09/01/2016

9 Tahapan dalam Perancangan Data Warehouse

http://waskhas.blogspot.co.id/2016/01/9-tahapan-dalam-perancangan-data.html


Setelah kita mengetahui Apa Itu Data Warehouse langkah selanjutnya adalah merancang secara detail rancangan database nya. Ada 9 tahap metodologi dalam merancang database unrtuk datawarehouse (Kimball & Ross,2004)p16


      1. Pemilihan Proses


Untuk tahapan ini dalam merancang datawarehouse harus sesuai dengan kebutuhan. Sebagai contoh ketika ingin meneganalisis penjualan yang berdasarkan berbagai sumber yang berbeda atau dimensi. Untuk itu kita harus cermat memilih proses mana yang ingin kita analisa.


     2. Pemilihan Sumber


Perancangan data model data warehouse itu juga harus sesuai atau berdasarkan dari tabel fakta dan dimensi, untuk itu ketika pemilihan sumber harus mengacu pada kemampuan unutk merepresentasikan fakta-fakta yang di ambil dari berbagai sumber dimensi pada OLTP. Sebagai contoh Sales_order_fact, adalah mengambarkan rincian custumer secara detail. Jadi tahap ini sangat penting karena akan mempengaruhi seperti apa nanti hasil dari datawarehouse yang akan mudah untuk pengambilan keputusan.

     3. Mengidentifikasi Dimensi


Dimensi ini sebagai gambaran fakta-fakta pada tabel fakta, sebagai contoh setiap data pada tabel customer_dim dilengkapi dengan customer_id, customer_number, customer_name, customer_street_address, customer_zip_code dan lainnya.

    4. Pemilihan Fakta


Pemilihan sumber dari sebuah tabel fakta akan menentukan fakta mana yang akan di gunakan. Sebagai contoh pada sales_order_fact terdiri dari  customer_id, order_id, product_id, order_date yang menggambarkan fakta dari berbagai tabel dimensi yaitu customer, order, product dan tine yaitu order_date.

    5. Menyimpan Pre-kalkulasi di Tabel Fakta


Hal ini akan terjadi jika tabel fakta kehilangan statement sesuai dengan fakta yang dibutuhkan.

|| BACA JUGA : contoh perancangan datawarehouse nilai ||


     6. Melengkapi Tabel Dimensi


Tahap ini untuk menambahkan selengkap-lengkapnya pada tabel dimensi dan harus bersifat intuitif dan mudah dipahami oleh pengguna. Tahap ini agar pengguna dipermudahkan dalam penganalisaan nantinya.


    7. Pemilihan Durasi Database


Tahapan ini berkaitan dengan penyimpanan data warehouse, katakan saja data yang kita kehendaki untuk di analisa memiliki durasi 5 tahun yang lalu.


    8. Menelusuri Perubahan Dimensi yang Perlahan


Ada 3 tipe perubahan dimensi yaitu atribut dimensi yang telah berubah tertulis ulang, menimbulkan sebuah dimensi baru  dan dimensi yang berubah menimbulkan alternatif, sehingga nilai atribut lama dan  yang baru dapat diakses secara bersama pada dimensi yang sama.

   9. Menentukan Prioritas dan Mode Query


Tahap terakhir ini berkaitan dengan perancangan fisik.





Bagikan

Jangan lewatkan

9 Tahapan dalam Perancangan Data Warehouse
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

1 komentar:

Tulis komentar
avatar
15 January 2016 at 16:32

waahh makasih gan ini lengkap banget hehe

Reply