Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Variable dalam Program Arduino Uno

Untuk postingan kali ini kita akan belajar tentang variable dalam program Arduino Uno. Seperti kita ketahui bersama bahwa dalam mengerjakan project pertama kita tentang lampu LED yang tertulis pada postingan Arduino Uno Project untuk Pemula, kita juga harus menulikan program agar lampu LED dapat menyala. Dalam penulisan program Arduino biasanya kita menggunakan nomor pin, tetapi sebenarnya ada cara lain agar tidak perlu menuliskan nomor pin. Bagaimana caranya? mari kita belajar bersama.

Variable dalam Program Arduino Uno

Variable

Variable adalah pengganti nomor pin dalam program Arduino Uno. Jika sebelumnya penggunaan pin digital sebagai output langsung ditetapkan pada struktur setup (), seperti contoh berikut:

contoh penggunaan pin digital

Dimana jika bisa kita lihat "pinMode(2, OUTPUT)" artinya yang akan dijalankan ada pada jalur pin 2. Jika melihat contoh dengan lampu LED, berarti yang akan dijalankan adalah lampu LED yang jalur positif nya berada di pin 2. 

Maka kita bisa gunakan variable sebagai pengganti pin. Artinya, jika kita ingin menjalankan program pada lampu 1 yang berada di pin 2 kita cukup menggunakan nama variable saja. Contoh kita akan mengganti nomor pin 2 menjadi lampu1. Sehingga kita bisa menulis seperti berikut :

Contoh penggunaan variable

2 Cara mendeklarasikan Variable

Ada 2 macam cara untuk dapat mendeklarasikan atau memperkenalkan variable.

1. #define NamaVariable NomorPin

Contoh :

Contoh cara 1 deklarasikan variable

Contoh cara 1 deklarasikan variable


2. Int NamaVariable = NomorPin ;

Contoh :

Contoh cara 2 mendeklarasikan variable

Agar lebih memahami tentang Variable silakan tonton video berikut: Video project 5 Lampu LED dengan mendeklarasikan variable.

2 comments for "Variable dalam Program Arduino Uno"

  1. Postingan mengenai variabel dalam program arduino sangat bermanfaat gan. Saya juga menulis tentang Langkah Mitigasi Bencana Alam dan juga mengelola situs yang bernama Cara Mengatasi Youtube tidak bisa memutar video dan juga Contoh Strategi Marketing Terimakasih semoga sukses!

    ReplyDelete
  2. Bagaimana cara menggunakan variable untuk melakukan operasi matematika? Visit Us Telkom University

    ReplyDelete