Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mitos Tentang HIV

http://waskhas.blogspot.co.id/2016/12/mitos-tentang-hiv.html


Mitos keliru tentang HIV

MENDENGAR kata Human Immunodeficiency Virus (HIV) mungkin membuat kita ngeri dan bulu kuduk bisa bikin merinding. Seperti yang kita ketahui HIV merupakan virus yang menyerang manusia dan meyerang sistem kekebalan (imunitas) tubuh, sehingga tubuh akan menjadi lemah ketika melawan infeksi. Dalam arti kata, kehadiran virus HIV ini dalam tubuh akan menyebabkan defisiensi (kekurangan) sistem imun. Penyakit ini belum ada obatnya dan mematikan, sehingga banyak yang beranggapan negatif bagi orang yang terjangkit penyakit ini, sehingga bagi yang belum memiliki pengetahuan benar tentang HIV cenderung menjauh dan tidak mau berdekatan dengan sang pengidap. Banyak mitos-mitos yang bersebaran masyarakat luar tentang virus ini.

Berikut adalah mitos keliru tentang  HIV

  1. Tertular dengan bergaul, penelitian telah menunjukan bahwa HIV tidak dapat menular melalui sentuhan, air mata, keringat, atau air liur. Maka dapat dipastikan Anda tidak akan tertular dengan orang yang positif terkena HIV hanya dikarenakan Anda berkerja, ngobrol atau menghabiskan waktu dengan mereka. HIV umumnya dapat menular lewat kontak langsung antara mukosa atau aliran darah dengan cairan tubuh yang mengandung HIV, seperti darah, sperma, ciran vagina atau air susu ibu.
  2. HIV menular lewat gigitan nyamuk, mitos ini sangat umum didengar orang ketika nyamuk yang menggigit Anda sebelumnya telah menggigit orang yang terinfeksi HIV.  Secara ilmiah, nyamuk tidak bisa menularkan virus HIV/AIDS melalui gigitannya. Walaupun sebelumnya nyamuk tersebut menggigit penderita HIV/AIDS kemudian menggigit orang yang sehat.
  3. Sehat jika minum obat, memang benar obat antiretroviral dapat meningkatkan dan memperpanjang kehidupan orang-orang yang terinfeksi HIV. Tapi sebenarnya obat itu juga memiliki efek samping yang serius. Saat terserang HIV Anda harus menjaga kesehatan dengan sangat baik meskipun Anda sudah mengkonsumsi obat tersebut. Hanya saja, pemberian obat HIV secara cepat setelah seseorang terdiagnosa positif HIV ternyata mampu "menyembuhkan secara fungsional".
  4. Alat kontrasepsi melindungi penyakit menular seksual, ini merupakan kesalahan besar sebab, meskipun alat kontrasepsi berupa pil dikonsumsi setelah bercinta, tidak ada efek  yang membuat wanita tahan terhadap penyakit menular, termaksud HIV.  Anda harus pahami dengan baik konsep tentang alat kontrasepsi berupa pil. Intinya jika pasangan Anda positif HIV secara otomatis Anda tetap tidak aman bercinta meski telah memakai alat kontrasepsi.
  5. Terjangkit HIV berarti tamatlah riwayat hidup, masuknya virus HIV memang tidak bergejala, akan tetapi sekitar 2-4 minggu setelah terjangkit virus HIV, 80-90 persen dri individu akan mengalami gejala akut infeksi virus HIV. Seperti "Flu" yang bisa bertahan lama dari satu minggu hingga 28 hari. Gelajanya pun bervariasi bisa demam, pembesaran kelenjar getah bening, sakit tenggorokan, diare, rasa lelah berkepanjangan, ruam-ruam, hingga nyerinyeri otot. Meskipun tidak ada obatnya, bukan berarti bahwa kehidupan anda akan berakhir. Seseorang yang terjangkit virus ini dapat menjalani kehidupan yang baik. Obat antiretroviral memungkinkan orang yang positif HIV untuk hidup lebih baik dan lebih lama. 

Lima mitos ini di ambil dari beberapa sumber yang ada, sebenarnya mungkin masih banyak lagi mitos-mitos terkait masalah HIV. Tapi menurut kami ke 5 mitos ini lah yang sering kali terdengar oleh masyarakat luas.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk semuanya, bagi yang tidak terinfeksi HIV ingatlah bahwa mereka yang terkenal virus ini sebagian adalah korban dan sebenarnya mereka juga tidak menghendaki penyakit mematikan ini. Kita patutnya memberikan semangat dan pengetahuan lebih bagi meraka bukan malah menjauh dan memaki.  

2 comments for "Mitos Tentang HIV"

  1. nice info nih, seharusnya penderita hiv tidak dikucilkan. bagaimanapun juga mereka juga manusia yang butuh teman. masyarakat luas harus tahu mitos dan fakta yang benar soal penyakit ini agar penderita hiv juga dapat hidup dengan normal.
    ada waktu kunjungi balik ya....
    carasimplecantik.blogspot.com
    salam kenal.

    ReplyDelete