13/02/2020

Haruskan Matuidi di Pertahankan

www.waskhas.com
Sumber Gambar : https://www.ligaolahraga.com/bola/juventus-segera-perpanjang-kontrak-blaise-matuidi

Pada giornata ke 23 Serie-A, Juventus harus mengalami kekalahan yang ke tiga di musim ini oleh Verona dengan score 2-1, sebelumnya Sang Raksasa Italia juga harus tumbang oleh Napoli dan Lazio. Kekalahan di kandang Verona ini juga mengakibatkan tergesernya dari posisi puncak Serie-A oleh Inter Milan yang pada hari setelah nya menang dari tim sekota Ac Milan. 

Pada postingan ini saya tidak akan membahas kekalahan Juve atas Verona, melainkan akan membahas gelandang asal Prancis milik I Bianconeri yaitu Blaise Matuidi.

Kenapa harus membahas Matuidi ?

Dari beberapa pemain tengah milik Nyonya Tua nama pemain yang sekarang berusia 32 tahun ini selalu jadi bahan pembahasan. Paling tidak dari para Juventini Indonesia di Grup Facebook yang saya ikuti, baik itu dari performa dia di lapangan atau apa saja yang bisa dibahas oleh Juventini lain nya. Terlebih banyak yang beranggapan pemain ini sudah tidak layak untuk dipertahankan, atau bahkan di mainkan. Walau nyatanya Matuidi menjadi pemain ke-2 gelandang yang sering dimainkan setelah Pjanic, dengan jumlah bermain 19 dari 23 pertandingan. 

Karena rasa penasaran maka saya akan mencoba membuka fakta yang bersumber dari whoscored, dimana kita ketahui website ini memberikan score pada pemain dari setiap laga yang dimainkan.  

Dari hasil yang saya catat, urutan gelandang yang sering di mainkan oleh Maurizio Sarri yaitu Pjanic dengan jumlah bermain 21 dari 23 pertandingan, dilanjutakn urutan ke dua Matuidi dengan jumlah 19 pertandingan. Kemudian Bentancur di urutan ke tiga dengan jumlah bermain 16 kali, disusul oleh Rabiot 15 kali main, Khedira dengan 12 kali main dan terakhir ada Emre Can dengan 8 kali main. 

Saat di mainkan dilapangan, Pjanic dan Bentancur merasakan 3 kali hasil imbang dan 3 kali kekalahan. Tetapi Pjanic lebih baik karena berhasil merasakan kemenangan dengan jumlah 15 laga yang artinya memiliki presentase kemenangan 71%. Sedangkan Bentancur memiliki persentase kemenangan 62 %, dari hasil 10 kali menang.

Bagaimana dengan Matuidi ?

Dari tiga gelandang Juventus dengan jumlah main teratas Pjanic (21 main), Matuidi (19 main) dan Bentancur (16 main), Matuidi lebih baik dengan presentase 78% kemenangan. Matuidi mengalami kekalahan dua kali dan hasil imbang 2 kali, sedangkan memiliki jumlah kemenangan 15 kali laga. 

Sedangkan untuk urusan score pemain pada setiap laga, jika dirata-rata dari hasil bermain maka Pjanic menjadi gelandang yang memiliki score tertinggi yaitu 7.09, disusul oleh Bentancur dengan score 7.08, selanjutnya ada Rabiot dengan 6.70.

Matuidi ada di urutan ke empat dengan score 6.57. Khedira dan E.Can mendapatkan score masing-masing secara berurutan 6.45 dan 6.33.

Dari fakta ini, bagaimana menurut kalian ? apakah masih perlu dipertahankan Matuidi ?


www.waskhas.com
www.waskhas.com



Bagikan

Jangan lewatkan

Haruskan Matuidi di Pertahankan
4/ 5
Oleh