26/04/2016

Pengertian E-learning Menurut Para Ahli

waskhas.blogspot.com


e-Learning merupakan satu istilah yang dapat kita temukan dalam dunia komputer atau internet. Istilah ini terdiri dari dua bagian, yaitu ‘e’ yang berarti ‘electronic’ dan ‘learning’ yang berarti ‘pembelajaran’. Jadi, e-Learning dapat di terjemahkan sebagai sesuatu sistem pembelajaran yang mnggunakan perangkat elektronik sebagai medianya.

Selain itu istilah-istilah e-Learning memiliki banyak definisi. Berikut adalah sebagian di antaranya :
  • e-Learning merupakan suatu jenis belajar-mengajar yang memungkinkan tersampaikannya bahan ajar ke siswa dengan menggunakan media internet, intranet atau media jaringan komputer lainnya. (Darin E. Hartley, 2001)
  • e-Learning adalah sistem pendidikan yang menggunakan aplikasi elektronik yang mendukung belajar-mengajar dengan media internet, jaringan komputer, maupun komputer standalone.  (LearnFrance.com)
  • e-Learning adalah proses belajar secara efektif yang dihasilkan dengan cara menggabungkan penyampaian materi secara digital yang terdiri dari dukungan dan layanan dalam belajar.  (Vaughan Waller, 2001) 
  • e-Learning  merupakan istilah yang mengacu pada pembelajaran yang ditunjang dengan teknologi yang menggunakan seperangkat alat pengajaran den pembelajaran seperti telefon, audio, videotape, telekonferensi, transmisi satelit. (Soekartawi, 2003)

Menurutt Rosenberg (2001; 28), e-Learning merupakan satu penggunaan teknologi internet dalam penyampaian pembelajaran dalam jangkauan luas yang berlandaskan tiga kriteria, yaitu :
a.   e-learning merupakan jaringan dengan kemampuan untuk memperbaharui, menyimpan, mendistribusi dan membagi meteri ajar atau informasi.
b.    Pengiriman sampai ke pengguna terakhir melalui komputer dengan menggunakan teknologi internet yang standar.
c.    Memfokuskan pada pandangan yang paling luas tentang pembelajaran  di balik paradigma pembelajaran tradisional.

Referensi : E-learning Pembelajaran Jarak Jauh untuk SMA, Gartika Rahmasari dan  Rita Rismiati, Penerbit Yrama Widya, cetakan pertama 2013, Bandung.

Bagikan

Jangan lewatkan

Pengertian E-learning Menurut Para Ahli
4/ 5
Oleh