Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Modul 3 Scratch Jr Memperkenalkan Blok Tampilan

Modul 3

Memperkenalkan Blok Tampilan

Setelah sebelumnya menjelaskan tentang blok gerakan, untuk modul ini kita akan menjelaskan tentang blok-blok tampilan. Kelompok blok tampilan memiliki warna ungu, dimana pada kelompok blok tampilan lebih berfungsi untuk menampilkan Sprite, menyembunyikan Sprite, mengubah ukuran tampilan Sprite dan lain sebagainya. 

Modul 3 Scratch Jr
Modul 3 Scratch Jr

Blok mengatakan sesuatu
Blok ini berfungsi untuk mengatakan sesuatu pada Sprite. Blok ini bisa diganti dari kata asalnya yaitu "hi" menjadi kata atau kalimat lain sesuai dengan keinginan. 


Blok memperbesar ukuran
Blok ini berfungsi untuk memperbesar ukuran Sprite. Pada blok memperbesar ini dibawahnya ada angka yang bisa kita ganti sesuai dengan perubahan ukuran. Blok ini bisa kita gunakan saat program berjalan atau hanya kita gunakan saat sedang ingin memperbesar ukuran Sprite saja.

Blok memperkecil ukuran
Blok ini kebalikan dari blok memperbesar ukuran Sprite. Cara penggunaanya sama dengan blok memperbesar dan juga ada angka dibawah blok untuk mengukur seberapa kecil ukuran yang diinginkan.


Blok kembali keukuran semula
Jika pada blok sebelumnya kita dapat memperbesar dan memperkecil ukuran pada Sprite. Maka untuk blok ini berfungsi untuk mengembalikan ke ukuran semula. 

  
Blok menyembunyikan
Blok ini berfungsi untuk menyembunyikan Sprite. Jika kita menggunakan ini pada program, maka saat program dijalankan Sprite akan hilang dari stage.


Blok menampilkan
Blok ini berfungsi untuk menampilkan Sprite jika pada sebelumnya kita menggunakan blok menyembunyikan.




Post a Comment for "Modul 3 Scratch Jr Memperkenalkan Blok Tampilan"