23/10/2019

Cara Buat Website Online Shop dengan Wordpress (part 1)

Hallo teman teman kali ini saya akan menposting secara berkala tentang bagaimana cara mudah membuat Website Online Shop dengan menggunakan Wordpress. Sebelum nya ketahuilah bahwa Wordpress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai blog (blog engine). Wordpress dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL.

Meskipun Wordpres dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL tetapi Wordpress juga termasuk CMS (Content Management System), artinya kita dapat dengan mudah menggunakan nya tanpa harus mahir dalam bahasa pemrograman.

Untuk dapat membuat Website Online Shop ini perlu adanya pembagian dalam postingan, karena akan terlalu banyak bila dalam satu postingan tahap demi tahap dijelaskan. Untuk step awal Membuat Website dengan Wordpress adalah :

Menginstal Wordpress di XAMPP


www.waskhas.com

Tahapan awal adalah menginstal Wordpress di XAMPP.

Kenapa di XAMPP ?

XAMPP adalah server local yang dapat kita gunakan dalam laptop atau komputer kita, karena pada dasarnya ini merupakan latihan jadi kita harus sediakan server local dulu sebelum benar-benar dapat di publish secara online.

1. Harus sudah terdowload XAMPP dan Wordpress nya terlebih dahulu. Untuk download silakan klik ini untuk XAMPP dan ini untuk Wordpress. Instal XAMPP dilaptop atau komputer teman-teman dulu.

2. Kemudian setelah XAMPP sudah terinstal, aktifkan apache dan mysql nya.

www.waskhas.com

3. Ekstrak file Wordpress yang sudah teman-teman download, kemudian pindah file nya ke dalam Local C:/xampp/localhost/wordpress. Teman-teman bisa ganti file Wordpress dengan nama yang sesuai dengan keinginan, sebagai contoh saya mengganti nama dengan sekaawan-id.

www.waskhas.com

4. Untuk memulai menginstal wordpress pilih browser, dan ketik di search localhost/sekaawan-id (nama file wordpress yang sudah yang saya ganti) bila teman-teman belum mengganti, berarti ketik dengan localhost/wordpress. Tampilan awal penginstalan akan disuguhi pilihan bahasa yang akan digunakan, saya memilih Bahasa Indonesia.

www.waskhas.com

4. Selanjutnya adalah setting basis data, sebelumnya kita harus buat basis data terlebih dahulu di phpMySQL. Dalam contoh ini saya membuat nama database sekaawan. Setelah sudah buat database dengan nama sekaawan, isi form yang di sediakan yaitu : nama basis data : sekaawan, nama pengguna : root, sandi : ......, host basis data : localhost, table : wp-

www.waskhas.com

www.waskhas.com

www.waskhas.com

5. Kemudian akan ditampilkan dan mengisi informasi website wordpress yang dibutuhkan. Seperti : Judul Situs, Nama Pengguna, Sandi dan Email. Ini adalah tahapan akhir dalam penginstalan.  

www.waskhas.com

6. Untuk dapat menampilkan website wordpress yang sudah terinstal yaitu ketik : Localhost/sekaawan-id. Sedangkan untuk dapat menampilkan dasboard admin ketik : Localhost/sekaawan-id/wp-admin 

www.waskhas.com

www.waskhas.com


Cukup sekian part 1 dari Cara Buat Website Online Shop dengan Wordpress, untuk selanjutnya adalah bagaimana membuat halaman dan menu di wordpress 

Menginstal Wordpress di XAMPP



Bagikan

Jangan lewatkan

Cara Buat Website Online Shop dengan Wordpress (part 1)
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.