tag:blogger.com,1999:blog-16728204810125846952024-03-20T21:05:25.327-07:00waskhasBlog membahas materi datawarehouse e-learning tutorial artikel pengetahuan umumMasyhadyhttp://www.blogger.com/profile/09997109846880481980noreply@blogger.comBlogger192125tag:blogger.com,1999:blog-1672820481012584695.post-89981340702483146262024-02-11T00:41:00.000-08:002024-02-11T20:26:32.528-08:00Membuat Game Kenali Sampahmu di Bahasa Pemrograman Scratch Link asset untuk game kenali sampahmu:https://drive.google.com/drive/folders/1JO8TuE696BhXA3VUA2HshOijJCzWG9IR?usp=sharingVideo Youtube Game Sederhana Bahasa Pemrograman Kenali Sampahmu.Masyhadyhttp://www.blogger.com/profile/09997109846880481980noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-1672820481012584695.post-2553776795265567932023-12-25T15:31:00.000-08:002023-12-25T15:31:51.635-08:00Membuat Game Sederhana Flappy Bird dengan Menggunakan Scratch JuniorSetelah lama tidak membuat project game dengan menggunakan aplikasi Scratch Junior, kali ini saya akan kembali melanjutkan playlist Scratch Junior yaitu membuat game sederhana Flappy Bird. Playlist Scratch Junior sendiri sebelumnya sudah memiliki enam project yang dirilis. Project terakhir adalah membuat Game Sederhana (Roket) Menggunakan Scratch JuniorProject membuat game roket sendiri untuk Masyhadyhttp://www.blogger.com/profile/09997109846880481980noreply@blogger.com1tag:blogger.com,1999:blog-1672820481012584695.post-4816275246063403942022-02-19T03:09:00.086-08:002022-03-15T21:04:47.864-07:00Arduino Uno Project Lampu LED Perulangan for, while dan do-whileUntuk pembahasan kali ini, kita akan belajar tentang perulangan dengan menggunakan struktur for, while dan do-while pada project lampu LED berkedip Arduino Uno. Sebelumnya kita sudah membahas perkenalan komponen-komponen Arduino Uno dengan membuat project pertama untuk pemula dan juga membahas tentang variable di Arduino. Lebih lengkapnya kalian bisa baca di postingan berikut : Variable Masyhadyhttp://www.blogger.com/profile/09997109846880481980noreply@blogger.com1tag:blogger.com,1999:blog-1672820481012584695.post-77227092273702098432022-02-11T22:59:00.085-08:002022-02-11T22:59:00.217-08:00Universitas Swasta Terbaik Indonesia Versi WebometricsJanuari 2022 Webometrics mengeluarkan rangking terbaru untuk Universitas di dunia. Seperti biasanya Webometrics selalu memperbaharui peringkat untuk kampus-kampus di dunia dua kali dalam setahun yaitu bulan Januari dan Juli. Metode penilaian untuk menentukan peringkat Universitas silakan baca pada postingan : http://www.waskhas.com/2020/02/10-universitas-terbaik-di-indonesia-2020.html. UntukMasyhadyhttp://www.blogger.com/profile/09997109846880481980noreply@blogger.com2tag:blogger.com,1999:blog-1672820481012584695.post-78349793545020963042022-02-05T06:10:00.014-08:002022-02-05T06:10:00.227-08:00Tutorial Scratch Membuat Game Sederhana AnakKali ini saya akan menjelaskan Tutorial Scratch Membuat Game Sederhana untuk Anak. Gameplay permainan ini adalah menangkap buah yang jatuh, jika buah tidak dapat di tangkap oleh player maka game over. Selain buah ada hewan yang juga jatuh dari atas, apabila player salah menangkap hewan maka game juga selesai (game over). Setiap buah yang tertangkap oleh player, maka akan mendapatkan Masyhadyhttp://www.blogger.com/profile/09997109846880481980noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-1672820481012584695.post-91809741350249894332022-01-29T05:54:00.001-08:002022-01-29T05:54:00.197-08:00Variable dalam Program Arduino UnoUntuk postingan kali ini kita akan belajar tentang variable dalam program Arduino Uno. Seperti kita ketahui bersama bahwa dalam mengerjakan project pertama kita tentang lampu LED yang tertulis pada postingan Arduino Uno Project untuk Pemula, kita juga harus menulikan program agar lampu LED dapat menyala. Dalam penulisan program Arduino biasanya kita menggunakan nomor pin, tetapi sebenarnya Masyhadyhttp://www.blogger.com/profile/09997109846880481980noreply@blogger.com2tag:blogger.com,1999:blog-1672820481012584695.post-65380475424132898552022-01-23T22:09:00.002-08:002022-02-04T23:29:53.647-08:0010 Universitas Terbaik Indonesia 2022 versi WebometricsWebometrics kembali meng-update data peringkat untuk Universitas terbaik di seluruh dunia. Seperti yang kita ketahui, bahwa Webometrics dalam satu tahun selalu memperbaharui peringkat Universitas dua kali, yaitu di bulan Januari dan bula Juli.Sebelumnya waskhas.com telah memposting peringkat 10 Universitas terbaik di Indonesia bulan Juli 2021. Postingan kali ini kita akan memperingkatkan 10 Masyhadyhttp://www.blogger.com/profile/09997109846880481980noreply@blogger.com3tag:blogger.com,1999:blog-1672820481012584695.post-43448841334580148142022-01-22T00:24:00.000-08:002022-01-22T00:24:39.724-08:00Arduino Uno Project Lampu LED | Komponen-KomponenKali ini kita akan menjelaskan lebih mendetail tentang per komponen dari
project Arduino Lampu LED. Pada postingan Arduino Uno Project Pertama untukPemula kita sudah menjelaskan komponen-komponen apa saja yang digunakan. Maka
untuk kali ini kita akan membahas per komponen dari project Lampu LED, seperti
Papan Arduino, BreadBoard, Lampu LED, kabel USB dan Kabel Jumper.Jalur BreadBoardBreadBoard Masyhadyhttp://www.blogger.com/profile/09997109846880481980noreply@blogger.com1tag:blogger.com,1999:blog-1672820481012584695.post-64713984810017554952022-01-07T05:43:00.000-08:002022-01-07T05:43:09.887-08:00Arduino Uno Project Pertama untuk Pemula | Lampu LEDPada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial Arduino, project pertama untuk pemula yaitu lampu LED. Sebelum ke tutorial project pertama kita, saya akan sedikit memberikan penjelasan tentang apa itu Arduino Uno serta komponen-komponen apa saja yang diperlukan untuk project pertama kita ini.Pengertian Arduino UnoArduino Uno adalah salah satu mikrokontroler yang bersifat open
Masyhadyhttp://www.blogger.com/profile/09997109846880481980noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-1672820481012584695.post-20775910873121078392021-12-30T03:19:00.000-08:002021-12-30T03:19:00.216-08:00Studi Kasus Class Diagram Laporan BarangClass DiagramClass Diagram adalah diagram yang menggambarkan struktur dan deskripsi serta hubungan antar class tersebut.Karakteristik dasar Class Diagram terdiri dari :ClassAttributeMethodSelengkapnya : Pengertian Class DiagramStudi Kasus Laporan BarangStudi kasus laporan barang di ambil dari 2 dokumen, yaitu Form Permintaan dan Bukti Penyerahan Barang.Dari kedua dokumen ini memiliki asumsi Masyhadyhttp://www.blogger.com/profile/09997109846880481980noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-1672820481012584695.post-29632562466216559412021-12-22T21:07:00.148-08:002021-12-22T21:07:00.207-08:00Tutorial Lengkap Cara Membuat Game Labirin dengan Scratch 3Berikut adalah video lengkap cara bagaimana membuat game labirin dengan menggunakan scratch 3. Ada empat bagian video tutorial lengkap cara membuat game labirin. Bagian pertama yaitu membuat latarbelakang dan labirin nya, kemudian kita juga membuat karakter utama dalam game ini serta dengan blok programnya. Bagian kedua kita lanjutkan dengan membuat item yang jika karakter utama menyentuh item Masyhadyhttp://www.blogger.com/profile/09997109846880481980noreply@blogger.com1tag:blogger.com,1999:blog-1672820481012584695.post-8167899524528611332021-12-16T03:48:00.419-08:002021-12-16T03:48:00.212-08:00Membuat Game Sederhana (Labirin) dengan Menggunakan Scratch 3Game LabirinGame Labirin adalah game dimana player mencari jalan keluar serta terhindar dari musuh untuk mendapatkan diamonds. Saat player menyentuh dinding labirin maka player akan mengulang dari posisi awal. Player dilarang menyentuh enemy yang berjalan untuk menghalangi player mendapatkan diamonds, jika player menyentuh enemy maka permainan berhenti (Game Over). Player akan mendapatkan score 1Masyhadyhttp://www.blogger.com/profile/09997109846880481980noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-1672820481012584695.post-22389531807319957122021-12-09T05:23:00.413-08:002021-12-09T05:23:00.208-08:00Membuat Game Sederhana (Roket) dengan Menggunakan Scratch JrProject game kali ini adalah game Roket dengan menggunakan bahasa pemrograman Scratch Jr. Blok tambahan yang kita gunakan adalah blok suara. Untuk penjelasan semua blok program di Scratch Jr pernah saya bahas di Blog ini, silakan baca modul-modul Scratch Jr di submenu Scratch Jr. Roket adalah game sederhana dengan menggunakan hampir semua blok program yang ada pada Scratch Jr. Gameplay nya Masyhadyhttp://www.blogger.com/profile/09997109846880481980noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-1672820481012584695.post-43048860011049819182021-12-02T00:12:00.204-08:002021-12-02T00:12:00.219-08:00Rekomendasi Kampus Teknologi Informasi di JakartaJurusan Teknologi Informasi termasuk salah satu jurusan yang banyak diminati oleh calon Mahasiswa saat ini. Maka tidak mengherankan banyak Perguruan Tinggi di Indonesia memiliki fakultas yang menaungi Program Studi sistem informasi, teknik informatika, ilmu komputer dan jurusan lainnya yang masih satu tumpun di bidang IT. Dari banyaknya kampus yang menyediakan program studi IT, tidak semuanya Masyhadyhttp://www.blogger.com/profile/09997109846880481980noreply@blogger.com1tag:blogger.com,1999:blog-1672820481012584695.post-70630050586479230192021-11-24T22:00:00.140-08:002021-11-24T22:00:00.445-08:00Modul 4 Scratch 3 Mengubah Ukuran Sprite dengan ProgramModul 4Ukuran SpriteUntuk mengubah ukuran sprite pada pemrograman Scratch 3 biasa kita melakukannya di setting yang berada di Sprite. Kita dapat mengubah ukuran Sprite setiap kali kita sudah memilih Sprite. Mengubah ukuran di settingan Sprite sifat nya statis yang artinya saat program berjalan ukuran Sprite tidak dapat berubah. Berbeda saat kita menggunakan blok program untuk mengubah ukuran Masyhadyhttp://www.blogger.com/profile/09997109846880481980noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-1672820481012584695.post-8699214812038083032021-11-21T21:41:00.287-08:002021-11-21T21:41:01.208-08:00Membuat Game Sederhana dengan Menggunakan Scratch JrKali ini kita akan membuat project dengan membuat game sederhana menggunakan bahasa pemrograman anak Scratch Jr. Game sederhana pada project ini akan menggunakan semua kelompok blok yang pernah kita bahas sebelumnya kecuali kelompok blok suara. Kelompok blok suara nanti kita bahas pada Modul 6, sedangkan sejauh ini kita masih membahas sampai dengan Modul 5 yaitu blok perintah memulai program.CUTEMasyhadyhttp://www.blogger.com/profile/09997109846880481980noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-1672820481012584695.post-40736290554535141092021-11-18T03:06:00.158-08:002021-11-18T03:06:00.221-08:00Modul 3 Scratch 3 Blok GerakanModul 3Blok GerakanModul 3 ini akan menjelaskan tentang blok gerakan. Untuk kelompok blok gerakan dalam pemrograman Scratch 3 memiliki warna biru. Artinya kelompok blok ini memiliki fungsi untuk menggerakan Sprite, seperti melangkah, meluncur, berputar, mengarah dan lain sebagainya yang berkaitan dengan gerakan.Gerak (10) langkah adalah blok yang berfungsi untuk menggerakan Sprite melangkah.Masyhadyhttp://www.blogger.com/profile/09997109846880481980noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-1672820481012584695.post-73443119085517596432021-11-15T04:16:00.167-08:002021-11-15T04:16:00.212-08:00Modul 5 Scratch Jr Memperkenalkan Blok MemulaiModul 5Memperkenalkan Blok MemulaiBlok memulai disini maksudnya adalah blok yang berfungsi sebagai awalan blok perintah dalam pemrograman. Kelompok blok ini selalu berada di awal program, blok yang biasanya kita gunakan adalah blok ketika bendera hijau diklik. Dalam kelompok blok ini ada beberapa blok yang bisa digunakan seperti, ketika sprite diklik, ketika sprite bersentuhan dengan sprite yang Masyhadyhttp://www.blogger.com/profile/09997109846880481980noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-1672820481012584695.post-77000880183193310092021-11-10T22:26:00.121-08:002021-11-10T22:26:00.212-08:00Modul 2 Scratch 3 Blok Memulai Menjalankan ProgramModul 2Blok Memulai Menjalankan ProgramUntuk memulai menjalankan sebuah program pada Scratch 3 yaitu dengan menggunakan beberapa cara. Dimana cara nya adalah dengan menggunakan blok yang terkumpul dalam kelompok blok events/kejadian yang memiliki warna orange.Paling tidak ada 4 blok yang berfungsi untuk memulai menjalankan program :Pertama adalah dengan menggunakan blok "ketika bendara hijau Masyhadyhttp://www.blogger.com/profile/09997109846880481980noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-1672820481012584695.post-1585176884823147722021-11-07T00:17:00.002-07:002021-11-07T00:17:58.939-07:00Contoh Flowchart dan ReferensiFlowchart Pengertian Flowchart adalah sebuah jenis diagram yang mewakili aliran kerja suatu sistem, atau dapat mewakili algoritme yang menampilkan tahapan-tahapan langkah dalam simbol-simbol yang telah ditentukan. Sesuai dengan artinya jika dibahasakan Indonesia, yaitu diagram alir berarti Flowchart ini adalah diagram yang mengalirkan atau mewakili ilustrasi penggambaran penyelesaian sebuah Masyhadyhttp://www.blogger.com/profile/09997109846880481980noreply@blogger.com5tag:blogger.com,1999:blog-1672820481012584695.post-5817290008844913242021-11-04T07:18:00.150-07:002021-11-04T07:18:00.219-07:00Modul 1 Scratch 3 Mengatur SpriteModul 1Sprite Jika kita membahas tentang Scratch 3, maka kita tidak akan jauh dari bahasan Sprite. Mungkin jika kalian sudah pernah membaca blog saya tentang Scratch Junior, artinya kalian sudah mengerti apa itu Sprite.Kalian bisa baca lengkap tentang Scratch Junior di sini : Scratch JuniorSprite adalah sebuah karakter yang bisa digunakan dalam pemrograman Scratch. Sprite tidak hanya sebuah Masyhadyhttp://www.blogger.com/profile/09997109846880481980noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-1672820481012584695.post-24707779316306535962021-10-28T05:58:00.083-07:002021-10-28T05:58:00.237-07:00Modul 4 Scratch Jr Memperkenalkan Blok KontrolModul 4Memperkenalkan Blok KontrolUntuk blok kontrol pada Scratch Jr adalah kelompok blok berwarna orange. Fungsi untuk blok kontrol adalah untuk memberhentikan program, mengulangin program berjalan dan lain sebagainya.Modul 4 Scratch JrBlok menungguBlok menunggu berfungsi untuk memberi jeda waktu berhenti kemudian melanjutkan program selanjutnya. Artinya jika kita menggunakan blok menunggu, Masyhadyhttp://www.blogger.com/profile/09997109846880481980noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-1672820481012584695.post-40881352112250183182021-10-21T07:46:00.096-07:002021-10-21T07:46:00.308-07:00Modul 3 Scratch Jr Memperkenalkan Blok TampilanModul 3Memperkenalkan Blok TampilanSetelah sebelumnya menjelaskan tentang blok gerakan, untuk modul ini kita akan menjelaskan tentang blok-blok tampilan. Kelompok blok tampilan memiliki warna ungu, dimana pada kelompok blok tampilan lebih berfungsi untuk menampilkan Sprite, menyembunyikan Sprite, mengubah ukuran tampilan Sprite dan lain sebagainya. Modul 3 Scratch JrBlok mengatakan Masyhadyhttp://www.blogger.com/profile/09997109846880481980noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-1672820481012584695.post-73570073415744675992021-10-14T09:23:00.002-07:002021-10-15T03:37:54.050-07:00Modul 2 Scratch Jr Menambahkan Sprite dan LatarbelakangModul 2Menambahkan Sprite dan LatarbelakangSprite adalah sebuah karakter atau sesuatu yang bisa kita program seperti karakter manusia, hewan atau tumbuhan. Bahkan Sprite juga termasuk benda-benda seperti balon, mobil, rumah dan lain sebagainya. Banyaknya Sprite bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Oleh karena itu, untuk modul 2 ini kita akan belajar tentang bagaimana cara menambahkan Sprite dan Masyhadyhttp://www.blogger.com/profile/09997109846880481980noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-1672820481012584695.post-44958924499515833542021-10-07T09:15:00.001-07:002021-10-07T09:19:13.350-07:00Modul 1 Scratch Jr Memperkenalkan Blok GerakanModul 1Memperkenalkan Blok GerakanSebelum kita menggunakan program perintah gerakan pada Scratch Jr, akan sangat baik kita mengenal terlebih dahulu beberapa perintah gerakan. Berikut adalah beberapa perintah gerakan yang berada pada program Scratch Jr :Modul 1 Scratch JrBergerak ke kanan menggerakkan sprite ke kanan sebanyak beberapa langkahBergerak ke kirimenggerakkan sprite ke kiri Masyhadyhttp://www.blogger.com/profile/09997109846880481980noreply@blogger.com0