20/09/2017

Ujian Placement Test di IPB

Placement Test di Institut Pertanian Bogor merupakan tes Toefl yang wajib di ikuti oleh mahasiswa baru pascasarjana (gak tau sih kalo yang S1 nya), untuk nanti nya akan ditempatkan atau masuk dalam matakuliah sesuai dengan kemampun bahasa Inggris nya. Tetapi tidak semua mahasiswa menempati kelas, karena jika mahasiswa lulus test ini berarti mereka bebas, dalam artian tidak mengikuti kelas bahasa Inggris.


http://www.waskhas.com/2017/09/ujian-placement-test-di-ipb.html

Berikut ini adalah score serta keterangan dari hasil placement test :

Untuk S2 
  1. Score < 400 ket. Wajib kuliah kelas B
  2. Score 400-447 ket. Wajib kuliah kelas A
  3. Score 450-473 ket. Tidak kuliah dengan nilai B atau kuliah kelas A
  4. Score 475-497 ket. Tidak kuliah dengan nilai AB atau kuliah kelas A
  5. Score 500 ket. Tidak kuliah dengan nilai A 
Untuk S3
  1. Score < 425 ket. Wajib kuliah kelas B
  2. Score 425-473 ket. Wajib kuliah kelas A
  3. Score 475-497 ket. Tidak kuliah dengan nilai B atau kuliah kelas A
  4. Score 500-523 ket. Tidak kuliah dengan nilai AB atau kuliah kelas A
  5. Score 525 ket. Tidak kuliah dengan nilai A

Seperti yang pernah saya cerita kan dalam postingan  mendaftar di institut pertanian bogor  bahwa untuk pendaftaran masuk S2 Institut Pertanian Bogor kita tidak diwajibkan untuk menyerahkan nilai Toefl, tetapi jika memang sudah pernah mengikuti Toefl ada baiknya di sertakan. 

Karena waktu itu saya sudah punya nilai Toefl jadi tidak ada salah nya menyertakan nilai tersebut dalam dokumen yang di upload saat pendaftaran online, yaaaa walaupun hasil nya gak bagus heheh,....

Jadi untuk pelaksanaan placement test di IPB di laksanakan setelah kita sudah sah di terima sebagai mahasiswa baru pasca, kalo pengalaman saya (angkatan 54) adalah 2 hari setelah kita mulai aktif kuliah yaitu satu hari setelah pelaksanaan upacara menerimaan mahasiswa baru sekaligus upacara dies natalis, sebelum nya juga sudah ada gelombang pertama yang melaksanakan placement test, entah itu kapan ? soalnya pengumuman tanggal ujian sendiri di beri tahukan saat kita melakukan verifikasi data.

Sedangkan hasinya sudah dapat dilihat 7 hari setelah tes selesai di laksanakan, kemudian seminggu setelah nya kelas sudah dibuka. Dalam pembagian kelas pun kita diwajibnya mendaftar kembali untuk dapat memilih hari apa yang ingin kita ikuti nantinya.

Setelah melihat hasinya, sudah dapat di tebak sih, saya masuk kelas B.

Tapi gak masalah lah, emang sadar diri kok kalo bahasa Inggris saya buruk, lagipula dengan mengikuti kelas ini saya bisa  untuk belajar lebih baik lagi. Teman-teman yang ikut kelas B juga tergolong banyak jadi gak perlu malu, terpenting tetap semangat.

Oiyaa hampir lupa, bagi yang mengikuti kelas B kita akan mengikuti matakuliah bahasa Inggris selama 2 semester, karena setelah lulus dari kelas B kita masih punya tanggungan masuk kelas A. Sedangkan bagi yang sudah berada di kelas A ketika mereka lulus berarti bahasa Inggris nya dinyatakan sudah lolos. Buat teman-teman yang sudah lulus di kelas B juga bisa langsung lulus tanpa ikut kelas A terlebih dahulu, asal kan kembali mengikuti placement Test dengan nilai yang di tentukan.

Cukup ya berbagi pengalamannya, semoga bermanfaat.....!!!

Bagikan

Jangan lewatkan

Ujian Placement Test di IPB
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

2 komentar

Tulis komentar
avatar
oo
7 August 2019 at 04:58

soal2nya kayak apa ya mbak??? Toefl gitu ya ?

Reply