Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Modul 4 Scratch Jr Memperkenalkan Blok Kontrol

Modul 4

Memperkenalkan Blok Kontrol

Untuk blok kontrol pada Scratch Jr adalah kelompok blok berwarna orange. Fungsi untuk blok kontrol adalah untuk memberhentikan program, mengulangin program berjalan dan lain sebagainya.

Modul 4 Scratch Jr
Modul 4 Scratch Jr

Blok menunggu
Blok menunggu berfungsi untuk memberi jeda waktu berhenti kemudian melanjutkan program selanjutnya. Artinya jika kita menggunakan blok menunggu, ketika ada dua blok bergerak kemudian tengah-tengah nya di sisipi oleh blok menunggu maka antara program blok gerak pertama ke blok gerak kedua memiliki jeda waktu tertentu. Waktu menunggu bisa kita atur sendiri, 10 artinya waktu menunggu 1 detik, 20 artinya waktu menunggu 2 detik, 30 artinya waktu menunggu 3 detik dan seterusnya.

Blok berhenti
Blok ini berfungsi untuk memberhentikan program yang berjalan.



Blok kecepatan
Blok kecepatan adalah blok yang berfungsi untuk mengatur kecepatan gerak atau kecepatan program lain berjalan. Blok kecepatan memiliki tiga opsi pilihan. 1 adalah blok dengan kecepatan lambat. Jika kita memilih blok kecepatan 1 ini maka program akan berjalan lebih lambat. 2 adalah blok dengan kecepatan sedang. 3 adalah blok dengan kecepatan lebih cepat. Jika kita menggunakan blok kecepatan 3 ini maka program akan bergerak lebih cepat.

Blok pengulangan
Blok pengulangan digunakan untuk melakukan pengulangan pada program yang berjalan. Semisal kita menggunakan blok bergerak 10 langkah dan di tambah dengan blok pengulangan, maka program akan bergerak 10 langkah secara berulang. Untuk blok pengulangan pada kelompok blok berwarna orange ini memilki waktu tertentu, artinya pengulangan akan berjalan sebanyak waktu yang ditentukan. Berbeda dengan blok pengulangan yang berada di kelompok blok berwarna merah.



Post a Comment for "Modul 4 Scratch Jr Memperkenalkan Blok Kontrol"