14/09/2020

Contoh Classs Diagram dan Penjelasannya

www.waskhas.com


Kali ini kita akan membuat contoh class diagram dengan studi kasus keranjang belanja online, dimana pada contoh ini saya menggunakan media lucidchart untuk membuat nya.

 

Tapi sebelumnya untuk mengetahui pengertian dari class diagram bisa cek di Pengertian Class Diagram UML agar lebih mudah untuk mengikuti materi ini.


Pertama kita akan membuat satu class yaitu class user, dimana class ini memiliki atribut seperti userId, password, loginStatus dan registerDate. Jangan lupa dituliskan juga visibility dan tipe data dari masing-masing atribut. 


Setelah atribut adalah method nya, dalam kasus ini yaitu varifyLogin dengan visibility bertanda (+) yang artinya adalah method ini bersifat public.

Berikut adalah contohnya :

www.waskhas.com

Class selanjutnya adalah administator, dimana hubungan nya dengan class user adalah relasi komposisi. Berarti administator merupakan subclass dari user, dimana semua atribut dan method yang ada pada class user secara otomatis berada di class administator juga. Meski begitu class administator juga memiliki atribut dan method sendiri. 

Berikut adalah contohnya :


www.waskhas.com


Kita perhatikan pada gambar di atas, semua atribut dan method yang ada pada class user seperti userId, password, loginStatus, registerDate dan varifyLogin juga dimiliki oleh class administator. Sehingga class administator memiliki 6 atribut dan 2 method, sedangkan class user masih tetap memiliki 4 atribut dan 1 method.

Kemudian class berikutnya adalah class customer dengan atribut customerName, address, creditCartInfo dan accountBalance, untuk method nya register, login dan updateProfil. Relasi class customer dengan user sama seperti class administator dengan user yaitu relasi komposisi.

berikut adalah contohnya : 

www.waskhas.com

Untuk lebih lengkap bisa cek video berikut ini :


Bagikan

Jangan lewatkan

Contoh Classs Diagram dan Penjelasannya
4/ 5
Oleh