Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Pupuk Organik Cair (Ala Dimas)

Salam tani pintar

Melihat harga pupuk kimia yang semakin melangit, dengan presentasi penghasilan yang kurang tentu. tidak rugi rasanya mencoba jalur laut saat jalur darat sulit dijamah. Artinya, mengapa kita tidak mencoba membuat pupuk sendiri dengan anggaran yang lebih minim namun dengan manfaat yang sama. Belum lagi manfaat bagi alam terutama tanah yang akhirnya lebih subur dalam rentan waktu yang relatif panjang.

http://www.waskhas.com/2017/02/cara-membuat-pupuk-organik-cair-ala.html

Sebagai pemuda yang aktif dan kreatif, kita harus berani melangkah demi kemajuan pertanian Indonesia yang dulu di kenal sebagai negara kaya dan subur, walau realita sering berkata lain. Para petani kini lebih banyak mengambil langkah instan ketimbang harus ribet sedikit. ayok, Bukan lagi jamannya petani adalah mereka orang orang yang kurang beruntung dibanding orang orang dengan seragam kerja yang berangkat kekantor. Rubah paradigmanya, mari sedikit membaca dan singsingkan lengan baju anda. Bahwa petani era ini adalah mereka yang pintar dan ulet.

Langsung ke eksekusi masalah saja. Untuk mengurangi pengeluaran anggaran terurtama soal pemupukan ada langkah yang bisa kita ambil dengan membuat pupuk sendiri. belum tahu bagaimana cara membuatnya. Hayok langsung wae.

|| Baca jugacara menyemai biji yang baik

A. BAHAN BAHAN

  1. Daun lamtoro
  2. Air kelapa
  3. Daun sengon
  4. Ati pohon pisang
  5. Tetes Tebu/molases alternatif gula
  6. Urea
  7. Mutiara
  8. Yakult/em4 

 

B. CARA MEMBUAT

  1. masukkan daun lamtoro, air kelapa dan daun sengon kedalam drum.
  2. cacah lembut ati pisang. Masukkan dalam drum.
  3. masukkan 4 kg tetes tebu, 2 kg urea, 1 kg mutiara, 3 tutup botol yakult/em4 kedalam drum.
  4. Setelah semua bahan tercampur, masukkan air hingga menyentuh bibir drum. Tutup rapat atau tindih menggunakan pemberat. Diamkan selama 3-4 hari. Air akan berubah menjadi merah kehijauan, atau merah terang atau hijau pekat. Tunggu hingga kira-kira bahan mengambang. Bila bahan mengambang aduk. Dalam 7 hingga 10 hari POC ORGANIK ekstrak lamtoro bisa digunakan.

 

C. CARA PENGGUNAAN

Gunakan setiap 7 sampai 10 hari sekali. Dengan cara di semprot atau di kocor. Dengan perbandingan 10 ml POC dicampur dengan air 1 liter. Atau bila menggunakan derigen cukup dengan 2 gelas POC.

 

D. CARA PENYIMPANAN

Simpan di tempat yang teduh menggunakan derigen, bila digunkan dalam jangka pendek bisa bertahan sampai ½ tahun atau dengan menambahkan molases bisa bertahan sampai 2 tahun.

 

CATATAN

  • PH air kelapa yang di gunakan tidak boleh kurang dari 5, dan kelapa yang sudah lama bisa digunakan asal dalam keadaaan tetutup.
  • POC ala Dimas ini berfanfaat untuk masa Vegetatif, adapun bila masuk fase generatif kita bisa menggantinya dengan NPK mutiara dengan kadar P dan K yang lebih tinggi ketimbang N nya.
Cukup mudah bukan, terbukti dengan membuat pupuk cair sendiri dirumah pengeluaran untuk membeli pupuk berkurang sampai 80%.

Post a Comment for "Cara Membuat Pupuk Organik Cair (Ala Dimas)"