11/10/2020

Kenapa ada Hari Santri Nasional ?

 

www.waskhas.com

22 Oktober 2020


Pernah berfikir kenapa ada Hari Santri Nasional ?


Padahal jauh sebelum ditetapkannya Hari Santri Nasional oleh Presiden dengan Kepres No 22/2015 kita tidak pernah tahu bahwa pada tanggal 22 Oktober ada peristiwa penting. Peristiwa apa itu?


Masyarakat pasti tahu pada tanggal 10 November adalah Hari Pahlawan, dimana pada tanggal tersebut kita diingatkan pada peristiwa hebat yang terjadi di Surabaya tahun 1945. Yaitu pertempuran berdarah para pahlawan yang dengan gagah berani bertempur melawan sekutu demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia. 


Jauh sebelum tanggal 10 November 1945, tepatnya pada tanggal 22 Oktober 1945 KH.Hasyim Asy'ari pendiri Nahdhatul Ulama (NU) bermaklumat Resolusi Jihad di Surabaya untuk berjuang menjaga Kemerdekaan Indonesia yang kembali ingin direbut oleh para Penjajah. 


Dilansir dari Portal Kudus: KH.Hasyim Asy'ari mengatakan ke santrinya jika perjuangan bela Tanah Air adalah keharusan buat tiap Muslim. "Bela tahan air dari penjajah hukumnya fardlu'ain atau harus tiap individu," tutur KH.Hasyim Asy'ari.


KH.Hasyim Asy'ari penyeru Resolusi Jihad 22 Oktober 1945 adalah cikal akan Hari Santri Nasional. Maka sepatutnya kita mengenang perjuangan para santri yang di pimpin oleh kakek dari KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dalam menjaga kemerdekaan Indonesia. 


Bung Karno berkata "Bangsa yang besar adalah bangsa yang mengenang jasa-jasa Pahlawannya". Maka sudah sangat tepat Bapak Presiden Joko Widodo menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional

Bagikan

Jangan lewatkan

Kenapa ada Hari Santri Nasional ?
4/ 5
Oleh