Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membuat Game Sederhana (Roket) dengan Menggunakan Scratch Jr

Project game kali ini adalah game Roket dengan menggunakan bahasa pemrograman Scratch Jr. Blok tambahan yang kita gunakan adalah blok suara. Untuk penjelasan semua blok program di Scratch Jr pernah saya bahas di Blog ini, silakan baca modul-modul Scratch Jr di submenu Scratch Jr

Roket adalah game sederhana dengan menggunakan hampir semua blok program yang ada pada Scratch Jr. Gameplay nya adalah Roket akan melewati meteor-meteor yang berjatuhan di luar angkasa, sehingga apabila Roket menabrak meteor yang jatuh maka game selesai. Game Roket ini memiliki 2 level. Jika Roket berhasil melewati dua level maka game finish, sedangkan apabila game over maka game akan berulang ke level awal.

Game Roket Scratch Jr

Berikut adalah step by step tutorial membuat game sederhana Roket dengan menggunakan pemrograman Scratch Jr.

1. Membuat 4 Halaman

Halaman 1 adalah halaman untuk gameplay level 1 yang berisikan sprite roket, dua meteor, tombol up dan sprite bumi (finish). Halaman 2 adalah halaman untuk gameplay level 2 yang berisikan sprite roket, tiga meteor, tombol up dan sprite bumi (finish). Halaman 3 adalah halaman untuk game over yang berisikan tulisan GAME OVER dan tombol start yang berfungsi untuk mengembalikan lagi Roket ke gameplay level 1. Halaman 4 adalah halaman finish, jika Roket berhasil melewati 2 level maka finish.

2. Halaman Satu

Halaman 1 Game Roket

Halaman 1 adalah halaman yang berisikan sprite Roket, dua meteor, tombol up, tulisan Level 1 dan bumi (finish). Roket memiliki ukuran sprite 6 ketukan lebih kecil, artinya kalian bisa menggunakan blok mengecilkan ukuran yang berwarna ungu dengan mengubah ukuran menjadi 6. Roket ini adalah player utama game, yang nantinya ketika tombol up di klik maka Roket secara perlahan akan naik keatas menuju bumi untuk melanjutkan level berikutnya. Berikut adalah blok program untuk sprite Roket :

Sprite Roket
Blok Program Roket

Keterangan Progam
Pertama adalah blok pesan. Blok menerima pesan ini berfungsi menerima pesan dari tombol up. Warna pesan berwarna merah yang juga sama dengan blok mengirim pesan dari sprite tombol up. Kemudian setelah blok pesan adalah blok melangkah keatas. Artinya ketika tombol up ditekan maka Roket akan melangkah keatas satu langkah.

Program kedua adalah blok pesan berwarna biru. Blok pesan ini berkaitan dengan halaman game over pada sprite "start" yang memiliki arti jika terjadi game over pada permainan maka Roket akan kembali keposisi awal dengan menggunakan blok kembalik keawal.

Program ketiga adalah blok ketika menyentuh sprite lain, kemudian blok suara dan blok ke halaman berikutnya. Perintah blok program ini memiliki arti jika Roket mengenai atau menyentuh sprite lain (meteor) maka akan menimbulkan suara dan game over (halaman 3).

Sprite selanjutnya adalah meteor. Untuk sprite meteor tidak disediakan oleh pemrograman Scratch Jr, jadi kalian bisa custom sendiri spritenya. Untuk jumlah sprite meteor dihalaman ini hanya dua. Jika memang menginginkan lebih silakan, sesuai dengan kebutuhan saja.

Sprite Meteor Game Roket
Blok Program Game Roket

Keterangan Program
Blok ketika bendera hijau diklik, maka program akan berjalan 8 langkah kekanan selamanya. Sebenarnya tidak harus 8 langkah karena sudah menggunakan blok selamanya. Fungsi program ini adalah agar meteor terus berjalan kekanan untuk menghalangi Roket yang sedang menuju bumi. Posisi kedua meteor disesuaikan saja dan untuk progam meteor kedua juga silakan menggunakan program yang sama dengan blok program meteor pertama. Yang membedakan hanya posisinya saja.

Sprite selanjutnya adalah tombol up. Tombol up juga tidak disediakan oleh Scratch Jr, jadi kita bisa custom tombol up sama seperti saat kita custom sprite meteor. Fungsi tombol up adalah untuk mengkontrol Roket agar bergerak keatas.

Tombol up Game Roket
Blok Program Tombol Up Game Roket

Keterangan Program
Blok program yang digunakan adalah ketika sprite keklik, maka program akan mengirim pesan. Pesan yang dikirim adalah pesan berwarna merah sesuai dengan blok pada program sprite Roket, yang artinya ketika tombol up diklik maka Roket akan bergerak keatas menuju bumi.

Selanjutnya adalah sprite bumi dengan ditambahkan tulisan finish. Adanya sprite bumi disini adalah agar ketika Roket sudah sampai menyentuh bumi, permainan di level tersebut selesai. 

Sprite Bumi Game Roket
Blok Program Bumi Game Roket

Keterangan Program
Blok program yang digunakan adalah ketika menyentuh sprite lain, blok suara dan blok ke halaman berikutnya. Blok program ini berfungsi ketika Roket menyentuh bumi maka akan terdengar suara menyentuh dan roket akan melanjutkan ke halaman level dua.

3. Halaman Dua

Halaman Dua Game Roket

Halaman dua adalah halaman yang berisikan sprite Roket, tiga sprite meteor, tombol up dan sprite bumi (finish). Untuk halaman dua ini sama persis dengan halaman pertama, hanya saja yang membedakan nya adalah level nya saja. Jika pada level satu hanya terdapat dua meteor maka untuk level ini terdapat tiga meteor dengan pergerakan yang lebih cepat dan berbeda.

Berikut adalah sprite Roket dan blok program yang berada di level dua. Blok program Roket level satu dan level dua sama saja.

Roket Halaman Dua Game Roket
Blok Program Roket Halaman Dua

Keterangan Program
Blok program pada halaman kedua sama dengan blok program pada halaman pertama. Blok menerima pesan (ungu) dan melangkah keatas. Blok menerima pesan (biru) dan blok kembali keawal. Blok ketika menyentuh sprite yang lain, blok suara dan blok melanjutkan kehalaman berikutnya.

Sprite selanjutnya dihalaman kedua adalah sprite meteor. Jumlah meteor untuk halaman kedua (level 2) adalah tiga, supaya membedakan dengan jumlah meteor pada halaman pertama (level 1). Blok program meteor dilevel dua agak sedikit berbeda dengan meteor di level satu untuk pergerakannya. Pergerakan meteor nya lebih cepat dan lebih random.

Meteor Level 2 Game Roket
Blok Program Meteor Level 2 Roket

Masih sama dengan halaman pertama berkaitan dengan sprite dan blok programnya, berikut adalah spite dan blok program halaman dua.

Tombol Up Halaman dua Game Roket
Blok Program Halaman Dua Tombol Up

Sprite Bumi Halaman dua Game Roket
Blok Program Bumi Halaman Dua Game Roket

4. Halaman Tiga

Halaman Tiga Game Roket


Halaman tiga adalah halaman game over yang berfungsi apabila Roket menyentuh atau menabrak meteor maka permainan selesai (game over). Game akan dimulai lagi dengan klik tombol start. Satu-satu sprite yang ada dihalaman tiga ini adalah tombol start. Berikut adalah blok program untuk tombol start.

Tombol Start Game Roket
Blok Program Tombol Start
Keterangan Program
Blok program yang digunakan adalah ketika spite diklik, blok suara, blok mengirim pesan (biru) dan blok ke halaman satu. Karena fungsi tombol start adalah untuk memulai lagi permainan, maka ketika tombol start diklik permainan akan kembali ke level awal. Blok mengirim pesan berwarna biru adalah blok pesan yang berhubungan dengan sprite Roket, yang memiki arti ketika tombol start diklik maka posisi Roket akan kembali ke posisi awal.

5. Halaman Empat

Halaman Empat Game Roket

Halaman empat disini adalah halaman terakhir dari game. Ketika Roket selesai sampai kebumi di level dua, maka game selesai. 



Post a Comment for "Membuat Game Sederhana (Roket) dengan Menggunakan Scratch Jr"