Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Seleksi Masuk S2 UGM Ilmu Komputer

http://www.waskhas.com/2017/07/seleksi-masuk-s2-ugm-ilmu-komputer.html
Universitas Gadja Mada

Setelah menyelesaikan studi s1 di Semarang bulan april lalu, saya berencana untuk langsung lanjut s2 di UGM. Pada awalnya saya ingin mengambil jurusan yang berbeda dengan jurusan s1 yang saya tempuh dulu, sampai pada akhirnya setelah konsultasi dengan dosen yang juga sebagai dosen pembimbing skripsi saya, planning pun berubah.

Hasil dari konsultasi nya ialah untuk tidak mengambil jurusan yang berbeda dengan studi terdahulu, pada dasarnya ini hanya lah saran saja bukan sebuah keharusan. Banyak pertimbangan sampai akhirnya memutuskan untuk lanjut studi linier dengan jurusan s1, kebetulan s1 saya jurusan Sistem Informasi maka saya mencari program yang juga sama dengan SI ( Sistem Informasi ) atau paling tidak masih satu rumpun dengan ilmu tersebut.

Kemudian dalam waktu yang lumayan luang, saya mencari banyak informasi tentang pembukaan pendaftaran pascasarjana UGM, mulai dari jadwal pendaftaran, syarat-syarat pedaftaran sampai dengan prosedur pendaftaran, semua sudah lengkap di um.ugm.ac.id

Dari persyaratan dokumen-dokumen yang ada cuma sertifikat TPA yang belum punya, sampai akhirnya saya sendiri mengikuti tes TPA BAPPENAS di Jakarta yang sudah saya ceritakan kisah nya di sini.

Perlu diketahui sebelum melakukan pendaftaran online lebih baik untuk terlebih dahulu menghubungi program studi yang ingin dituju karena setiap progdi memiliki syarat khusus yang harus dilengkapi. Pengalaman saya ketika saya menghubungi program studi Ilmu Komputer, "yaa memang saya mengambil program studi Ilmu Komputer karena masih satu rumpun dengan Sistem Informasi", dari komunikasi dengan pihak kampus ternyata program tersebut sudah melakukan ujian masuk.

Saya sedikit kaget karena ternyata progdi Ilkom ( Ilmu Komputer ) sudah melaksanakan ujian masuk pada bulan februari lalu, padahal pendaftaran mahasiswa baru pascasarjana 2017/2018 baru di buka tanggal 28-April-2017 sampai dengan 22-Juni-2017. Tetapi saya masih bisa mendaftar karena progdi IlKom akan melakukan ujian masuk lagi pada tanggal 7 Juni, jadi semua persyaratan harus di lengkapi dan dokumen harus sampai sebelum tanggal 7 Juni.

Perlu diketahui progdi IlKom UGM memiliki program pra s2 dimaka program ini diperuntukan untuk calon mahasiswa yang gagal mengikuti ujian awal atau bagi calon mahasiswa yang s1 nya dari bidang lain. Calon mahasiswa yang gagal tes pada bulan Februari lalu akan mengikut program pra s2 selama 10 minggu dan nantinya akan ada ujian akhir untuk kelayakan masuk s2 di bulan Juni, jadi calon mahasiswa yang mendaftar pada tgl 28 april akan mengikuti tes jurusan di barengkan dengan teman-teman pra s2 tanggal 7 Juni. Untuk lebih lengkap informasi coba lihat di mkom.ugm.ac.id.

Setelah informasi dan dokumen sudah lengkap saya akhir mendaftar pascasarjana dengan biaya pendaftaran 500.000, pendaftaran nya dilakukan secara online dan itupun cukup mudah tinggal mengikuti instruksi yang ada. Sampai pada tanggal 2 Juni dari situs mkom.ugm.ac.id meliris daftar peserta calon mahasiswa yang akan mengikuti ujian disertai dengan jadwal pelaksanaan ujian nya.

Tes dilaksanakan selama lima hari dengan setiap harinya ada satu matakuliah yang akan di ujikan selama dua jam. Matakuliah yang diujikan di antaranya Algoritma & Struktur data, Sistem Operasi, Basis Data, Organisasi Komputer dan Logika Informatika.

Sampai postingan saya upload belum ada pengumuman saya diterima atau tidak karena pengumuman akan di informasikan tertanggal 18 juli 2017 sedangkan saya memposting tulisan ini pada tanggal 10 Juli 2017. Semoga tulisan ini sedikit nya bermanfaat bagi pembaca.

5 comments for "Seleksi Masuk S2 UGM Ilmu Komputer"

  1. Mantep gan, semoga ane bisa masuk UGM tahun depan

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf telat bales, kemungkinan kamu sudah kuliah di UGM nih hehe

      Delete
  2. Terimakasih mas atas sharing pengalaman tes S2 ilmu komputer di UGM. saya mau bertanya mas, itu tesnya seperti sistem operasi, sistem basis data dll berbentuk pilihan ganda kah mas? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua nya esay, tidak ada yang pilihan ganda

      Delete
  3. halo mas, soalnya sendiri terdapat berapa nomer untuk setiap mata kuliahnya?

    ReplyDelete