Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membuat Game Sederhana dengan Menggunakan Scratch Jr

Kali ini kita akan membuat project dengan membuat game sederhana menggunakan bahasa pemrograman anak Scratch Jr. Game sederhana pada project ini akan menggunakan semua kelompok blok yang pernah kita bahas sebelumnya kecuali kelompok blok suara. Kelompok blok suara nanti kita bahas pada Modul 6, sedangkan sejauh ini kita masih membahas sampai dengan Modul 5 yaitu blok perintah memulai program.

CUTE GAME

Game sederhana yang kita akan buat ini, kita beri nama Cute Game.  Dimana Cute Game adalah game sederhana yang gameplay nya hanya melompat ketika karakter utamanya diklik untuk menghindari musuh yang terus berjalan mendekatinya. Kemudian saat karakter utama mengenai musuh yang sedang berjalan maka permainan selesai atau Game Over. Baik kita langsung saja untuk memberikan tutorial bagaimana cara membuat game sederhana dengan menggunakan Scratch Jr.

Game dengan Scratch Jr

1. Buat 3 Halaman

3 Halaman Scratch Jr

Untuk membuat game sederhana ini kita membutuhkan 3 halaman. Halaman 1, adalah halaman yang berisikan karakter utama dan dua musuh. Halaman ini yang nantinya akan menjadi gameplay kita. Halaman 2, adalah halaman untuk Game Over

Halaman Game Over adalah halaman yang berfungsi saat karakter utama mengenai musuh yang sedang berjalan dan dinyatakan kalah. Halaman 3, adalah halaman pembuka sebelum game dimulai. Halaman ini hanya berisikan judul game (Cute Game) dan tulisan start untuk memulai game.

2. Buat Halaman Pertama

Halaman pertama Game Scratch Jr

Halaman pertama berisikan karakter utama yaitu Tac dengan mengubah ukuran menjadi 2 ketukan lebih kecil. Cara untuk mengubah ukuran karakter atau sprite adalah dengan menggunakan blok tampilan mengecilkan ukuran dan ubah menjadi angka 2 kemudian klik. Kemudian berikut adalah blok program yang digunakan Tac :

Tac Scratch Jr
program Scratch Jr
Keterangan Program

Ketika Tac diklik maka dia akan melompat dengan lambat sebanyak 5 langkah dan mengirim pesan (merah). Kemudian ketika Tac menyentuh sprite lain (musuh) maka halaman  akan berganti menjadi halaman kedua (halaman Game Over).

Halaman pertama selain berisikan karakter utama, juga diisi oleh dua karakter musuh yang akan mengganggu karakter utama dengan berjalan terus menerus. Untuk ukuran musuh diubah menjadi 5 ketukan lebih kecil. Berikut adalah blok program untuk kedua musuh:

Musuh Scratch Jr

Musuh Scratch Jr

Blok Program musuh Scratch Jr
Keterangan Program:

Kedua sprite musuh ini memiliki program yang sama, karena mereka akan secara bersamaan berjalan untuk mengganggu karakter utama. Yaitu, ketika menerima pesan (merah) maka Toc dan Crab akan berjalan dengan cepat 1 langkah kekiri secara terus menerus.

3. Buat Halaman Kedua

Halaman kedua Game Scratch Jr

Halaman kedua ini berisikan tulisan Game Over, karakter utama dan tulisan start. Fungsi halaman ini adalah halaman Game Over, yang artinya kertika gameplay berlangsung dan karakter utama menyentuh musuh maka permainan selesai (Game Over). Game bisa dimulai kembali dengan cara klik karakter utama (Tac). Berikut adalah blok program untuk halaman kedua :

Tac Game Scratch Jr
Program Halaman kedua Game Scratch Jr
Keterangan Progam :

Ketika karakter utama (Tac) diklik, maka kita kembali kehalaman pertama.

4. Buat Halaman Ketiga

Halaman ketiga Game Scratch Jr

Halaman ketiga ini adalah halaman yang dijadikan judul untuk game yang kita buat, disini saya membuat judul game ini CUTE JUMP. Untuk blok program yang digunakan adalah sebagai berikut :

Judul Game Scratch Jr
Program Halaman ketiga Game Scratch Jr
Keterangan Program :

Ketika karakter utama (Tac) diklik, maka kita akan memulai permainan dengan mengganti kehalaman pertama.

Post a Comment for "Membuat Game Sederhana dengan Menggunakan Scratch Jr"