08/02/2017

Cara Menyemai Biji yang Baik

Tidak sedikit diantara kita yang menyukai tanaman namun kadang terhalang oleh proses penyemaian yang kurang maksimal, opsi terburuknya tidak tumbuh. Di beberapa kasus ada sebagian diantara kita yang mengalami kegagalan saat melakukan penyemaian, padahal saat kita tidak sengaja membuang biji cabai di tanah dia tumbuh begitu saja, sebaliknya saat benar-benar ingin menanam justru malah gagal. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tips bagaimana menyemai biji agar cepat berkecambah.

http://www.waskhas.com/2017/02/cara-menyemai-biji-yang-baik.html

Sebenarnya mudah sekali kalau kita tahu trik-trik dalam penyemaian, salah satunya dengan memanfaatkan bumbu dapur yang sekilas sepele_bawang merah.

1. Siapkan biji yang akan di tanam,

sebelum melakukan penyemaian rendam biji pada larutan ZPT (Zat Pengatur Tumbuh) jenis Auksin selama kurang lebih 1 sampai 2 jam. Atau kita bisa memanfaatkan bawang merah karena bawang termasuk umbi yang mengandung senyawa Auksin. Caranya, iris tipis-tipis bawang merah atau di uleg. Lalu campurkan dengan air hangat kuku dalam wadah_kadang saya pakai gelas. Masukkan biji, seleksi biji yang mengambang, karena biasanya biji yang mengambang akan tumbuh lambat atau tidak tumbuh sama sekali.

2. Benamkan biji pada media tanam yang menurut anda paling baik, 

bisa menggunakan campuran tanah dengan kompos dan sekam metah/bakar. Lalu tutup tipis-tipis.Jangan siram dulu benih yang anda tanam, karena pada fase ini biji tidak membutuhkan air yang berlebih, tapi jangan sampai kering. Cara yang benar dengan spray saja atau menggunakan semprotan burung.

3. Simpan di tempat teduh yang tidak terkena sinar matahari (simat) langsung. 

Biji yang baru disemai akan kering._ yang di butuhkan tanaman pada fase ini lebih tepatnya adalah lembab, antara kering dan basah.

4. Biasanya pada usia 4 sampai 7 hari kecambah mulai tumbuh. 

Belum mulai disiram, masih gunakan spray saja. Saat usia tanaman mulai dewasa dengan tumbuhnya daun empat helai mulai kenalkan pada simat antara 1-2 jam saja.

5. Daun lebih dari 4 helai bibit sudah bisa di pindah pada media yang anda inginkan. 

Langsung di tanah atau dengan sistem tabulapot (tanaman buah pada pot) jadi benih apa yang sudah kalian siapkan untuk ditanam? Dengan mengenal 5 cara diatas kita bisa dengan mudah menyemai biji dengan presentasi keberhasilan sampa 90%, mudah bukan....?

Salam Tani Pintar !!!!

Bagikan

Jangan lewatkan

Cara Menyemai Biji yang Baik
4/ 5
Oleh