13/03/2020

Pengertian Activity Diagram

waskhas.com
Activity Diagram Login e-learning
Dalam perancangan Sistem Informasi, selain dibutuhkan DFD (Data Flow Diagram), Flowchart dan juga Use Case, kita juga harus memahami Activity Diagram. Apa itu Activity Diagram ?


Activity Diagram

Pengertian dari Activity Diagram adalah sebuah rancangan aliran aktivitas atau aliran kerja dalam sistem yang akan dijalankan. Jika kita sudah membahas perbedaan mendasar dari DFD dan Flowchart, dimana DFD lebih mengutamakan kepada aliran data dan Flowchart aliran kerja. Kemudian pertanyaan muncul lagi adalah apa perbedaan Activity Diagram dan Flowchart ?.

Secara garis besar, Flowchart menggambarkan aliran atau prosedur secara keseluruhan sistem secara logika sesuai dengan algoritmanya. Sedangkan untuk Activity Diagram lebih menggambarkan pada aktvitas awal hingga akhir dari suatu proses bisnis dalam sistem.

Activity Diagram juga digunakan untuk mendefinisikan atau mengelompokan aliran tampilan dari sistem. Activity Diagram memiliki komponen dalam bentuk tertentu yang dihubungkan dengan tanda panah, dan tanda panah tersebut mengarah pada urutan aktivitas sistem dari awal hingga akhir.

Fungsi Acticity Diagram

  • Memperlihatkan urutan aktivitas proses pada sistem.
  • Membantu memahami proses secara keseluruhan.
  • Activity Diagram dibuat berdasarkan sebuah atau beberapa Use Case.
  • Menggambarkan proses bisnis dan urutan aktivitas dalam sebuah proses. 


Komponen Activity Diagram

waskhas.com
Initial State
Initial State : adalah awal dimulainya suatu aliran kerja pada Activity Diagram dan pada sebuah Activity Diagram hanya terdapat satu Initial State.

waskhas.com
Final State
Final State : adalah bagian akhir dari suatu aliran kerja pada sebuah Activity Diagram dan pada sebuah Activity Diagram bisa terdapat  lebih dari satu Final State.

waskhas.com
Activity
Activity : adalah pekerjaan atau aktivitas yang dilakukan dalam aliran kerja.

waskhas.com
Decision
Decision : berfungsi untuk menggambarkan pilihan kondisi, dimana ada kemungkinan perbedaan transisi, untuk memastikan bahwa aliran kerja dapat mengalir ke lebih dari satu jalur.

waskhas.com
Marge
Marge : berfungsi untuk menggabungkan kembali aliran kerja yang sebelumya telah dipecah oleh Decision.

waskhas.com
Transition
Transition : berfungsi untuk menghubungkan activitas selanjutnya setelah aktivitas sebelumnya.

waskhas.com
Synchronization Fork
Synchronization Fork : digunakan untuk mencegah behaviour menjadi aktivitas yang pararel.(contoh : user dapat memilih menu yang dilakukan secara pararel)

waskhas.com
Synchronization Join
Synchronization Join : digunakan untuk menggabungkan kembali aktivitas yang pararel.

Untuk lebih lengkap silakan saksikan video berikut :



Bagikan

Jangan lewatkan

Pengertian Activity Diagram
4/ 5
Oleh