Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memilih Web Hosting Terbaik

Sebelum membahas bagaimana cara memilih web hosting terbaik untuk website kita, ada baiknya saya akan sedikit menjelaskan apa itu hosting?

Pengertian Hosting

Hosting adalah tempat untuk menyimpan data dalam bentuk tulisan, gambar atau video dimana nantinya akan dikemas dalam suatu bentuk yang disebut sebagai website.

Jika kita analogikan, hosting diibaratkan sebagai kavling yang merupakan suatu bagian tanah yang dipetak-petakan dengan ukuran tertentu yang akan dijadikan tempat untuk mendirikan bangunan. Atau bisa dibilang, hosting adalah rumah bagi website di internet. Jadi kita harus pintar-pintar memilih hosting mana yang pas untuk dijadikan rumah website kita.

Cara memilih web hosting yang baik

Cara bagaimana untuk memilih hosting yang baik, pertama-tama kita harus mengetahui terlebih dahulu kebutuhan website yang akan kita bangun. Mungkin terkadang sulit untuk mengetahui kebutuhan website kita sendiri. Jadi saran saya adalah fokuskan pada apa yang menjadi prioritas dari website kita.

Untuk membantu teman-teman, daftar pertanyaan berikut mungkin bisa dijadikan acuan dasar sebelum memilih web hosting.

  • Platform apa yang akan kita gunakan untuk membuat website? misalnya ada wordpress, joomla, drupal dan lain sebagainya.
  • Konten apa yang akan mengisi website kita? apakah akan lebih banyak konten berupa video, konten gambar atau animasi misalnya.
  • Asal traffic website, yaitu darimana pengunjung website kita akan datang?
  • Frekuesi backup data, yaitu seberapa sering kita melakukan dan memerlukan backup data.
  •  Apa saja layanan tambahan yang kita butuhkan? misalnya email hosting.
  • Customer service.
Point pertanyaan diatas bisa dijadikan acuan kita sebelum memilih dan membeli web hosting. Setelah kita sudah mengetahui kebutuhan apa saja yang kita inginkan, sekarang lanjut pada panduan lengkap memilih web hosting terbaik.

Panduan Memilih Web Hosting Terbaik

1. Kualitas Performa Server

Performa server adalah layanan yang sangat penting untuk kita perhatikan, jangan sampai kesuksesan kita di internet tehambat hanya karena website yang sulit diakses. 

Ada banyak parameter yang perlu diperhatikan, misalnya adalah lokasi server. Tidak ada lokasi server yang lebih baik dari negara tempat para calon pelanggan berada, apabila kita ingin membuat website dengan calon pelanggan di Indonesia. Akan sangat baik bila kita memilih lokasi server juga berada di Indonesia.

Selain itu, kita perlu memperhatikan juga spesifikasi server yang berada di data center penyedia layanan hosting. Spesifikasi ini mencakup teknologi server, kecepatan prosesor (jenis prosesor maupun berapa core yang digunakan), kapasitas RAM, harddisk (apakah menggunakan SSD atau tidak), maupun network speed (semakin tinggi maka semakin baik kecepatan aksesnya).

Untuk mendapatkan informasi spesifikasi server, bisa dicari di website layanan web hosting yang bersangkutan atau bisa ditanyakan pada customer support.

2. Customer Support 24 Jam

Saya sangat menyarankan teman-teman untuk menggunakan layanan hosting yang memiliki tim customer support  yang berkualitas.

Idealnya tim customer support layanan hosting harus tersedia 24 jam. Ini artinya, mereka selalu siap sedia kapanpun kita membutuhkan bantuan teknis. Tidak hanya siap sedia, mereka juga harus mampu menyelesaikan permasalahan kita dengan baik.

Kemudian, perhatikan juga melalui cara apa kita dapat menghubungi mereka. Layanan yang baik pasti menyediakan banyak cara komunikasi untuk kita, misalnya seperti email, live chat maupun panggilan telepon.

Ada banyak layanan hosting tersedia di luar sana, namun tidak semua layanan hosting memiliki tim cutomer support yang baik. Jika kita menemukan pelayanan yang baik, maka jangan ragu untuk menggunakan layanan mereka.

3. Harga Terjangkau dan Berkualitas

Ketika memilih layanan web hosting yang berkualitas, pastikan kita mendapatkan harga terbaik. Harga yang kita bayarkan idealnya sesuai dengan paket maupun layanan yang kita gunakan.

Kita dapat membandingkan rincian spesifikasi maupun jenis paket antar layanan hosting berikut harganya. Tentu saja, perbandingan ini bersifat apple to apple. Level harga yang tinggi biasanya menawarkan jenis paket serta performa yang lebih baik.

Saya menyarankan agar kita benar-benar memperhatikan layanan yang kita gunakan. Pastikan kita mendapatkan harga terjangkau, namun tetap memperoleh layanan hosting terbaik.

4. Fitur Hosting

Fitur tambahan hosting bisa mendorong performa website kita secara maksimal. Oleh karena itu, kita harus perhatikan fitur-fitur apa saja yang ditawarkan oleh penyedia layanan hosting. Yang paling utama dari fitur hosting menurut saya adalah tentang kecepatan dan keamanan. Untuk informasi lebih lengkap, tenttu kita dapat menanyakan secara langsung pada tim support perusahaan penyedia hosting yang bersangkutan.

5. Review Pelanggan

Sebelum memutuskan layanan apa yang ingin kita gunakan, ada baiknya kita juga mempertimbangkan pendapat orang lain. Dalam hal ini, kita perlu melihat review dari pelanggan lain. Ada banyak sumber yang bisa kita telurusi, mulai dari blog hingga forum, guna mendapatkan ulasan mereka mengenai suatu layanan hosting.

Post a comment for "Cara Memilih Web Hosting Terbaik"