15/07/2017

Cek Akreditasi Program Studi

Seperti yang sudah saya cerita kan sebelumnya jika saya sudah menyelesaikan tahap seleksi S2 UGM dimana untuk selanjutnya tinggal menunggu hasil di terima atau tidak. Pada tulisan kali ini saya ingin berbagi cara menge-Cek Akreditasi Universitas dan Progam Studi.

http://www.waskhas.com/2017/07/cek-akreditasi-program-studi.html
Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi

Bukan tanpa alasan tulisan ini saya buat, karena saat saya mendaftar di UGM salah satu syarat yang tertera di persyaratan masuk pasca sarjana UGM ialah akreditasi program studi S1 saat ini dengan di buktikan scan sertifikat akreditasi atau print screen akreditasi dari laman BAN-PT yang masih berlaku, karena apabila dokumen ini tidak valid, maka pendaftaran tidak akan di proses lebih lanjut. 

Perlu diketahui Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) adalah satu-satunya badan akreditasi yang memperoleh wewenang dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dalam meningkatkan mutu pendidikan tinggi, memperkenalkan serta menyebarluaskan "paradigma baru dalam pengelolaan pendidikan tinggi" dan mengingkatakan relevansi, atmosfer akademik, pengelolaan institusi, efisiensi dan keberlanjutan perguruan tinggi. (sumber Wikipedia)

Berikut adalah cara Cek AKreditasi Universitas dan Program Studi : 

1. Buka laman BAN-PT di sini. 

2. Pilih Institusi bila ingin mengetahui akreditasi Perguruan Tinggi. 

http://www.waskhas.com/2017/07/cek-akreditasi-program-studi.html

3. Selanjutnya tinggal mengisi form yang ada, seperti nama Perguruan Tinggi

http://www.waskhas.com/2017/07/cek-akreditasi-program-studi.html

Dalam keteranganya akan tertera nama Perguruan Tinggi kemudian peringkat, apakah akreditas nya A, B atau C. Kolom ke tiga ada No SK dilanjutkan tahun SK. Di akhir kolom juga ada masa berlaku akreditasi itu sendiri masih berlaku atau sudah kadaluarsa. 

|| Baca jugamengetahui status mahasiswa pada Dikti

4. Pilih Program Studi bila ingin mengetahui akreditasi program studi. 

http://www.waskhas.com/2017/07/cek-akreditasi-program-studi.html

5. Mengisi form seperti nama Perguruan Tinggi dan Program Studi.


http://www.waskhas.com/2017/07/cek-akreditasi-program-studi.html

Sama seperti dalam isian pada form Akreditasi Perguruan Tinggi, akreditasi program studi juga ada seperti NO.SK, tahun SK atau status kadaluarsa. Hanya di tambah pilihan program studi dan strata saja.

Semoga bermanfaat bagi teman-teman yang memang belum mengetahui cara ini atau bagi teman-teman yang ingin melengkapi dokumen persyaratan S2 UGM seperti yang saya alami (ikuti cara ini kemudia di print screen) , tetapi jika memang ada yang sudah mengetahui yaa, tidak ada salahnya untuk sekedar mengingatkan barangkali lupa hehehh,...

Bagikan

Jangan lewatkan

Cek Akreditasi Program Studi
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

1 komentar:

Tulis komentar
avatar
7 November 2017 at 04:39

Terima kasih . . .
Sangat membantu . . .

Reply