07/02/2020

Pengertian Use Case Diagram dan Contohnya



Use Case Diagram adalah sebuah penggambaran dari interaksi pengguna dengan sistem yang menunjukan hubungan antara pengguna dengan sistem. Use Case direpresentasikan dengan urutan langkah yang sederhana, sehingga mudah untuk dibaca.

Ada beberapa fungsi utama dari Use Case, diantaranya :
  1. Dapat memperlihatkan urutan aktivitas proses yang ada pada sistem.
  2. Menggambarkan proses bisnis dan juga aktivitas yang ada didalam sistem.

Use Case memiliki beberapa komponen yang biasa digunakan, diantaranya :

www.waskhas.com
Use Case
Use Case adalah fungsionalitas yang disediakan sebagai unit-unit yang saling bertukar pesan antar unit atau actor. Pada umumnya Use Case diberi nama dengan menggunakan kata kerja frase nama Use Case.


www.waskhas.com
Actor
Actor adalah orang, proses atau sistem lain yang berinteraksi dengan sistem informasi yang dibuat. Pada umumnya untuk penamaan pada Actor menggunakan kata benda di awal frase nama Actor.


www.waskhas.com
Asosiasi
Asosiasi adalah komunikasi antar Actor dan Use Case yang berpartisipasi pada Use Case Diagram atau Use Case yang memiliki interaksi dengan Actor. Asosiasi merupakan sebuah simbol yang dapat digunakan untuk menghubungkan link antar element.

Contoh sederhana dari ketiga simbol ini adalah sebagai berikut, yang merupakan Use Case Diagram dari "sistem informasi ojek online"


www.waskhas.com
Contoh Use Case Sistem Informasi Ojek Onlie


www.waskhas.com
Ekstend / Extend
Extend, relasi Use Case tambahan ke sebuah Use Case dimana Use Case yang ditambahkan dapat berdiri sendiri meski tanpa Use Case tambahan itu. Arah panah mengarah pada Use Case yang ditambahkan.


www.waskhas.com
Contoh Extend

www.waskhas.com
Include
Include, relasi Use Case tambahan ke sebuah Use Case dimana Use Case yang ditambahkan membutuhkan Use Case ini untuk menjalankan fungsinya. Arah panah Include mengarah pada Use Case yang dipakai atau mengarah pada Use Case tambahan.


www.waskhas.com
Contoh Include
www.waskhas.com
Generalisasi
Generalisasi, Hubungan Generalisasi dan Spesialisasi antara dua buah Use Case dimana fungsi yang satu merupakan fungsi yang lebih umum dari lainnya. Arah panah mengarah pada Use Case yang menjadi Generalisasi.


Contoh Generalisasi

Untuk keterangan lebih lengkap, simak video dibawah ini :


Bagikan

Jangan lewatkan

Pengertian Use Case Diagram dan Contohnya
4/ 5
Oleh