Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Coding untuk Anak-Anak dengan Scratch

Jika kita berbicara tentang bahasa pemrograman atau coding, pasti bayangan kita akan mengarah pada kesulitan-kesulitan menyusun script atau tag-tag dan lain sebagainya. Sehingga kita akan sukar terlebih dahulu sebelum benar-benar memahasnya. 

Untuk tingkat SMK atau perguruan tinggi saja, jika sudah berbicara tentang coding maka banyak dari mereka yang sudah tidak tertarik untuk melanjutkan pembahasanya. Bagaimana dengan anak SD atau SMP? pastinya "mumet" bukan?

Tetapi itu sebelum mengenal bahasa pemrograman Scratch, coding sederhana yang diperuntukan untuk tingkat anak. Dengan Scratch, anak SD atau SMP sudah bisa belajar pemrograman, kemudian Apa itu Scratch ? 

mari kita bahas !!!

Belajar Coding dengan Scratch


Scratch memiliki dua versi, yaitu Scratch Junior dan Scratch 3. Tetapi keduanya tidak memiliki perbedaan yang siginifikan. Secara umum pengertian Scratch adalah bahasa pemrograman yang didesain untuk memperkenalkan konsep pemrograman komputer secara sederhana sehingga mudah untuk dipahami oleh siapapun dari berbagai latarbelakang.

Scratch juga merupakan pemrograman berbasis visual yang dapat digunakan untuk membuat animasi, aplikasi atau games. Dengan menggunakan Scratch, konsep pemrograman dapat dipahami dengan mudah dan menyenangkan, sehingga sangat cocok untuk anak yang ingin belajar coding.

Scratch mengajarkan kita untuk dapat menyusun blok-blok perintah kepada suatu object agar dapat berjalan sesuai perintah. Sehingga dengan Scracth kita diajarkan untuk berfikir nalar dan berfikir kreatif. Maka dari itu, Scratch sangat cocok untuk dijadikan pembelajaran coding untuk anak-anak.

Scratch Jr

Scratch jr memiliki lembar kerja sebagai berikut :

Belajar Coding dengan Scratch
 
Terdapat 16 tombol pada lembar kerja Scratch Jr, yang terdiri dari :

1.   Menyimpan
2.   Stage atau Panggung
3.   Tampilan mode presentasi
4.   Garis
5.   Mengganti latarbelakang
6.   Menambahkan teks
7.   Mengembalikan sprite
8.   Bendera hijau
9.   Halaman
10. Informasi projek
11. Membatalkan
12. Perintah pemrograman
13. Area pemrograman
14. Palete blok
15. Kelompok blok perintah
16. Karakter / sprite

Untuk lebih lengkap apa saja fungsi dari masing-masing tombol di lembar kerja Scratch Jr dan bagaimana cara menginstalnya bisa ditonton video berikut:



Scratch 3

Berikut adalah tampilan lembar kerja dari Scratch 3 :

Belajar Coding dengan Scratch
Untuk Scratch 3 memiliki 8 tombol di lembar kerja awal, yaitu :

1. Bahasa
2. Menu bar
3. Blok pelete
4. Area script
5. Stage
6. Sprite list
7. Sprite baru
8. Latar

Bagaimana cara menggunakan Scracth 3 atau cara menginstalnya dan mengetahui fungsi-fungsi dari tombol-tombol di halaman utama Scratch bisa di tonton video berikut :

Post a Comment for "Belajar Coding untuk Anak-Anak dengan Scratch"