Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat-Manfaat Datawarhouse

http://waskhas.blogspot.co.id/2016/11/manfaat-datawarhouse.html

Setelah kita mengetahui dasar dari Datawarehouse berserta schema dari data tersebut, kali ini kita akan membahas manfaat yang dapat diperoleh dari datawarehouse.

Menurut Williams, ada empat tugas/ manfaat yang bisa dilakukan dengan adanya Datawarehouse.

1. Pembuatan laporan

Pembuatan laporan merupakan salah satu kegunaan data warehouse yang paling umum dilakukan. Dengan menggunakan query sederhana didapatkan laporan perhari, perbulan,  pertahun atau jangka waktu kapanpun yang diinginkan.

2. On-Line Analytical Processing (OLAP)

Dengan adanya data warehouse,semua informasi baik detail maupun hasil summary yang dibutuhkan dalam proses analisa mudah didapat.

OLAP mendayagunakan konsep data multi dimensi dan memungkinkan para pemakai menganalisa data sampai mendetail, tanpa mengetikkan satupun perintah SQL. Hal ini dimungkinkan karena pada konsep multi dimensi, maka data yang berupa fakta yang sama bisa dilihat dengan menggunakan fungsi yang berbeda. Fasilitas lain yang ada pada sofware OLAP adalah fasilitas rool-up dan drill-down. Drill-down adalah kemampuan untuk melihat detail dari suatu informasi dan roll-up adalah kebalikannya.

||BACA JUGA : tiga schema dalam datawarehouse ||

3. Data mining

Data mining merupakan proses untuk menggali(mining) pengetahuan dan informasi baru dari data yang berjumlah banyak pada data warehouse, dengan menggunakan kecerdasan buatan (Artificial Intelegence), statistik dan matematika. Data mining merupakan teknologi yang diharapkan dapat menjembatani komunikasi antara data dan pemakainya.

Berikut ini adalah solusi yang diberikan data mining di antaranya :
  • Menebak target pasar.
Data mining dapat mengelompokkan (clustering) model-model pembeli dan melakukan klasifikasi terhadap setiap pembeli dan melakukan klasifikasi terhadap setiap pemebeli sesuai dengan karakteristik yang diinginkan.
  • Melihat pola beli dari waktu ke waktu.
Data mining dapat digunakan untuk melihat pola beli dari waktu ke waktu.
  • cross-market analysis. 
Data mining dapat dimanfaatkan untuk melihat hubungan antara satu produk dengan produk lainnya.
  • Profil pelanggan.
Data mining bisa membantu pengguna untuk melihat profil pembeli sehingga dapat diketahui kelompok pembeli tertentu cenderung kepada suatu produk apa saja.
  • Informasi summary. 
Data mining dapat membuat laporan summary yang bersifat multi dimensi dan dilengkapi dengan informasi statistik lainnya.

4. Proses informasi executive

Data warehouse dapat membuat ringkasan informasi yang penting dengan tujuan membuat keputusan bisnis, tanpa harus menjelajahi keseluruhan data. Dengan menggunakan data warehouse segala laporan telah diringkas dan dapat pula mengetahui segala rinciannya secara lengkap, sehingga mempermudah proses pengambilan keputusan. Informasi dan data pada laporan data warehouse menjadi target informative bagi user.

1 comment for "Manfaat-Manfaat Datawarhouse"