20/08/2019

Pengertian Data Flow Diagram (DFD)

www.waskhas.com

Dalam pengembangan sistem informasi dibutuhkan tahapan desain sistem, yang berfungsi sebagai perancangan untuk elemen-elemen komputer yang akan digunakan pada sistem baru. Alat bantu dalam perancangan desain sistem ada banyak macam nya, yang salah satu diantaranya adalah Data Flow Diagram atau disebut DFD.

Pengertian DFD adalah suatu model logika data atau proses yang dibuat untuk menggambarkan menggunakan simbol-simbol untuk merepresentasikan aliran data antara proses, penyimpanan data dan aliran ke dalam dan keluar sistem.

Penggunaan DFD dipolulerkan oleh DeMarco (1978) dan Gane & Sarson (1979) melalui  metodologi analisis sistem terstruktur (structured systems analysis methodologiies). Sehingga ada dua teknik dasar dalam pemakaian simbol-simbol DFD. Akan tetapi yang akan diterangkan pada postingan ini adalah simbol-simbol DFD yang serign digunakan :

Berikut adalah simbol-simbol yang sering digunakan 

Simbol-simbol ini akan diterangkan sekaligus dengan contoh sistem informasi penggajian, agar dapat langsung dipahami. 

1. Entitas Eksternal

Merupakan komponen DFD yang berada diluar sistem dan perannya adalah memberi input data ke sistem atau menerima output data/informasi dari sistem. Terkadang entitas eksternal ini diberi huruf sebagai indentitas semisal P untuk pegawai atau D untuk direktur.

www.waskhas.com
 
Dalam gambar diatas adalah simbol entitas eksternal dengan diberi nama Pegawai atau bisa juga ditulis dengan huruf P dalam sistem informasi penggajian. Pegawai akan dapat memberi input pada sistem semisal data_karyawan atau mendapat output dari sistem seperti slip_gaji.

2. .Proses

Proses memperlihatkan mengenai apa yang dilakukan oleh sistem, kaitannya dengan akifitas pengolahan data (perekaman, pengolahan, pembentukan informasi dsb). Setiap proses mempunyai satu atau lebih data input dan menghasilkan satu atau lebih data output.

www.waskhas.com


Gambar diatas adalah simbol dari proses (sis. inf penggajian) yang dari proses ini akan dapat menerima inputan dari pegawai seperti data_karyawan kemudian sistem memproses inputan tersebut sehingga menghasilkan output kepada pegawai seperti slip_gaji.

3. Data Flow 

Data flow (aliran data) adalah data yang mengalir di dalam sistem, tepatnya adalah : diantara dua proses, dari data store ke proses dan sebaliknya, dari entitas eksternal ke sistem dan sebaliknya. Penamaan pada sebuah data flow diusahakan sesuai mewakili objek data sebenarnya.

www.waskhas.com
Pada contoh data flow data_karyawan dan slip_gaji merupakan aliran data dari entitas eksternal menuju pada sistem dan sebaliknya.

4. Data store

Merupakan komponen yang berfungsi untuk menyimpan data atau file. Pandanga data store dilepaskan dari konsep file database atau arsip dokumen manual.

www.waskhas.com




Bagikan

Jangan lewatkan

Pengertian Data Flow Diagram (DFD)
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.