Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tutorial Scratch Membuat Game Sederhana Anak

Kali ini saya akan menjelaskan Tutorial Scratch Membuat Game Sederhana untuk Anak. Gameplay permainan ini adalah menangkap buah yang jatuh, jika buah tidak dapat di tangkap oleh player maka game over. Selain buah ada hewan yang juga jatuh dari atas, apabila player salah menangkap hewan maka game juga selesai (game over). Setiap buah yang tertangkap oleh player, maka akan mendapatkan score.

Tutorial Scratch Membuat Game Sederhana Anak

Tutorial Scratch Membuat Game Sederhana

Berikut adalah blok program untuk player, disini saya sengaja menggunakan player yang memang saya buat sendiri. Kemudian saya juga gunakan Bowl untuk menangkap buah yang jatuh dari atas.

Untuk gerakan gameplay player, dia akan bergerak ke kanan ketika saya tekan tombol panah kanan pada keyboard dan akan bergerak kekiri ketika tombol panah kiri pada keyboard ditekan. 

Bowl diprogram akan mendapatkan point 20 ketika menangkap buah apel dan point 10 ketika menangkap buah pisang. Tetapi ketika player menangkap hewan yang jatuh maka permainan selesai (game over). Usahakan buah apel dan pisang jangan sampai menyentuh tanah, karena ketika dua buah tersebut jatuh maka game juga selesai (game over).
Blok Perintah Bawl
Blok Program Bowl

 
Blok Program Player
Blok Program Player



Blok Program Pisang
Blok Program Pisang

Blok Program Apel
Blok Program Apel

Blok Program Hewan
Blok Program Hewan



Post a Comment for "Tutorial Scratch Membuat Game Sederhana Anak"