02/02/2020

Perbedaan Flowchart dan DFD (Data Flow Diagram)

Perbedaan Flowchart dan DFD 

Seperti diketahui bersama kita telah membahas Pengertian Flowchart pada artikel sebelumnya, bahwa Flowchart merupakan sebuah jenis diagram yang mewakili aliran kerja suatu sistem. Secara umum fungsi dari Flowchart adalah sebagai penggambaran, penyederhanaan rangkaian proses atau prosedur sehingga mudah dipahami berdasarkan urutan proses kerja.

Sedangkan DFD (Data Flow Diagram) sendiri merupakan seuatu metode maupun cara didalam membuat sebuah rancangan yang berkaitan pada bagian alur data yang berjalan pada sistem informasi. Jika kita melihat secara garis besar bahwa Flowchart dan DFD seperti memiliki kemiripan, namun tetap saja kedua diagram ini memiliki beberapa perbedaan yang mendasar dalam rancangan sistem informasi.

Berikut adalah perbedaan antara Flowchart dan DFD 

1. Flowchart lebih berfokus pada alur kerja dan DFD lebih berfokus pada alur data.

Diagram Flowchart lebih berfokus pada alur kerja user terhadap sistem, sehingga perancangan diagramnya harus jelas terlihat alur kerjanya dari awal sampai akhir dengan menggambarkan secara runtut jalannya proses kerja suatu sistem. Sedangkan DFD lebih mengfokuskan pada aliran data yang berjalan pada sistem informasi yang melibatkan user. Sehingga alur data yang berjalan dari sistem kepada user atau dari user kepada sistem memilki kerangka yang jelas untuk dipahami.

www.waskhas.com
Perbedaan Flowchart dan DFD

Berikut adalah Flowchart dan DFD dari sistem informasi kasir, dimana kita dapat melihat pada gambar 1 adalah Flowchart kasir dalam melakukan proses kerja perhitungan harga dagangan. Urutannya jelas dari start menghitung total harga sampai finish mencatat kembalian. Gambar 2 adalah DFD dari aliran data kasir, pelanggan sampai pemilik restoran ke dalam sistem.

2. Flowchart harus berurutan dan DFD bisa paralel.

Perbedaan yang mendasar dari DFD ada pada bagian proses alur data yang disajikan, dimana pada DFD aliran data bisa dipecah dari beberapa bagian. Sedangkan Flowchart alur dari data yang disajikan harus berurutan awal sampai akhir. Flowchart tidak memiliki alur data yang berparalel sebagaimana yang terjadi pada DFD.

www.waskhas.com
DFD bisa berparalel

www.waskhas.com
Flowchart harus berurutan

3. Flowchart bisa perulangan dan DFD tidak ada.

Dalam DFD proses data yang dilakukan lebih melibatkan user sehingga alur proses hanya dilakukan satu kali. Sedangkan untuk Flowchart proses alur yang dijabarkan ada bagian perulangan. Ambil contoh,ketika user akan melakukan pendaftaran, maka user tersebut harus melakukan prosedur-prosedur sesuai dengan arahan sistem pendaftaran. Setelah user tersebut selesai mendaftar, maka sistem akan kembali melakukan proses awal untuk user berikutnya.

4. Flowchart memiliki perhitungan dan DFD tidak memiliki perhitungan

Flowchart tidak selamanya ada perhitungan, akan tetapi pada beberapa kasus ada Flowchart yang harus menggunakan perhitungan dalam merancang alur datanya. Perhitungan tersebut dilakukan agar alur data yang telah dibuat tidak terjadi kekacauan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Flowchart ini harus dilakukan secara berurutan. Sedangkan untuk DFD tidak memerlukan perhitungan yang rumit yang melibatkan user.



Bagikan

Jangan lewatkan

Perbedaan Flowchart dan DFD (Data Flow Diagram)
4/ 5
Oleh

1 komentar:

Tulis komentar
avatar
Anonymous
22 June 2020 at 01:15

NICE PENJELASAN!! KAMSAHAMNIDA

Reply