Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Modul 5 Scratch Jr Memperkenalkan Blok Memulai

Modul 5

Memperkenalkan Blok Memulai

Blok memulai disini maksudnya adalah blok yang berfungsi sebagai awalan blok perintah dalam pemrograman. Kelompok blok ini selalu berada di awal program, blok yang biasanya kita gunakan adalah blok ketika bendera hijau diklik. Dalam kelompok blok ini ada beberapa blok yang bisa digunakan seperti, ketika sprite diklik, ketika sprite bersentuhan dengan sprite yang lain dan blok pesan. Mari kita bahas satu persatu.

Scratch Jr - blok memulai
Modul 5 Scratch Jr

Blok Ketika Bendera Hijau Diklik adalah blok yang sering kita gunakan yang berfungsi ketika bendera hijau diklik maka program akan berjalan. Blok ini sering digunakan karena dengan menggunakan blok ini untuk beberapa sprite dalam satu stage maka semua sprite akan berjalan bersamaan ketika kita klik bendera hijau. Berbeda dengan blok memulai lainnya yang syarat tertentu.

Blok Ketika Sprite Diklik adalah blok yang akan berfungsi atau akan bergerak ketika sprite diklik. Semisal dalam beberapa sprite menggunakan blok ini dalam satu stage, maka untuk menjalankan program kita harus klik satu persatu sprite yang ada. Akan tetapi blok ini sangat berfungsi saat kita hanya menggunakan satu sprite utama dalam satu stage seperti saat kita akan membuat sebuah program game.

Blok Ketika Bersentuhan dengan Sprite lain adalah blok memulai yang harus menggantungkan diri kepada sprite lain. Artinya sprite akan berjalan atau berkerja ketika bersentuhan dengan sprite lain. Sehingga sprite ini juga sangat cocok untuk dijadikan blok dalam membuat sebuah game. Semisal ketika sedang menjalankan karakter kemudian karakter tersebut berbenturan dengan sprita lain maka karakter tersebut akan mati.

Blok Pesan adalah blok yang saling berkaitan satu dengan yang lainnya. Ada dua blok pesan, yaitu blok menerima pesan dan blok mengirim pesan. Artinya ketika kita memiliki sprite dengan menggunakan blok menerima pesan, kita juga harus memilih sprite lain yang menggunakan blok mengirim pesan. Sprite yang menggunakan blok menerima pesan akan bergerak ketika ada sprite lain yang mengirim pesan.

Contoh sederhana seperti ini, saya memiliki dua sprite yaitu anak kecil dan kelelawar. Kemudian kita menginginkan anak kecil tersebut untuk menyuruh kelelawar terbang. Maka kita harus menggunakan blok mengirim pesan kepada anak dan menggunakan blok menerima pesan untuk kelelawar.

Caranya seperti ini :

contoh blok pesan
Dua Sprite Anak Kecil dan Kelelawar

Program untuk anak:
Program untuk anak
Ada Enam Pilihan Warna Pesan, Warna Pesan Harus Sama Antara Mengirim Pesan dan Menerima Pesan.
Program untuk Kelelawar:
Contoh program kelelawar
Jika Warna Pesan dari Blok Mengirim Pesan Adalah Merah, Maka Blok Menerima Pesan Juga Harus Berwarna Merah.



Post a Comment for "Modul 5 Scratch Jr Memperkenalkan Blok Memulai"