Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Modul 4 Scratch 3 Mengubah Ukuran Sprite dengan Program

Modul 4

Ukuran Sprite

Untuk mengubah ukuran sprite pada pemrograman Scratch 3 biasa kita melakukannya di setting yang berada di Sprite. Kita dapat mengubah ukuran Sprite setiap kali kita sudah memilih Sprite. Mengubah ukuran di settingan Sprite sifat nya statis yang artinya saat program berjalan ukuran Sprite tidak dapat berubah. Berbeda saat kita menggunakan blok program untuk mengubah ukuran Sprite. 

Modul 4 Scratch 3 Mengubah Ukuran Sprite

Mengubah Ukuran dengan Program

Untuk mengubah ukuran Sprite dengan menggunakan blok program kita bisa memilih blok tampilan yang berwarna ungu. Ada dua blok tampilan yang dapat digunakan untuk menggubah ukuran Sprite, yaitu ubah ukuran sebesar (10) dan atur ukuran ke (100)%.

Kedua blok untuk mengubah ukuran ini memiliki fungsi dasar yang sama yaitu mengubah ukuran pada Sprite. 

Ubah ukuran sebesar (10) adalah blok program yang berfungsi untuk mengubah ukuran Sprite. Perubahan ukuran Sprite yang terjadi adalah 10, artinya misalkan ukuran asal dari Sprite adalah 100 kemudian kita menggunakan blok program Ubah ukuran sebesar (10) maka Sprite akan berubah menjadi 110. Blok program ini ketika dijalan lagi maka Sprite akan berubah menjadi 120 dan terus berubah lipatan 10, yaitu 130, 140, 150 dan seterusnya. 

Ubah ukuran sebesar (10) juga bisa membuat Sprite menjadi kecil. Cara nya adalah dengan mengubah angka menjadi minis, contoh Ubah ukuran sebesar (-10) yang artinya Sprite akan berubah yang ukuran asalnya 100 maka Sprite akan menjadi 90. Kesimpulannya ubah ukuran sebesar (10) bisa mengubah ukuran Sprite baik dengan ukuran menjadi besar atau menjadi kecil sesuai nilai yang kita isi pada blok program.

Atur ukuran ke (100)% adalah blok program yang berfungsi untuk mengubah ukuran Sprite. Perbedaan dengan blok perintah Ubah ukuran sebesar (10) adalah nilai ukuran yang terjadi saat program dijalankan, dimana Atur ukuran ke (100)% bersifat statis. Contoh ketika kita memiliki Sprite dengan ukuran asal 50, kemudian kita beri blok program ini dengan nilai 100%. Maka Ukuran Sprite akan berubah menjadi 100 dan ketika program dijalankan lagi maka Sprite tidak akan berubah menjadi 200, 300 dan seterusnya karena sifatnya statis.

Blok program ini tidak cocok digunakan pada program yang kita ingikan sebuah Sprite menjadi besar secara berkala. Semisal kita membuat program dengan Sprite anak ayam. Kemudian anak ayam ini kita buat supaya membesar secara bertahap dari awalnya berukuran 80 kemudian menjadi 90,100 dan 110. Maka untuk program ini blok yang pantas digunakan adalah blok Ubah ukuran sebesar (10)



Post a Comment for "Modul 4 Scratch 3 Mengubah Ukuran Sprite dengan Program"