23/04/2020

5 Aplikasi Gratis Membuat Diagram Flowchart, E-RD dan DFD

Kita telah banyak membahas tentang pengertian FlowchartER-D, dan DFD serta pembahasan-pembahasan lainnya yang berkaitan dengan Sistem Informasi. Kali ini saya akan membagikan Aplikasi-Aplikasi apa saja yang bisa membantu kita untuk membuat diagram yang saya sebutkan diatas tadi.

Aplikasi yang saya sebutkan ini adalah aplikasi yang GRATIS yang bisa dipakai untuk kalian yang menggunakan Windows. 


Aplikasi-Aplikasi Membuat Flowchat, ER-D dan DFD

1. yEd-Graph Editor

www.waskhas.com
Tampilan yEd-Graph Editor
Aplikasi ini adalah aplikasi yang sangat mudah digunakan untuk dapat membuat flowchart, ER-D, DFD dan semacamnya. Selain aplikasi ini gratis, yEd-Graph Editor juga menyediakan banyak sekali grafis serta  kita dimudahkan dengan dapat mewarnai dari setiap shape-shape nya. Diagram yang telah kita buat dapat diekspor ke format SWF, SVG, PDF, HTML, PNG dan lain sebagainya. yEd Graph Editor juga tersedia untuk Linux dan MacOS.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang aplikasi yEd-Graph Editor dan cara menginstalnya, silakan baca di artikel Apa itu yEd-Graph Editor dan Bagaimana Cara Instalnya.
www.waskhas.com
Tampilan ClickChart Diagram Flowchart
Aplikasi ini sudah tersedia dengan banyak jenis simbol yang dapat digunakan dalam membuat diagram alur. Pengguna juga akan diberikan fitur fitur untuk menambahkan pointer, teks, dan gambar-gambar. Dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna juga dapat membuat diagram UML, ER-D, dan DFD. Selain itu, setelah pengguna selesai membuat diagram nantinya akan dapat di eksport ke format gambar seperti file PDF.

untuk dapat mengetahui lebih lanjut tentang aplikasi ClickChart Diagram & Flowchart Software, silakan baca di artikel Pengertian ClickChart Diagram & Flowchart Software dan Cara Menginstalnya.


3. Edraw MinMap

www.waskhas.com
Tampilan Edraw MinMap
Adalah aplikasi yang dapat membuat banyak jenis flowchart, diagram dan grafik dengan cara yang mudah. Aplikasi ini juga menyediakan banyak fitur dan banyak jenis shape dari flowchart, diantaranya: Blackground, Border, Arrow Shape, Basic Flowchart Shape, serta Min Map Shape.

Hanya saja pada aplikasi ini dalam versi gratis nya akan disertai watermark saat pengguna ingin mengekspor gambar. Pengguna dapa membuat dua flowchart sekaligus dan menyimpannya dengan format file gambar pada umumnya seperti PDF, Visio, SVG, PS, HTML dan lain sebagainya.

Untuk mengetahui lebih lengkap tentang  aplikasi Edraw MinMap serta cara bagaimana menginstalnya, silakan baca di artikel Edraw MinMap dan Cara Menginstalnya.


4. Pencil 

www.waskhas.com
Tampilan Aplikasi Pencil
Aplikasi ini awalnya adalah untuk menggambar di perangkat desktop dan mobile, akan tetapi dapat pula digunakan untuk membuat diagram-diagram seperti flowchart dan diagram-diagram lainnya. Selain untuk windows, pencil juga tersedia untuk versi Mac OS dan Linux.

Aplikasi Pencil ini memiliki 10 jenis kategori shape yang berbeda-beda, dimana pada setiap kategori nya berisi banyak gambar atau shape. Selain ini ada juga gambar clip art yang dapat pengguna download dari servernya. Salah satu keunggulan aplikasi ini yaitu dapat mendukung pembuatan beberapa flowchart sekaligus. Untuk file gambar tersimpan, aplikasi Pencil dapat menyimpan dengan file gambar secara umum seperti PNG, HTML, PDF, SVG dan lain sebagainya.

Untuk mengetahui lebih lengkap tentang aplikasi Pencil serta cara bagaimana menginstal aplikasi nya, silakan baca artikel Aplikasi Pencil dan Bagaimana Cara Menginstalnya.

5. Diagram Designer

www.waskhas.com
Tampilan Diagram Designer
Diagram Designer adalah aplikasi yang dapat membuat desain sirkuit elektrik, diagram flowchart, UML dan juga desain GUI.

Aplikasi ini untuk flowchart sendiri memiliki lebih dari 25 simbol yang dapat digunakan, selain itu juga terdapat bagain yang menunjukan daftar lengkap dari simbol yang digunakan pada flowchart. Aplikasi ini dapat menyimpan dalam format file PCX, GIF, MNG, CUR, ICO dan masih banyak lagi. Untuk ukuran filenya kecil dan mendukung interface dalam berbagai bahasa. 

Untuk dapat mengetahui lebih lengkap tentang aplikasi Diagram Designer serta cara bagaimana menginstalnya, silakan kunjungi artikel Aplikasi Diagram Designer dan Cara Instalnya.

Bagikan

Jangan lewatkan

5 Aplikasi Gratis Membuat Diagram Flowchart, E-RD dan DFD
4/ 5
Oleh