Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

HTML Dasar | Pengertian dan Sejarah tentang HTML

< HTML >

Merupakan singkatan dari Hypertext Markup Language

Hypertext mengacu pada cara di mana halaman web (dokumen HTML) dihubungkan, jadi link yang tersedia pada halaman web disebut hypertext. Sedangkan untuk  Markup Language mengacu pada bahasa yang berfungsi untuk memberi tahu browser bagaimana sebuah konten yang ditampilkan.

Bahasa Markup tidak sama dengan bahasa pemrograman, dimana kita ketahui bahasa pemrograman harus memiliki struktur control, function, variable, pengulangan dan lain sebagainya.

Pengertian dan Sejarah tentang HTML

Maka secara bahasa HTML adalah bahasa markup atau instruksi teks yang membangun tampilan halaman website. HTML merupakan salah satu bahasa yang sering digunakan untuk membuat dan juga menampilkan halaman web di browser. 

Sesuai dengan namanya HTML adalah bahasa markup yang artinya kita dapat menggunakan HTML untuk "mark-up" dokumen teks dengan tag yang akan memberitahukan browser struktur untuk menampilkan sebuah desain layout web.

Dalam halaman website itu sendiri terdapat tiga elemen penting, yaitu: HTML, CSS dan javascript. 

pengertian dan sejarah HTML

Jika kita analogikan, HTML seperti tubuh kita. Di mana dalam tubuh memiliki anggota tubuh seperti kepala, tangan, badan dan kaki. Pun demikian dengan HTML, dalam halaman web HTML berfungsi untuk membuat <head> kepala, <body> badan dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk CSS, seperti pakaian atau aksesoris yang bisa kita gunakan untuk memperindah tampilan pada tubuh kita. Seperti warna-warni pakaian, jam tangan, topi, jas, dasi, sepatu dan lain sebagainya. Dalam halaman web juga demikian, css berfungsi untuk mempercantik tampilan dari halaman web yang sudah dibuat oleh HTML.

Javascript adalah otak dari tubuh kita, yang berfungsi untuk menggerakan anggota tubuh kita sesuai kehendak dan agar tetap fleksibel sesuai dengan kemampuan. Jika didalam website, setelah kita sudah memiliki tampilan halaman website yang indah selanjutnya adalah menciptakan fungsi-fungsi yang ada di halaman website agar berjalan dengan baik dan rapih.

Pengertian dan Sejarah HTML

Orang yang pertama kali menciptakan HTML adalah Tim Berners-Lee. Beliau juga orang yang menciptakan HTTP, WWW, Web Browser, Web Server dan Web page. HTML versi 1.0 dikenalkan pada tahun 1989, HTML versi ini memiliki kemampuan diantaranya hearding, paragraf, hyperteks, list, cetak tebal tipis pada teks. Versi ini juga mendukung peletakan gambar pada dokumen tanpa memperbolehkan meletakan teks.

Selanjutnya HTML versi 2.0 pada tahun 1995, versi ini menambahkan kualitas HTML yang terletak kemampuan untuk menampilkan suatu form pada dokumen. Dengan adanya form ini, maka kita dapat memasukan nama, alamat, saran dan kritik. HTML versi 2.0 ini merupakan pionir dari adanya homepage interaktif.

Pada tahun 1997 HTML versi 3.0 lahir, penambahan beberapa fasilitas barus seperti table. Versi ini yang disebut sebagai HTML+ karena sudah banyak penambahan fitur yang lebih fleksibel untuk membuat sebuah website yang lebih interaktif.

HTML versi 4.0 muncul pada tahun 1997, versi ini memuat banyak sekali perubahan dan revisi dari sebelumnya. Perubahan ini terjadi hampir semua perintah-perintah HTML seperti table, gambar, link, teks, meta, form dan lain-lain.

2009 HTML versi 5.0 lahir, versi ini adalah versi terbaru. Versi 5.0 adalah sebuah prosedur pembuatan tampilan web baru yang merupakan penggabungan antara HTML, CSS dengan javascript.


Post a comment for "HTML Dasar | Pengertian dan Sejarah tentang HTML"