Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Modul 2 Scratch 3 Blok Memulai Menjalankan Program

Modul 2


Blok Memulai Menjalankan Program

Untuk memulai menjalankan sebuah program pada Scratch 3 yaitu dengan menggunakan beberapa cara. Dimana cara nya adalah dengan menggunakan blok yang terkumpul dalam kelompok blok events/kejadian yang memiliki warna orange.

Modul 2 Scratch 3 Blok Memulai Program


Paling tidak ada 4 blok yang berfungsi untuk memulai menjalankan program :

Modul 2 Scratch 3
Pertama adalah dengan menggunakan blok "ketika bendara hijau diklik" yang artinya ketika kita menggunakan blok perintah ini program akan berjalan ketika kita klik bendera hijau.
Modul 2 Scratch 3
Kedua adalah dengan menggunakan blok "ketika tombol (spasi) ditekan" yang artinya ketika kita menggunakan blok perintah ini program akan berjalan ketika tombol spasi ditekan. Pada blok ini sebenarnya tidak hanya tombol spasi saja yang digunakan untuk memulai menjalankan program, tetapi masih banyak pilihan lain. Seperti tombol arah atas, tombol arah bawah, tombol kanan-kiri atau dengan menggunakan angka/huruf. Caranya adalah hanya klik (spasi) kemudian pilih tombol yang diinginkan.

Modul 2 Scratch 3 Blok Memulai program
Blok Memulai Menjalankan Program

Modul 2 Scratch 3
Ketiga adalah dengan menggunakan blok "ketika sprite ini diklik" yang artinya ketika kita menggunakan blok perintah ini program akan berjalan ketika sprite diklik.  
Modul 2 Scratch 3 Blok Memulai Program
Keempat adalah dengan menggunakan blok "ketika aku menerima (pesan1)" yang artinya ketika sprite menerima pesan program akan berjalan. Khusus blok perintah ini, kita harus menggunakan blok lain agar dapat berjalan. Karena blok menerima (pesan1) harus disertakan dengan blok "siarkan (pesan1)". 

Contoh : ketika kita membuat satu program dengan sprite yang terdapat perintah blok "ketika aku menerima (pesan1)" maka sprite tidak akan berjalan tanpa ada yang menyiarkan pesan1. Sehingga diperlukan 1 program lain dengan sprite lain yang menggunakan blok "siarkan (pesan1).
 

Post a Comment for "Modul 2 Scratch 3 Blok Memulai Menjalankan Program"