19/04/2018

Inisiatif Negara Eropa Mengatasi Digital Divide

Berikut ini adalah contoh dari proyek-proyek, dimana negara di eropa mengatasi Digital Divide sumber dari: Foundation of Digital Government/ Digital Divide.

Proyek: Inisiatif Hungaria "Click on It Grandma!"


http://www.waskhas.com/2018/04/negara-eropa-mengatasi-digital-divide.html


Proyek ini adalah sebuah proyek yang prakarsai oleh Budapest Cultural Center, dimana tujuan dari proyek ini adalah  untuk meningkatkan keterampilan digital orang di usia lanjut. Dilunjurkan pada tahun 2002, program ini pertama kali ditawarkan oleh Budapest dengan gagasan untuk memungkinkan warga Hungaria di usia lanjut dapat berpartisipasi penuh dalam ekonomi dan supaya kualitas hidup mereka dapat meningkat melalui pogram ini.

Pemrakarsa menekankan bahwa orang di usia lanjut cenderung kurang terbuka terhadap hal hal baru semisal teknologi, sebab itu lah diperlukan program yang mendidik untuk mereka dapat mengikuti perkembangan teknologi baru. Terdapat sepuluh kursus berbeda yang ditawarkan, dan pada pelatihan ini difokuskan pada bagaimana menulis e-mail, menjelajah website, mencari dan menemukan informasi yang berguna serta mengelolah file digital.


Selama dan setelah kursus, peserta dapat memiliki akses ke titik titik komputer secara gratis, sesi pelatihan dilakukan dengan menggunakan teks book yang dikembangkan secara khusus, pelatih profesional membantu selama pelatihan. Karena keberhasilanya, program ini diperluas dan di ubah menjadi program pendidikan nasional, yang di tawarkan di 12 kota yang berbeda di Hungaria. Sekira 1.200 warga usia lanjur menyelesaikan kursus ini ditahun 2007.

Proyek: ECDL Initiative di Austria

http://www.waskhas.com/2018/04/negara-eropa-mengatasi-digital-divide.html

European Computer Driving Licence (ECDL) adalah penerapan sertifikasi keaslian Teknologi Informasi dan Komunikasi  di Eropa. Program ini berusaha untuk meningkatkan ketrampilan Teknologi Informasi untuk penyandang cacat dengan bertujuan agar meraka dengan mudah mendapatkan pekerjaan dan meningkatkan  kesadaran akan kebutuhan orang-orang cacat dikalangan masyarakat umum. Bahkan standar yang disediakan oleh yayasan ECDL disesuaikan untuk orang-orang dengan jenis cacat yang berbeda-beda, misalkan dengan output suara bagi tunanetra, mouse handsfree bagi orang yang lumpuh dan lain sebagainya.

Proyek: "Eldy in Piazza"

Untuk proyek ini (Eldy in Piaza) bertujuan untuk mendidik orang-orang daerah pedesaan bersama dengan komputer dan dapat mengakses internet. Diluncurkan oleh LMS Italy "Eldy" pada tahun 2009, pemrakarsa proyek ini mendidik dan memberikan pengetahuan luas tentang teknologi dengan menggunakan komputer juga dilengkapi materi-materi  pelatihan melalui kota-kota kecil di utara Italy. Edly menyatakan bahwa orang-orang yang berada di pedesaan  sering kekurangan akses internet dan jarang sekali menggunakan komputer, ini juga merupakan hasil dari keengganan untuk mencoba teknologi baru dalam budaya mereka.

Relawan dan pelatih profesional menawarkan sesi pelatihan gratis di platform yang telah di sesuaikan bagi pemula. Kursus Eldy menjelaskan kepada peserta bagaimana mereka mengirim e-mail, mengobrol dengan orang-orang melalui internet, menghubungi keluarga mereka dengan video call, bagaimana mengatur dokumen atau foto digital dan lain sebagainya.

Dalama dua dekade terakhir negara-negara anggota Eropa melakukan investasi besar untuk mengatasi ketidaksetaraan mengeanai akses terhadap teknologi inoformasi dan internet. Semoga ringkasan ini dapat menambah wawasan bagi para pembaca tentang Digital Divide. Untuk saran dan kritik bisa di sampaikan didalam komentar, sekian dan terimakasih

Bagikan

Jangan lewatkan

Inisiatif Negara Eropa Mengatasi Digital Divide
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.