30/04/2020

Cerita di Approve Monetize Youtube

www.waskhas.com
Masyhady Channel
Tepat tanggal 8 April 2020 channel Youtube saya Masyhady baru saja mencapai 4000 jam tayang dalam 12 bulan terakhir dan saat tulisan ini dibuat subscribers saya sudah berada diangka 1.344, yang artinya dua persyaratan mutlak itu sudah bisa untuk mengajukan monetize dari Youtube.

Youtube Channel saya berisikan tentang tutorial dari pembuatan game dengan software Construct 2, berbagi materi seputar sistem informasi, tutorial moodle, tutorial wordpress dan lainnya. Sebelumnya channel saya sudah pernah diuangkan di awal pembuatannya tahun 2016, tetapi saat ini syarat mutlak untuk dapat di monetization sebuah channel minimal harus memiliki 1000 subscribers dan memperoleh 4000 jam tayang dalam 1 tahun terakhir. Sedangkan dari tahun 2016 sampai 2019 channel saya seperti mati suri karena jarang upload dan subscriber pun hanya ratusan saja. Baru mulai memasuki awal tahun 2019 saya mulai aktif lagi.

Untuk dapat diterima monetize oleh pihak Youtube, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi selain dua syarat mutlak yang sudah disebutkan diatas. Diantaranya adalah video yang diupload harus original bukan video reupload dari channel lain, untuk lebih lengkap apa saja panduan agar dapat di monetization silakan baca sendiri di support.google.com.

Karena saya sudah mencapai dua persyaratan awal untuk di monetize, maka saya langsung mengajukan permohonan untuk bisa menjadi partner Youtube. Berhubung saya sudah memiliki akun adsense, jadi tidak perlu mendaftar lagi dan cukup untuk mengkaitkan channel saya dengan akun adsense yang sudah ada.

www.waskhas.com
Step 1 Review Parthner Program terms
Step 1 menandakan bahwa channel kita sudah mencapai 1000 subscribers dan 4000 jam tayang dalam 12 bulan terakhir. Channel siap untuk di review.

Step 2 Sign Up for Google Adsense
Step 2 adalah tahap mendaftar ke Google Adsense. Sedangkan pada kasus saya secara otomatis "Done" karena sebelumnya sudah dikaitkan ke akun Adsense milik saya. Untuk kasus lain, harus mendaftar terlebih dahulu untuk bisa melewati step 2 ini.

Step 3 Get Reviewed
Step 3 adalah review. Ini adalah step yang cukup krusial karena pada tahap ini channel kita akan di review, apakah layak untuk di monetize atau tidak. Lama review pada tiap channel berbeda-beda.


Email dari Youtube
Email ini datang tidak kurang dari 24 jam setelah kita sudah mencapai dua persyaratan mutlak pengajuan monetize. Hanya untuk menandai jika channel kita sedang pada tahap review, dan kita hanya bisa menunggu harap-harap cemas apakah cahnnel kita layak diterima atau tidak. 


Email di Terima Monetize
Butuh waktu 20 hari nunggu email dari Youtube, Alhamdulillah channel saya sudah bisa diterima. Menurut saya ini adalah waktu yang tidak lama, mengingat banyak channel yang harus menunggu sampai berbulan bulan hanya untuk mendapatkan kepastian apakan diterima atau tidak. Tapi ada yang lebih cepat dari 20 hari, bahkan ada yang hanya 1 Minggu sudah dapat email. Sekali lagi saya katakan, setiap channel berbeda-beda pada tahap review.

Mungkin itu saja yang bisa saya ceritakan tentang pengalaman saya mencapai 4000 jam pertama saya dalam kurun waktu 12 bulan terakhir dan menerima email approve dari Youtube. 

Bagikan

Jangan lewatkan

Cerita di Approve Monetize Youtube
4/ 5
Oleh

2 komentar

Tulis komentar