06/10/2020

Pengertian Sequence Diagram dan Contoh nya

Teman-teman kali ini akan membahas tentang Sequence Diagram yang juga merupakan bagian dari UML (Unified Modeling Language).


Secara definisi sendiri Sequence Diagram adalah diagram yang menggambarkan hubungan atau kolaborasi dinamis antara sejumlah object. Sedangkan untuk kegunaan dari diagram ini adalah untuk menunjukan rangkaian pesan yang di kirim antara object juga interaksi antara object. Diagram ini menunjukan interaksi berdasarkan urutan, dengan kata lain Sequence Diagram ini menunjukan sesuatu urutasn peristiwa. Selain itu Sequence Diagram digunakan oleh pengembang dan profesional bisnis untuk mendokumentasikan proses atau memahami persyaratan pada sistem atau program baru.


Berikut adalah komponen-komponen dari Sequence Diagram :


  • Object - kumpulan berbentuk kotak yang mewakili sebuah class atau object. Kumpulan tersebut berfungsi untuk mendokumentasikan bagaimana sebuah object berprilaku sebuah sebuah sistem.
  • Activation boxers - komponen yang berbentuk persegi panjang yang menggambarkan waktu yang diperlukan sebuah object untuk menyelesaikan tugas. Lebih lama waktu yang diperlukan, otomatis activator boxer nya juga akan lebih panjang.
  • Actor - komponen yang berbentuk stick figure. Komponen ini mewakili seorang pengguna yang sedang berinteraksi dengan sistem.
  • Lifeline - komponen yang berbentuk garis putus-putus. Komponen ini biasanya memuat kotak yang berisi sebuah object yang berfungsi untuk menggambarkan aktifitas dari object.


Baca juga : Pengertian class diagram UML


Perhatikan ilustrasi berikut ini :

www.waskhas.com


Pada gambar diatas menunjukan interaksi yang terjadi di ATM. Lalu pertanyaan nya adalah "apa saja yang terlibat dalam transaksi di ATM ?"


Secara umum berikut adalah urutan transaksi di ATM, pertama seseorang akan pergi ke ATM untuk mendapatkan uang. Kemudian ATM berinteraksi dengan server bank dan rekening bank orang tersebut dan mulai di akses. 


Server bank dan rekening bank adalah bagian dari sistem ATM, sehingga ketiga benda ini adalah object. Kemudian orang yang sedang ingin mengambil uang berada diluar sistem. Dengan kata lain kita sudah mendapatkan dua komponen dari Sequence Diagram yaitu Actor dan Object. Untuk komponen lain nya seperti Lifeline dan Activation boxers bisa langsung diterapkan pada diagram nya.


Berikut adalah Sequence Diagram dari transaksi ATM secara lengkap :


www.waskhas.com



Bagikan

Jangan lewatkan

Pengertian Sequence Diagram dan Contoh nya
4/ 5
Oleh