Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

e-Learning MOODLE | Cara Memasukan Peserta Kelas dalam Kursus

Setelah selesai membuat kelas kursus ( Cara membuat kelas kursus ), langkah berikutnya adalah bagaimana cara untuk memasukan peserta kelas ke dalam kelas kursus. Agar user peserta siswa dan guru dapat mengakses materi yang ada di dalam kelas kurus.

Bagaimana cara nya ?

Masuk terlebih dahulu sebagai admin.
Kemudian klik kelas yang akan di edit atau yang akan di masukan user siswa dan guru.
Klik peserta / metode pendaftaran

www.waskhas.com



Selanjutnya adalah klik Tambahkan metode lalu pilih sinkron kohor
yang dimaksud sinkron kohor adalah metode dimana kita memilih kelas yang telah kita buat sebelumnya di (cara buat kelas), sehingga tidak perlu memasukan satu persatu nama siswa.

www.waskhas.com


Kemudian cukup memilih kelas yang akan dimasukan dalam kelas kursus, contoh disini adalah XA, selanjutnya klik tambahkan metode.

www.waskhas.com

www.waskhas.com


Jika sudah sesuai tahapan yang diikuti, harusnya peserta siswa sudah terdaftar. Seperti pada contoh gambar dibawah ini, bahwa siswa yang terdaftar untuk kelas kursus bahasa inggris ada 11 siswa.

www.waskhas.com


Setelah perserta siswa sudah masuk dalam kelas kursus Bahasa Inggris, tahapan selanjutnya adalah mendaftarkan user guru. Supaya nanti fungsi user guru adalah memberikan dan memonitor kelas kursus yang ada.

Cara nya kurang lebih sama dengan cara mendaftarkan peserta siswa, hanya saya metode yang yang digunakan tidak dengan sinkron kohor karena jenis nya user guru hanya satu bukan seperti siswa yang berkelompok dalam satu kelas.

Berikut adalah tahapan-tahapan yang dijelaskan dengan gambar.

www.waskhas.com

www.waskhas.com

www.waskhas.com

www.waskhas.com

Terimakasih teman-teman, mungkin cukup sekian postinngan ini saya buat semoga bermanfaat. Buat teman-teman yang ingin mengetahui cara memasukan peserta kelas dalam kelas kursus dalam versi video, silakan cek video youtube dibawah ini :

e-Learning Moodle (4) | Cara Membuat Courses Moodle




Post a Comment for "e-Learning MOODLE | Cara Memasukan Peserta Kelas dalam Kursus"