pengertian DFD dan Contoh Diagram nya.
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.