Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Modul 3 Scratch 3 Blok Gerakan

Modul 3

Blok Gerakan

Modul 3 ini akan menjelaskan tentang blok gerakan. Untuk kelompok blok gerakan dalam pemrograman Scratch 3 memiliki warna biru. Artinya kelompok blok ini memiliki fungsi untuk menggerakan Sprite, seperti melangkah, meluncur, berputar, mengarah dan lain sebagainya yang berkaitan dengan gerakan.

Modul 3 Scratch 3 Blok Gerakan


Gerak (10) langkah adalah blok yang berfungsi untuk menggerakan Sprite melangkah. Sprite ketika diberi blok ini, maka akan melangkah kedepan sebanyak langkah yang diinginkan. Contoh pada gambar ini adalah 10 langkah. tetapi pada dasarnya kita bisa mengganti berapa saja langkah yang diinginkan untuk bergerak.

Putar (15) derajat adalah blok yang berfungsi untuk memutar Sprite beberapa derajat. Disini ada dua blok yaitu berputar kekanan dan kekiri dengan 15 derajat. Untuk berapa derajat pemutaran Sprite bisa kita ganti sesuai dengan kebutuhan.


Pergi ke (posisi sembarang) adalah blok yang berfungsi untuk menjalankan suatu Sprite ke titik tertentu, dalam kasus ini adalah sembarang artinya berjalan kearah tidak menentu. Akan tetapi kita bisa ubah (posisi sembarang) dengan Sprite yang lain.

Artinya semisal kita memilki 2 Sprite yaitu kucing dan buah apel, kemudian kita menginginkan Sprite (kucing) berjalan mengarah ke Sprite lain (apel) maka kita bisa ubah (posisi sembarang) menjadi (apel). 
Modul 3 Scratch 3 Blok Gerakan
Contoh Blok Pergi ke (posisi sembarang)

Meluncur (1) detik  ke (posisi sembarang) adalah blok yang fungsi nya sama persis dengan blok Pergi ke (posisi sembarang) hanya saja pada blok ini diberi waktu, sehingga nantinya Sprite akan berjalan sesuai tenggang waktu yang diberikan contoh disini adalah selama 1 detik. Kita bisa mengganti waktu nya sesuai dengan kebutuhan. Semakin banyak waktu yang kita beri maka gerakan Sprite mengarah ketitik tertentu akan semakin lambat.

Pergi ke x: (0) y: (0) adalah blok yang berfungsi untuk meluncur ke sumbu x dan sumbu y. Jika kita menginginkan Sprite bergerak ke posisi tengah stage, maka kita bisa menggunakan blok sumbu x:0 dan y:0. Atau kita menginginkan Sprite bergerak keposisi tertentu, kita cukup ganti sumbu x dan sumbu y nya sesuai posisi yang kita inginkan.

Meluncur (1) detik ke x: (0) y:(0) adalah blok yang fungsinya juga sama dengan blok Pergi ke x:(0) y:(0). Hanya yang membedakan adalah adanya waktu dalam perjalanan meluncur keposisi tertentu dari sumbu x dan y.

Mengarah ke arah (90) adalah blok yang berfungsi untuk mengarahkan Sprite sesuai dengan posisi derajat. Pada contoh blok ini adalah mengarah ke 90 dejarat. Blok ini tidak bergerak, tetapi hanya mengarah atau menghadap saja.

Mengarah ke (pointer-mouse) adalah blok yang fungsinya sama dengan blok Mengarah ke arah (90). Perbedaan nya dengan blok ini adalah arah yang kita kehendaki, artinya kita tidak terpaku pada jumlah derajat saja. Tetapi kita bisa memilih Sprite lain untuk mengarahkan. Contoh bila kita memiliki 2 Sprite kucing dan apel, kemudian kita menginginkan Sprite (kucing) mengarah/menghadap ke arah Sprite lain (apel) maka kita bisa ganti (pointer-mouse) dengan (apel).

Modul 3 Scratch Blok Gerakan
Contoh Blok Mengaraj ke (pointer-mouse)



Post a Comment for "Modul 3 Scratch 3 Blok Gerakan"