Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tutorial Lengkap Cara Membuat Game Labirin dengan Scratch 3

Berikut adalah video lengkap cara bagaimana membuat game labirin dengan menggunakan scratch 3. Ada empat bagian video tutorial lengkap cara membuat game labirin. Bagian pertama yaitu membuat latarbelakang dan labirin nya, kemudian kita juga membuat karakter utama dalam game ini serta dengan blok programnya. Bagian kedua kita lanjutkan dengan membuat item yang jika karakter utama menyentuh item tersebut, maka item akan hilang dan score bertambah satu. Bagian ketiga adalah membuat enemy dari game ini. Bagian keempat adalah finishing yaitu dengan membuat garis finish, membuat audio gameplay dan audio item.

Tutorial buat game labirin bagian 1
Tutorial buat game labirin bagian 1

Video bagian satu menjelaskan bagaimana cara membuat dinding labirin, latarbelakang permainan dan karakter utama game. Blok program nya dibuat untuk karakter utama, yaitu dengan memerintahkan karakter bergerak kekanan ketika kita menekan tombol panah kanan, bergerak kekiri ketika kita menekan tombol panah kiri, bergerak keatas ketika kita menekan tombol panah atas dan bergerak kebawah ketika menekan tombol panah bawah. Selain itu juga blok program untuk karakter utama ketika menyentuh dinding labirin maka karakter utama akan kembali keposisi awal.


Cara membuat game labirin bagian 2
Tutorial buat game labirin bagian 2

Video bagian kedua menjelaskan tentang item yang ketika item disentuh oleh karakter utama maka item akan menghilang dan karakter utama mendapatkan satu point. Blok program yang digunakan cukup sederhana, yaitu dengan blok kontrol dengan syarat yang ketika karakter utama menyentuh item maka item hilang (menggunakan blok tampilan). Pada program ini kita menggunakan juga blok variabel untuk membuat score point. Item yang digunakan adalah 3 jenis, yaitu apel, pisang dan cristal.


Tutorial membuat game labirin bagian 3
Tutorial buat game labirin bagian 3

Video bagian ketiga menjelaskan tentang blok program musuh. Musuh dalam permainan ini berfungsi untuk mengganggu karakter utama mendapatkan item. Blok programnya adalah ketika karakter utama menyentuh musuh maka game over. Blok program musuh ini juga menggunakan blok gerakan dan berganti kostum agar lebih terlihat lebih bagus.


Tutorial buat game labirin bagian 4
Tutorial buat game labirin bagian 4

Video bagian terakhir ini adalah tutorial membuat game labirin untuk finishing. Kita membuat garis finish yang apabila disentuh oleh karakter utama maka permainan selesai. Selain blok program garis finish, kita juga membuat blok program music untuk gameplay dan effect item. 

1 comment for "Tutorial Lengkap Cara Membuat Game Labirin dengan Scratch 3"

  1. Postingan di blog ini mengenai Tutorial Lengkap Cara Membuat Game Labirin dengan Scratch 3 bermanfaat buat saya. terimakasih buat admin, sehat selalu dan diberikan rezeki yaa

    ReplyDelete