23/12/2016

Mitos Tentang Dehidrasi

http://waskhas.blogspot.co.id/2016/12/8-mitos-keliru-tentang-dehidrasi.html

Mitos Keliru Tentang Dehidrasi

SETIAP sel dalam tubuh manusia pasti membutuhkan air untuk dapat berfungsi dengan baik. Tidak hanya itu air dapat membantu untuk pencernaan, cairan juga sangat dibutuhkan untuk menjaga tempratur tubuh serta melindungi organ tubuh internal. Apabila kebutuhan cairan tidak terpenuhi dengan baik, maka tubuh akan mengalami yang namanya dehidrasi. Hal ini terjadi  dikarenakan pengeluaran air yang berlebih tidak sesuai dengan pemasukan (Misalkan minum). Selain mengganggu keseimbangan, pada tingkat yang sudah berat, dehidrasi bisa pula berujung pada penurunan kesadaran, koma, hingga berujung meninggal dunia.

Berikut adalah  mitos keliru mengenai dehidrasi dan fakta yang tersembunyi di dalamnya :

  1. Penyuka olahraga membutuhkan minuman suplemen, jika anda hanya berolahraga selama satu jam saja atau bahkan kurang, sebenarnya anda tidak perlu asukan suplemen. Aktivitas olahraga terlalu keras juga tidak baik, terutama bagi orang yang sudah berumur. Meminum air sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh kita. Sedangkan untuk seorang atlet, maka mencampuri air dengan gula dan sodium bisa membantu menjaga jumlah cairan dalam tubuh serta menghindari kita dari dehidrasi.
  2. Semua orang perlu meminum 8 gelas sehari, sebenarnya itu tidaklah terlalu benar. Institute of Mendicane merekomdasikan untuk mengkomsumsi tiga liter cairan setiap hari untuk pria dan 2,2 untuk seorang wanita, Namun ini adalah cairan dan tidak harus berupa air. Dalam artian kandungan air di dalam buah-buahan, sayuran, atau makanan yang anda konsumsi. Untuk itu, jumlah cairan tidak harus diukur dalam gelas, selain itu, jumlah masing-masing orang membutuhkan air berbeda-beda setiap harinya.  Organ tubuh tidak selalu bisa menyerap cairan dengan baik, termaksud di dalamnya asupan air. bahkan minum dengan berlebihan  juga tidak baik untuk tubuh, studi lain menunjukan, bahwa kelebihan akan menyebabkan kerusakan ginjal.
  3. Dehidrasi tidak  berbahya, beberapa orang mungkin hanya mengalami gejala dehidrasi seperti pusing, penurunan jumlah urine dan keringat, dan lainya. Namun dehidrasi juga bisa menjadi payah dan menyebabkan komplikasi serius seperti gagal ginjal, pembekakan otak, hinggal kematian. Dehidrasi tidak bisa dianggap remeh, terutama pada anak-anak. Menurut sebuah studi dalam penelitian yang dilakukan oleh pakar hidrasi dunia Lewrence E. Amstrong dan pakar neuro kognisi Harris R.Lieberman, dehidrasi 1,5 persen pada pria akan menyebabkan  turunnya konsentrasi, daya ingat, kelelahan serta ketegangan. Pada wanita, efek ini terasa ketika dehidrasi terjadi 1,3 persen.
  4. Kopi penyebab dehidrasi, kopi bisa menyebabkan dehidrasi hanya saja ketika kita terlalu banyak meminumnya. Perlu diketahui kafein di dalam kopi yang menyebabkan tubuh mudah mengeluarkan cairan dan dapat membuat kita mudah mengalami dehidrasi. Berdasarkan Mayo Clinic, mengkonsumsi 500 miigram kafein sehari (setara lima cangkir kopi) bisa meningkatkan resiko dehidrasi. Beberapa studi yang di pimpin ilmuan Lawrance Armstrong menyebutkan, kafein tidak terbukti dapat menyebabkan dehidrasi. Kecual jika kita meminumnya dengan jumlah yang banyak.
  5.  Air seni yang bening berarti aman dehidrasi, mengenai warna air seni memang cara termudah untuk mengetahui apakan tubuh kita kekurangan cairan atau tidak. Warna urine akan memberikan gambaran mengenai kesehatan kita, khususnya kadar kecukupan cairan daam tubuh. Warna urine yang  lebih terang menandakan kita lebih sehat dibandingkan jika urine kita berwarna gelap. Namun yang harus diharapkan bukan lah warna bening, melainkan warna kuning pucat. Selain itu, selalu ingat bahwa beberapa suplemen juga dapat mempengaruhi warna air seni kita.
  6.  Haus berarti mengalami dehidrasi, tidak selalu haus itu berarti tubuh kita membutuhkan cairan, namun ini tak berarti kita mengalami dehidrasi. Meski demikian, minum saat haus memang bisa membantu kita untuk menjaga cairan tubuh untuk tetap terpenuhi. Namun jangan  pernah meremehkan juga rasa haus yang kita rasakan. Sebaiknya segeralah minum sebelum tubuh mengalami gejala dehidrasi yang sesunggguhnya. Saat tubuh kekurangan cairan alami atau dehidrasi, kondisi ini akan berdampak pada penurunan stamina.
  7. Tidak masalah minum terlalu banyak air, Seperti halnya kekurangan cairan, kelebihan cairan secara ekstrem juga bisa berbahaya. Namun hal ini cukup langka terjadi. Terlalu banyak mengkomsumsi air menyebabkan keadaan yang disebut hyponatremia. Hal ini terjadi ketika sodium dalam tubuh menjadi encer dan menyebabkan sel membengkak. Beberapa gejalanya diantaranya adalah mual, muntah, sakit kepala, merasa lemas, dan bisa menyebabkan koma. Jadi lebih baik hati-hati, pastikan jumlah air yang anda minum tetap, tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit. 

Bagikan

Jangan lewatkan

Mitos Tentang Dehidrasi
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

7 komentar

Tulis komentar
avatar
25 December 2016 at 03:10

ane suka yang ke 7 tidak masalah minum terlalu banyak air.bermanfaat.
https://kernel12.blogspot.com

Reply
avatar
25 December 2016 at 03:39

iyaa gan memang berbahaya kalo terlalu banyak minum.

Reply
avatar
25 December 2016 at 03:48

Air seni ane warnanya kuning gan, berarti kena dehidrasi ya??

Reply
avatar
25 December 2016 at 05:49

minuman suplemen itu termasuk minuman ion semacam poca*i bukan ya gan?

Reply
avatar
25 December 2016 at 21:44

kadang ane cenderung percaya ama minum 8 gelas air putih sehari :v

Reply
avatar
26 December 2016 at 00:32

iyaa gan sama, ane juga sudah terlalu percaya dengan minum 8 gelas perhari.

Reply
avatar
26 December 2016 at 05:01

ane baru tau gan, thanks infonya ya

Reply