Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat DFD dengan Menggunakan Lucidchart

Pengertian DFD

Data Flow Diagram (DFD) adalah model dari sistem untuk menggambarkan pembagian sistem ke modul yang lebih kecil. Salah satu keuntungan menggunakan diagram aliran data adalah memudahkan pemakai/user yang kurang menguasai bidang komputer untuk mengerti sistem yang akan dikerjakan. 

Pengertian lain dari Data Flow Diagram (DFD) adalah suatu model logika data atau proses yang dibuat untuk menggambarkan menggunakan simbol-simbol untuk merepresentasikan aliran data antar proses, penyimpanan data dan aliran kedalam dan keluar sistem.

Penggunaan DFD dipolulerkan oleh DeMarco (1978) dan Gane & Sarson (1979) melalui metodologi ananlisis sistem terstruktur (structured system analysis methodologies). Selengkapnya di postingan: http://www.waskhas.com/2019/08/pengertian-data-flow-diagram-dfd.html

cara membuat dfd dengan menggunakan lucidcart

Menggunakan Lucidchart

Salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan dalam komentar di youtube saya adalah, aplikasi apa yang dapat membuat dfd?, software free apa yang dapat membantu membuat uml?, aplikasi membuat usecase dan lain sebagainya. Yang pada intinya mereka menanyakan bagaimana cara membuat uml, seperti usecase, dfd, class diagram dan semacamnya dengan menggunakan aplikasi.

Maka dari itu, saya akan merekomendasikan tools untuk dapat membantu kita untuk membuat Data Flow Diagram (DFD). Tools ini adalah Lucidchart, dimana menurut saya tools ini sangat mudah digunakan dan juga yang lebih penting adalah free. Yang kita butuhkan adalah hanya jaringan internet, karena Lucidchart merupakan web tools yang menyediakan banyak beragam diagram.

Teman-teman pertama cukup klik link berikut : https://www.lucidchart.com

Untuk login, teman-teman cukup menggunakan akun Google saja.

Kemudian, kita akan diarahkan pada halaman depan Lucidchart. Di halaman awal kita di tampilkan dokumen milik kita, jika kita sebelumnya pernah membuat diagram di Lucidchart, maka kita akan ditampilkan dokumen kita. Seperti pada contoh saya, terdapat 3 file, yaitu blank diagram, test dan sequence diagram.

membuat dfd menggunakan lucidchart

Untuk memulai membuat diagram baru klik new, kemudian kita akan disediakan banyak diagram yang dapat digunakan di Lucidchart. Contoh saya membuat Data Flow Diagram (DFD) untuk sistem informasi Penggajian.

membuat dfd menggunakan lucidchart


Cara penggunaan nya juga cukup mudah, tinggal pilih diagram apa yang ingin kita buat. Misalnya ingin membuat DFD, maka kita cari saja data flow dimana di dalam data flow sudah lengkap ada simbol-simbol yang biasa digunakan untuk DFD seperti simbol proses, simbol eksternal entity, simbol data flow, simbol data store dan simbol-simbol lain nya.



membuat dfd menggunakan lucidchart

Dalam Lucidchart juga kita dapat mengexport ke file-file seperti pdf, png, pjeg dan lain sebagainya. 
Mungkin cukup sekian untuk postingan kali ini, semoga bermanfaat.

1 comment for "Cara Membuat DFD dengan Menggunakan Lucidchart"