Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Universitas Terbaik di Indonesia 2020

Sebelum kita memaparkan kampus mana saja yang termasuk dari 10 Universitas Terbaik di Indonesia 2020 versi Webometric, akan lebih baik untuk mengetahui terlebih dahulu apa itu Webometric, dari mana asalnya, apa tujuannya dan bagaimana indikator penilaiannya.

Baik yang pertama apa itu Webometric ?. Webometric adalah sistem peringkat untuk universitas-universitas di dunia berdasarkan pada gabungan indikator yang memperhitungkan baik itu dari volume, isi Web, visibilitas dan juga dampak dari publikasi Web sesuai dengan jumlah pranala luar yang diterima. Webometric sering juga dikenal dengan Ranking Web of Universities.

Dari mana asal Webometric ini ?. Peringkat dari universitas-universitas dunia ini diterbitkan oleh Cybermetrics Lab, yaitu sebuah kelompok peneliti dari Dewan Peneliti Nasional Spanyol yang berlokasi di Madrid.

Sedangkan tujuan dari Webometric adalah untuk meningkatkan kehadiran akademik dan institusi peneliti di Web serta dapat mempromosikan kehadiran publikasi ilmiah terbuka. Dalam 1 tahun Webometric memperbaharui peringkat universitas dua kali, yaitu dibulan Januari dan Juli.

Bagaimana dengan indikator penilaiannya ?. Pada peringkat universitas-universitas dunia versi Webometric terdapat 4 peringkat, yaitu Presence Rank, Impact Rank, Openness Rank dan Excellence Rank.

  • Presence Rank adalah total jumlah web (menurut Google, tidak termasuk file pdf.) Bobot : 10%
  • Impact Rank adalah penilaian yang diperoleh dari dua penyedia inlinks yaitu ahrefs & majestic. Bobot : 50%
  • Openness Rank adalah jumlah total file pdf berdasarkan Google. Bobot : 10%
  • Excellence Rank adalah jumlah artikel ilmiah publikasi perguruan tinggi yang bersangkutan yang terindeks di Scimago Institution Ranking. Bobot : 30%

10 Universitas Terbaik di Indonesia 2020 versi Webometric


    Ranking Dunia : 766

    Ranking Dunia : 879 /

    Ranking Dunia : 976 /

    Ranking Dunia : 1318 /

    Ranking Dunia : 1333 /

    Ranking Dunia : 1356 /

    Ranking Dunia : 1714 /

    Ranking Dunia : 1871 /

    Ranking Dunia : 1888 /

      Ranking  Dunia : 2035 /



www.waskhas.com
10 Universitas Terbaik di Indonesia 2020

-data diambil : 5/02/2020
-sumber : http://www.webometrics.info/en/Asia/Indonesia%20


Post a Comment for "10 Universitas Terbaik di Indonesia 2020"