20/03/2020

Alasan Keyboard Laptop Sering Rusak

waskhas.com

Saat menulis postingan ini saya sedang menggunakan Keyboard Laptop baru. Karena itu saya akan membahas atau lebih tepatnya bercerita kenapa Keyboard di Laptop saya diganti dengan yang baru, dan juga akan membahas apa sih penyebab komponen ini rusak. 

Keyboard saya beberapa hari nya mengalami error, jadi tombol ENTER tidak berfungsi dengan baik. Bahkan saat saya sedang menulis tugas kuliah atau membuat postingan di waskhas.com entah bagaimana secara terus menerus ng-ENTER sendiri. Sehingga sangat mengganggu dalam aktivitas tulis menulis, terlebih sebagai mahasiswa tingkat akhir yang notabenya harus setia dengan revisi.

Bersumber dari beberapa artikel dan juga tukang service yang saya kunjungi, berikut adalah alasan kenapa Keyboard sering rusak :  

1. Sering digunakan diatas kasur, karpet atau sejenisnya.


Mungkin ini terdengar aneh oleh kita, dimana logikannya kok keyboard bisa rusak hanya karena laptop dimainkan diatas kasur. Begini penjelasaannya, karpet, kasur atau sejenisnya memiliki bahan yang lentur atau mudah mengempes saat benda yang lebih berat berada diatasnya seperti pada kasus ini adalah laptop. Sedangkan laptop sendiri adalah alat elektronik dimana terdapat kumpulan komponen komponen yang saling berhubungan satu sama lain yang juga memiliki aliran listrik. 

Jika kita memperhatikan bagian bawah pada laptop pasti terdapat lobang-lobang kecil seperti ventilasi yang gunakanya untuk memberikan udara keluar bagi mesin-mesin kecil pada laptop. Mesin laptop akan berkerja saat digunakan dan mesin jika terus menerus berkerja pasti membutuhkan udara untuk menghindari panas. Yang artinya jika mesin panas akan berdampak pada kerusakan, itu sebabnya setiap laptop pasti memiliki ventilasi. 

Maka jika kita bermain diatas kasur misalnya, ventilasi akan tertutup oleh permukaan bahan kasur dan mengakibatkan udara tidak dapat keluar. Jika terus dilakukan seperti itu, dimana saat mesin berkerja tapi ventilasi tertutup maka mengakibatkan panas pada mesin. Sedangkan keyboard yang merupakan salah satu komponen laptop, besar kemungkinan akan mengalami kerusakan. Paling tidak itu adalah penjelasan dari situkang service yang saya hubungi. 


2. Waktu yang sudah lama


Seperti layaknya elektronik lainnya, laptop juga demikian yaitu akan usang pada waktunya. Tidak bisa dipungkiri bahwa setiap mesin akan memiliki masa yang tidak selalu sehat. Sama manusia pun begitu, semakin bertambah umur semakin memiliki rentan masa kesehatan yang menurun. Apalagi laptop atau alat elektronik lainya yang sering digunakan, maka otomati akan memiliki masa nya untuk diganti atau diperbaiki.

Sepertinya kasus ini yang saya alami, dimana selama saya memiliki laptop ini yaitu Lenovo G40 baru kali ini mengalami kerusakan. Sudah hampir lima tahun-an saya selalu menggunakan Lenovo untuk aktivitas menulis blog, tugas kuliah bahkan sampai mengedit video untuk Youtube Channel saya yaitu Masyhady.

|| Baca juga : Mengembalikan File Foto yang Hilang di Facebook


3. Terdapat banyak debu atau pasir pada laptop


Kemungkinan lain dari kerusakan keyborad adalah masuknya debu yang berlebih atau pasir yang menyelip dibagian bawah tombol-tombol keyboard. Biasanya kejadian ini adalah pada laptop yang sering digunakan di ruangan outdoor, seperti taman atau lapangan, atau bisa juga pada ruangan indoor yang jarang dijaga kebersihannya sehingga debu bisa masuk lalu dibiarkan menumpuk pada keyboardDebu atau pasir yang menyelinap didalam tompol keyboard biasanya menyebabkan tombol sulit untuk ditekan.

Untuk masalah ini sebenarnya tidak terlalu bahaya, caranya cukup dengan membersihkan  menggunakan sikat alus. Atau juga dengan cara membuka bagian keyboard yang terselip debu atau pasir, kemudian membersihkannya hingga berfungsi seperti semula. Berbeda dengan kasus satu dan dua yang mau tidak mau harus diganti dengan keyboard baru karena sudah mengalami konsleting atau error pada keyboard.


4. Tertumpah cairan


Penyebab lainya adalah karena ketumpahan cairan, seperti air, minuman dan jenis cairan lainnya. Cairan yang tumpah ke keyboard laptop, akan menyebabkan tombol yang terkena cairan tersebut akan mengalami error dan tidak berfungsi seperti semula. Jika tidak begitu parah, jika tidak fatal mungkin hanya rusak pada salah satu tombol yang terkena cairan saja. Tetapi jika sudah mengenai mesin lain kemungkinan buruknya adalah error pada keseluruhan keyboard.

Jika error pada salah satu tombol saja yang terkena cairan, untuk mengatasinya adalah dengan memcopot tombol yang tidak berfungsi kemudian cepat-cepat dibersihkan. Dan jika sudah sampai seluruh tombol pada keyboard error, sepertinya harus cepat-cepat diganti dengan keyboard baru. Kenapa harus cepat-cepat, karena besar kemungkinan cairan tersebut akan menembus pada mesin-mesin inti laptop seperti harddist dll. 


5. Terlalu sering pencet salah satu tombol

Masalah ini terjadi bagi yang sering bermain game dilaptop, dimana biasanya mereka akan sering berkali-kali untuk menekan tombol yang serupa. Hal seperti ini bila dilakukan setiap hari dan terus menerus maka secara otomatis akan merusak tombol keyboard tersebut. Sebab itu di sarankan bagi yang sering bermain game untuk menggunakan keyboard eksternal.

Solusinya sama seperti pada kasus nomor satu dan dua adalah dengan mengganti keyboard baru. Karena biasanya kerusakan ini terjadi karena salah satu tombol keyboard sudah sampai pada kerusakan atau error, sehingga cara yang terbaik adalah dengan mengganti dengan yang baru.


6. Masalah ada pada driver


Masalah lainnya yang biasa muncul pada hardware (perangkat  keras) sebuah laptop atau komputer tidak akan jauh-jauh dengan yang namanya masalah pada driver. Apasih driver itu, driver adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk mengontrol kerja dari perangkat keras. Sehingga ketika driver tidak ter-instal dengan baik, maka keyboard tidak akan berkerja secara maksimal dan akan terlihat seolah olah rusak. Padahal hal ini cuma terjadi karena masalah instalasi driver keyboard. 

Hal yang dilakukan cukup mudah, tidak perlu untuk mengganti keyboard yang baru atau harus membungkar. Cukup dengan menginstal ulang driver atau mengupdate dengan driver terbaru.


7. Laptop terjatuh


Ini adalah masalah yang paling berat, jika laptop sudah terjatuh dan ketika laptop sedang digunakan lalu keyboard tidak berfungsi dengan baik maka kemungkinan bagian keyboard mengalami seperti gangguan pada port atau socket yang lepas dan kendor, atau mungkin keyboard retak.

hal terburuk adalah bukannya hanya pada keyboard saja yang rusak, ketika laptop sudah terjatuh kemungkinan terburuk ada pada komponen-komponen laptop yang lain seperti Hardist, RAM hingga Prosesor. Solusinya jelas harus langsung untuk di service untuk mengetahui kerusakan apa saja yang bisa diperbaiki atau bahkan diganti.


Bagikan

Jangan lewatkan

Alasan Keyboard Laptop Sering Rusak
4/ 5
Oleh