Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membuat Game Sederhana (Labirin) dengan Menggunakan Scratch 3

Game Labirin

Game Labirin adalah game dimana player mencari jalan keluar serta terhindar dari musuh untuk mendapatkan diamonds. Saat player menyentuh dinding labirin maka player akan mengulang dari posisi awal. Player dilarang menyentuh enemy yang berjalan untuk menghalangi player mendapatkan diamonds, jika player menyentuh enemy maka permainan berhenti (Game Over). Player akan mendapatkan score 1 apabila mendapatkan 1 diamond dan permainan selesai apabila player menyentuh garis finish.

Game Labirin Scratch 3

Cara Membuat Game Labirin dengan Scratch 3

Langkah awal untuk membuat game labirin dengan menggunakan Scratch 3 adalah membuat labirin nya. Karena dalam Scratch 3 tidak disediakan latarbelakang labirin, maka kita bisa custom latarnya agar menjadi labirin dengan pilih Choose A Backdrop-Paint. Kemudian bentuk latar agar menyerupai labirin. Jaga jarak antar dinding agar tidak terlalu sempit dan tidak terlalu lebar juga. Usahakan jarak antar dinding pas atau sesuai dengan ukuran Sprite/player.

Game Labirin Scratch 3

Setelah latar labirin sudah selesai di buat, selanjutnya adalah membuat Sprite untuk menjadi player utamanya. Sprite yang saya pilih adalah Taylor. Ukuran dalam membuat game labirin di contoh ini saya menggunakan ukuran 30.  

Game Labirin Scratch 3

Kita juga perlu mengubah sedikit Sprite Taylor. Kita akan membuat empat kostum Taylor, yaitu Taylor untuk menghadap kanan, kiri, atas dan bawah. Cara nya cukup mudah :
  • Hapus semua kostum kecuali pada kostum pertama.
  • Ganti nama akhiran dengan "kanan" karena posisi nya menghadap kekanan.
  • Gandakan kostum pertama, kemudian ganti nama belakang nya menjadi "kiri".
  • Kemudian ganti posisi Taylor agar menghadap kekiri dengan cara "blok semua anggota sprite, kemudian pilih horizontal".
  • Gandakan kostum kedua, kemudian ganti nama belakang nya menjadi "atas".
  • Kemudian ganti posisi Taylor menghadap keatas dengan cara "blok semua anggota sprite, kemudian putar ke arah atas".
  • Gandakan kostum ketiga, kemudian ganti nama belakang nya menjadi "bawah".
  • Kemudian ganti posisi Taylor menghadap kebawah dengan cara "blok semua anggota sprite, kemudian pilih vertikal".

Game Labirin Scratch 3


Selanjutnya adalah membuat blok program untuk Sprite/player utama. Kita akan membuat agar Sprite bergerak kekanan ketika kita menekan keyboard panah kanan. Berikut adalah susunan blok programnya.

Game Labirin Scratch 3

Keterangan Program:
"Jika keyboard panah kanan ditekan, maka Sprite akan berganti kostum Taylor-a kanan. Kemudian Spite akan bergerak kekanan selamanya".

Setelah arah kanan sudah selesai, langkah selanjutnya adalah mengarahkan Sprite ke arah kiri, atas dan bawah. Agar lebih mudah, silakan gandakan saja susunan program arah kanan kemudian ganti sesuaikan dengan kebutuhan Sprite seperti arah kiri, atas dan bawah. Berikut adalah susunan blok program nya: 
Game Labirin Scratch 3

Masih pada Sprite yang sama yaitu Taylor. Kita akan buatkan juga program agar ketika Sprite (Taylor) mengenai dinding labirin, maka Sprite akan kembali keposisi awal. Berikut adalah susunan programnya: Kita menggunakan blok sensing/sensor color () is touching () ?. Arti dalam blok ini adalah Sprite akan kembali keposisi awal yaitu pergi ke sumbu x dan y ketika color brown (Sprite/Taylor) menyentuh color blue (dinding labirin).
Game Labirin Scratch 3

Selanjutnya kita akan membuat diamonds nya. Pilih satu diamond yang sudah disediakan oleh Scratch 3. Atau jika kalian menginginkan benda lain yang akan di ambil oleh player silakan, banyak pilihan yang bisa digunakan. Untuk contoh ini saya menggunakan ukuran diamonds 150.

Game Labirin Scratch 3

Sekarang kita buat blok program pada diamonds. Sebelumnya buat dulu blok variabel "score" yang nantinya akan kita jadikan score ketika Sprite mengambil diamonds. 

Game Labirin Scratch 3

Keterangan Program :
Ketika bendera hijau diklik, diamonds berada diposisi x=-179 dan y=-52 (posisi awal) dalam keadaan score=0 dan diamonds terlihat. Kemudian keadaan tersebut berubah sampai diamonds menyentuh Sprite, score berubah menjadi 1 dan diamonds menghilang. 

Gandakan diamond menjadi beberapa dan letakan diposisi sesuai dengan kebutuhan game. Untuk progam masih sama dengan program sebelumnya, hanya saja perubahan ada pada posisi awal diamonds yaitu dengan blok perintah pergi ke sumbu x dan y.

Game Labirin Scratch 3

Akan kurang afdhol bila dalam game belum ada enemy nya. Maka kita butuh beberapa enemy yang kita bisa letakan dibeberapa spot untuk sekedar menghalangi player mendapatkan diamonds. Enemy yang saya gunakan adalah Sprite Jellyfish dengan ukuran 40. Pada contoh ini saya menggunakan 3 enemy. Tetapi kita jangan langsung memilih 3, gunakan 1 terlebih dulu untuk di program kemudian baru nanti bisa kita gandakan.

Game Labirin Scratch 3

Berikut adalah susunan blok program nya. Di sini ada 3 bentuk susunan blok program, yaitu blok ketika bersentuhan dengan Sprite kemudian Game Over, blok berganti kostum dan blok bergerak.

Game Labirin Scratch 3

Keterangan Program :
Blok Game Over : Ketika game berjalan, maka jika enemy bersentuhan dengan Sprite (Taylor) maka enemy mengatakan Game Over, tunggu satu detik kemudian semua berhenti.

Blok Berganti Kostum : Ketika game berjalan, selamanya enemy akan berganti kostum dari kostum-b ke kostum-c dengan jeda 0.5 detik.

Blok Bejalan: Ketika game berjalan, enemy akan berjalan ke bawah (sumbu x=-116 & y=80) dan atas (sumbu x=-116 & y=139) dengan jeda 0.1 detik selamanya. 

Game Labirin Scratch 3

Seperti disampaikan diatas, gandakan enemy menjadi beberapa dan letakan keposisi sesuai dengan kebutuhan game. Untuk program tidak ada yang diganti, hanya perubahan ada di letak gerak sumbu x dan y.

Game Labirin Scratch 3

Langkah terakhir adalah membuat garis finish. Garis finish ini berfungsi apabila Sprite sampai menyentuh garis finish artinya game selesai. Berikut adalah susunan blok perintahnya:

Game Labirin Scratch 3

Keterangan Program :
Ketika game sedang berjalan, jika garis finish disentuh oleh Sprite (Taylor) maka ada tulisan SELESAI dan game berhenti. Agar lebih menarik lagi silakan buat juga susunan program agar selamanya ketika game berlangsung terdengar suara video game.

Post a Comment for "Membuat Game Sederhana (Labirin) dengan Menggunakan Scratch 3"