Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Domain, Manfaat dan Cara Membeli Domain Murah

Pengertian Domain

Domain adalah sebuah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi secara khusus sebuah server komputer agar lebih mudah diingat, daripada menggunakan IP (Internet Protokol) address. Tujuan utamanya adalah untuk mudah diakses oleh pengunjung pada sebuah website. 

Untuk nama-nama domain cukup banyak, tetapi secara umum domain sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu Generic Domains (gTLDS) dan Country-Specific Domains (ccTLDS).

Generic Domains (gTLDS) adalah sebuah nama domain yang berakhiran dengan .Com, .Net, .Org, .Edu, .Mil atau .Gov. Untuk jenis ini bisa juga disebut sebagai Top Level Domain, karena domain ini langsung dibawah root (titik dibelakang nama domain) serta tidak menunjukan domain berdasarkan negara. Sebab itu lah untuk jenis domain ini siapapun bisa mendaftar.

Country-Specific Domains (ccTLDS) adalah domain yang berakhiran dua huruf ektensi. Domain ini digunakan dan didaftarkan dimasing-masing negara, sehingga untuk jenis domain ini bisa disebut sebagai Second Level Domain. Contoh untuk jenis domain ini seperti; .co.id,.co.uk, com.gr, dan lain sebagainya.

Pengertian Domain, Manfaat dan Cara Membeli Domain Murah

Manfaat-Manfaat Domain

Ada beberapa manfaat domain yang dimiliki untuk sebuah website, diantaranya:

Membangun Personal Branding

Seperti yang juga disebutkan Manfaat Website pada postingan sebelumnya, personal branding dapat dibangun dengan mudah dengan menggunakan website portofolio. Begitu juga dengan menggunakan domain

Misalkan kita adalah seorang desainer grafis, dengan menggunakan website portofolio dan tertera nama domain kita, maka akan lebih menguatkan personal branding kita. Sehingga akan lebih banyak orang lain melihat karya karya yang kita sajikan dengan menggunakan nama bran yang kita miliki. 

Membangun Toko Online yang (terlihat) Kredibel

Domain adalah identitas kita, jika kita memiliki toko online yang sudah beroperasi dengan menggunakan website, maka dengan domain toko online kita akan lebih terlihat profesional dan kredibilitas toko kita dimata calon konsumen juga meningkat. 

Contoh saja jika kita ingin menjual hijab secara online, dengan menggunakan domain, kita bisa memilih nama yang sesuai dengan keinginan kita dan cocok dengan toko yang ingin kita bangun. Semisal dengan nama HijabOnline.Com, TrazHijab.Com atau nama nama yang lain. 

Perlu diingat, untuk penamaan domain kita harus pilih yang mudah diingat dan sesuai dengan toko yang kita bangun. Sehingga pengunjung akan mudah mengingat nama tersebut dan akan lebih mudah merekomendasikan toko kita pada orang lain.

Membuat Custom Domain untuk Blogger

Google melalui layanannya BLOGGER menjadi idaman bagi banyak blogger di Indonesia. Banyak blogger menggunakan layanan tersebut untuk dijadikan platform mereka menuliskan artikel, ide pemikiran, tutorial atau sekedar berbagi pengalaman. 

Tidak mengherankan jika layanan Google tersebut menjadi primadona bagi para blogger Indonesia. Selain mudah digunakan, BLOGGER juga gratis. Tetapi layanan BLOGGER ini menyematkan subdomain blogspot.com pada nama blog, sehingga akan sangat kurang terlihat personal bagi mereka yang ingin menjadikan BLOGGER sebagai tempat membangun personal branding mereka.

Solusi yang terbaik adalah dengan menggunakan domain sendiri, sehingga blog kita akan lebih personal. Semisal kita adalah seorang traveller, yang ingin memanfaatkan blog sebagai tempat berbagi pengalaman kita bisa beli domain untuk blog kita. Jadi jika kita memiliki blog dengan nama HadiJalan-jalan.blogspot.com, dengan kita membeli domain maka nama blog kita bisa berubah menjadi HadiJalan-jalan.com, HadiJalan-jalan.net atau HadiJalan-jalan.id misalnya. 

Sekarang bagaimana cara membeli domain yang murah?, yuk kita bahas.

Cara Membeli Domain Murah

Sebenarnya banyak jasa pembelian domain yang murah, tapi tidak banyak jasa pembelian yang murah dan berkualitas. Salah satu layanan penjualan domain yang mudah dan berkualitas adalah di Niagahoster

1. Silakan klik disini (beli domain murah)

2. Setelah itu, teman-teman scroll ke Layanan Niagahoster, dan klik pada bagian pembelian domain. Harga mulai dari Rp14.000,-

Cara membeli domain murah

3. Kemudian kita akan diarahkan pada menu, 'Cek Domain dan Beli Domain Murah Anda!'. Di menu ini kita cek terlebih dahulu nama domain yang akan kita gunakan. Saya contohkan dengan membeli domain Masyhady.xyz, kemudian klik cek domain. Tertera harga tiap-tiap domain, seperti untuk .com=Rp125.000, .xyz=Rp18.000, .net=Rp155.000, .online=Rp15.000, .tech=Rp30.000 dan .store=Rp30.000. Ingat, pilih sesuai kebutuhan teman-teman.

Cara membeli domain murah

4. Jika nama domain kita tersedia, maka akan diberiakan tanda centang hijau dan tertera harga yang nantinya kita bisa bayar. Di sini harga untuk nama domain Masyhady.xyz adalah Rp18.000,- saja untuk masa satu tahun. Harga yang cukup murah untuk sebuah domain. 

Cara membeli domain murah

5. Tahap selanjutnya adalah memilih tap yang tanpa hosting, karena di tutorial ini kita akan terapkan pada layanan BLOGGER, jadi kita akan membeli domain tanpa hosting. 

cara membeli domain murah

6. Selanjutnya adalah memilih metode pembayaran, sangat banyak pilihan yang teman-teman bisa pilih. Saya contohkan adalah dengan pembayaran di Indomaret.

cara membeli domain murah

7. Langkah terakhir sebelum checkout sekarang adalah mengisi biodata pembeli.

cara membeli domain murah

Sebenarnya langkah ke-7 ini adalah langkah terakhir sebelum kita membayar dan mendapatkan domain. Tetapi ada sebagian yang tidak berhasil checkout. Untuk itu ikuti langkah berikut :

Klik tanda keranjang toko yang ada di pojok kanan layar teman-teman.

cara membeli domain murah

Klik checkout sekarang dan isi dengan benar biodata teman-teman, pastikan formatnya benar. Kemudian pilih metode pembayaran.

Cara membeli domain murah

Cara membeli domain murah

Cara membeli domain murah


Terakhir Checkout Sekarang

Cara membeli domain murah

Setelah selesai langkah-langkah membeli domain murah, kita tinggal membayar di Indomaret (untuk contoh saya) sesuai dengan harga yang tertera. Semoga di artikel Pengertian Domain, Manfaat dan Cara Membeli Domain Murah ini bermafaat buat teman-teman. Terlebih buat yang ingin memiliki domain sendiri dan membangun personal branding melalui website.

Post a comment for "Pengertian Domain, Manfaat dan Cara Membeli Domain Murah"