09/08/2019

Pengertian Sistem Informasi

www.waskhas.com

Sistem Informasi terdiri dari dua suku kata, yaitu Sistem dan Informasi, mari kita bedah satu persatu :


Sistem 

Adalah kumpulan dari elemen-elemen yang saling berkaitan dan berkerja sama untuk dapat memproses masukan (input) yang ditujukan kepada sistem tersebut sampai menghasilkan keluaran (output) yang diinginkan.

Pengertian lain menurut widikpedia sistem merupakan satu kesatuan yang terdiri dari komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi untuk mencapai suatu tujuan.

Sedangkan menurut para ahli, khususnya Harijono Djojodihardjo sistem adalah gabungan obyek yang memiliki hubungan secara fungsi dan hubungan antara setiap ciri obyek, secara keseluruhan menjadi suatu kesatuan yang berfungsi.


Elemen dari sistem 

www.waskhas.com
Untuk dapat mempermudah memahami elemen dari sistem, mari perhatikan contoh kasus sederhana dari sistem pengelolahan data buku diperpustakaan sekolah. Diilustrasikan bahwa pengelolahan sistem pengelolahan buku diperpuskaan tersebut masih sangat manual, seperti contoh :


  1. Penngelolahan buku masih secara manual dengan menggunakan buku catatan.
  2. Dalam buku catatan tersebut dibagi menjadi beberapa kelompok seperti catatan buku, catatan pinjaman, catatan anggota, catatan jenis buku dan sebagainya terkait transaksi peminjaman buku.
  3. Kemudia catatan tersebut disalin menggunakan Ms.word atau Mr.exel
Dari kasus sederhana itu, maka diperlukan sistem agar dapat mempermudah perpustakaan mengelolah data buku agar lebih baik lagi. Elemen dari sistem untuk pengelolahan data buku di perpustakaan tersebut adalah :

Tujuan Sistem :
Meningkatkan efisiensi dan efektifitas pengelolahan data buku diperpustakaan dan mempermudahkan pembaca dalam melakukan pencarian buku.

Batasan Sistem :
Batasan biaya yang akan dikeluarkan dalam pembuatan sistem informasi, batasan sistem data yang nanti dijadikan input atau batasan keluaran nya seperti apa. Sehingga tidak melebar kemana-mana.

Kontrol Sistem :
Kontrol pemasukan data (input), kontrol keluaran data (output), kontrol pengelolahan data dan sebagainya.

Input
Dalam kasus ini inputnya adalah dokumen file seperti nama-nama buku, jenis-jenis buku, data anggota dan lain sebagainya.

Proses
Yaitu elemen sistem yang berkerja untuk mendapatkan output dari input, yaitu sistem program itu sendiri.

Output :
Laporan administrasi pengelolahan buku dalam bentuk pdf.

Timbal Balik :
Pengevaluasian bagian output yang dihasilkan.

Informasi

Adalah kumpulan data yang telah ditransformasi menjadi bentuk yang lebih berguna bagi pemakai atau bisa dikatakan hasil dari pengelolahan data yang secara prinsip mempunyai nilai lebih dari pada data mentah. Sedangkan data sendiri merupakan fakta-fakta mentah yang belum diolah menjadi informasi.


Sehingga dapat di simpulkan sistem Informasi adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi tersebut untuk mendukung operasi dan menejemen sehingga menyajikan  informasi yang dibutuhkan. Sistem informasi sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses, algoritma, data dan kendali.

www.waskhas.com
ISistem informasi merupakan kombinasi dari orang (people), perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), jaringan komunikasi (communication network) dan sumber data yang dihimpun, ditransformasikan dan mengalami proses pengaliran dalam suata organisasi.

Video tentang Sistem Informasi:


Bagikan

Jangan lewatkan

Pengertian Sistem Informasi
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

1 komentar:

Tulis komentar