13/08/2019

Komponen dari Sistem Informasi

Setelah kita mempelajari Pengertian Sistem Informasi, hal yang terpenting dalam sistem informasi adalah komponen-komponen di dalam nya. Kenapa dianggap penting ?, karena  dengan tanpa adanya enam komponen vital  ini sebuah sistem tidak akan berjalan dengan baik.

Berikut adalah komponen-komponen Sistem Informasi tersebut berserta penjelasannya :


www.waskhas.com

Input :

Elemen pertama dari Sistem Informasi adalah input, yang dimaksud input disini adalah semua data yang dimasukan ke dalam Sistem Informasi. Dalam hal ini termasuk dalam input adalah dokumen-dokumen, formulir-formulir dan file-file. Dalam kasus yang sama pada  pengelolahan buku sistem informasi perpustakaan, input nya adalah berupa dokumen dari nama-nama buku, jenis-jenis buku, formulir pendaftaran anggota baru, transaksi peminjaman dan lain sebagainya. 
Dokumen-dokumen tersebut dikumpulkan dan dikonfirmasikan ke suatu bentuk sehingga dokumen tersebut dapat di terima oleh pengelolah. Jika kita kembali pada pembahasan kemaren tentang pengertian sistem informasi, yang dimaksud disini input nya sudah berupa informasi bukan hanya data mentah. Pengelolahan tersebut meliputi : pencatatan, penyimpanan, pengujian dan pengkodean.

Proses :

Selanjutnya adalah proses yang merupakan kumpulan prosedur yang memanipulasi input sehingga dari masukan (input) tersebut dapat disimpan pada basis data dan kemudian akan diolah menjadi informasi yang lebih berguna oleh penerima. Dalam proses terdapat beberapa komponen yang saling berkaitan satu dengan yang lain untuk mendapat output yang diinginkan. Komponen yang maksud adalah : user, perangkat komputer, penyimpanan data, motode dan prosedur.

www.waskhas.com
User : yaitu sebagai pemakai dari sistem informasi komputer, sehingga sistem dalam komputer dapat digunakan dengan baik oleh user dan dapat mengeluarkan informasi yang dibutuhkan.

Perangkat Komputer : sebagai komponen pendukung sistem informasi yang termasuk peralatan komputer seperti, mouse, keyboard, CPU dan lain-lain.

Penyimpanan Data : berfungsi untuk pemakaian dimasa yang akan datang atau saat pencarian data dikemudian hari.

Metode dan Prosedur : metode merupakan teknik pengelolahan data yang diterapkan pada sistem informasi, sedangkan prosedur adalah penggambaran bagaimana manusia sebagai user dari sistem pengambilan keputusan.


Output : 

Merupakan keluaran atau hasil model yang sudah dikelolah menjadi suatu informasi yang berguna dan dapat digunakan oleh penerima. Contoh pada kasus perpustakaan adalah berupa dokumen pdf, yang disana terkandung informasi semisal informasi terkait transaksi peminjaman berserta data diri, jenis buku yang dipinjam, kapan waktu pengembalian dan lain sebagainnya.

Teknologi :

Elemen dari Sistem Informasi ini berupa bagian yang berfungsi untuk memasukan input, mengelolah input dan menghasilkan output. Ada tiga bagian yang ada pada teknologi, yaitu perangkat lunak seperti sistem software yang berjalan, perangkat keras (hardware) seperti keyboard, mouse dan lainnya, perangkat manusia seperti sistem analis, teknisi, programer dan lain sebagainya.

Basis Data :

Merupakan kumpulan data-data yang saling berhubungan yang tersimpan dalam perangkat komputer dan data tersebut akan diolah dengan bantuan perangkat lunak (software).

Kendali :

Elemen penting yang terakhir dari sistem informasi adalah kendali, yang mana merupakan tindakan yang diambil untuk menjaga sistem informasi agar berjalan dengan baik dan tidak terjadi kerusakan.


Bagikan

Jangan lewatkan

Komponen dari Sistem Informasi
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.